Tuhan Menciptakan Pria dan Wanita

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Tuhan Menciptakan Pria dan Wanita

Tuhan Menciptakan Pria dan Wanita

Tuhan Menciptakan Pria dan Wanita

Sebuah cerita rakyat mengisahkan bahwa manusia pria dan wanita pertama diciptakan Tuhan dari sebatang pohon, pohon kehidupan. Menurut cerita itu dikisahkan bahwa pada suatu hari, ketika matahari sedang terik-teriknya, badai bertiup kencang, sungai-sungai dan lautan bergemuruh, Tuhan menebang sebatang pohon dan dari batang pohon itu Tuhan memahat dan mengukir sosok tubuh manusia lakilaki sesuai gambaran yang berada pada pikiran dan hatinya. Tuhan bekerja keras untuk memahat dan mengukir bakal sosok tubuh lakilaki itu karena sebatang pohon itu banyak urat dan mata kayunya. Sesudah selesai memahat dan mengukir bakal sosok tubuh laki-laki itu, Allah meniupkan nafas-Nya ke dalam hidung patung kayu itu, maka terciptalah manusia laki-laki yang pertama, kuat, kokoh, tegap dan perkasa. Sesudah itu Tuhan melihat bahwa tidak baik hanya menciptakan manusia sejenis, laki-laki saja. Maka Tuhan menciptakan manusia yang lain, yaitu manusia wanita, supaya keduanya dapat saling melengkapi. Ketika hendak menciptakan manusia wanita, Tuhan tidak menciptakan wanita dari batang pohon, tetapi dari daun-daun dan bunga-bunga pohon yang dipakai saat menciptakan laki-laki. Tuhan merangkai daun-daun dan bunga-bunga itu menjadi sebuah janur yang menyerupai sosok wanita sesuai dengan gambaran yang berada dalam pikiran dan hatinya. Lalu Tuhan meniupkan napas kehidupan ke dalam hidungnya, maka terciptalah wanita pertama yang cantik, lemah lembut perilakunya dan halus bahasanya. Sesudah itu Tuhan mengantar manusia wanita itu kepada laki-laki. Manusia laki-laki menerima dengan sangat gembira teman hidupnya itu. Setelah beberapa hari, manusia laki-laki itu datang kepada Tuhan dan berkata, “Tuhan, makhluk yang Engkau berikan kepadaku membuat hidupku tak bahagia. Dia mempersoalkan hal yang kecilkecil, berbicara tanpa henti. Cengengnya minta ampun. Saya mau mengembalikannya kepadaMu!” Tuhan berkata: “Baiklah!” dan Tuhan menerima wanita itu kembali.

Setelah beberapa hari berlalu, laki-laki itu datang kembali kepada Tuhan dan berkata: “Tuhan, hidup saya ternyata amat sepi tanpa wanita itu. Saya selalu teringat kepadanya. Saya teringat akan caranya dia berbicara dan berjalan, caranya dia menari dan memandang saya dengan sudut matanya. Saya terkenang akan cara dan bunyi tertawanya. Dia begitu cantik untuk dipandang dan begitu lembut untuk disentuh. Tuhan berikan dia kembali kepada saya!” Tuhan berkata, “Baiklah!” dan Tuhan memberikan kembali wanita itu kepadanya. Tetapi tiga hari kemudian, pria itu datang lagi dan berkata: “Tuhan, saya tidak tahu harus katakan apa. Sulit untuk menjelaskannya. Tetapi saya berkesimpulan bahwa wanita itu lebih banyak mendatangkan kesusahan dari pada kesenangan. Saya mohon, ambillah kembali. Saya tidak dapat hidup dengan dia!” Tuhan menjawab: “Kamu juga tidak dapat hidup tanpa dia !”. Bingung dan putus asa, pria itu berkata: “Benar Tuhan, rasanya saya tidak dapat hidup dengan dia, tetapi saya juga tidak dapat hidup tanpa dia!”

(Romo Yosef Lalu pr,Percikan Kisah Anak Manusia, Komkat KWI)

Untuk lebih memahami makna cerita tersebut bacalah kembali secara teliti dan bertanyalah kepada guru jika ada yang belum dapat kamu mengerti. Kamu dapat melihat, bahwa perempuan di mata laki-laki mempunyai kekurangan, sebaliknya laki-laki di mata perempuan mempunyai kekurangan. Maka lebih baik jika kamu mulai melihat dari sisi lain, bahwa sebagai perempuan atau laki-laki, pasti mempunyai banyak hal yang dibutuhkan, yang disukai, dan membanggakan. Amati temanmu! Lihat pancaran wajahnya, dan kebiasaannya. Pasti ada yang membanggakan. Tuliskan pendapatmu!

Bila kamu perempuan: Saya bangga sebagai perempuan, karena… Bila kamu laki-laki : Saya bangga sebagai laki-laki karena… a. Tuliskan dalam buku catatanmu ! b. Diskusikan jawabanmu kepada teman-temanmu ! 2. Pandangan Kitab Suci tentang Perempuan dan Laki-laki Baca dan renungkan kutipan Kitab Suci berikut!

Kejadian 1: 26 – 27; 2: 18. 21 – 23. 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka 2:18 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”

2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging 2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.”

Katekismus Gereja Katolik (KGK), menegaskan perihal perempuan dan laki-laki sebagai berikut ini.

2333 “Tiap manusia, apakah ia pria atau wanita, harus mengakui dan menerima seksualitasnya…” 2334 “Ketika menciptakan manusia sebagai pria dan wanita, Allah menganugerahkan kepada pria dan wanita martabat pribadi yang sama dan memberi mereka hak-hak serta tanggung jawab yang khas”

• cobalah kamu tanyakan hal-hal yang belum dapat kamu pahami berkaitan dengan bacaan tersebut ! • Apa kesimpulan yang kalian peroleh dari kutipan-kutipan tersebut di atas? Coba tanyakanlah hal-hal yang belum kamu pahami berkaitan kedua bacaan tersebut.Kemudian komunikasikan hasil kesimpulanmu pada teman-temanmu!

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Refleksi dan Aksi

Baca kasus berikut dalam hati, lalu tuliskan tanggapanmu atas kasus tersebut! Ada orang yang terlahir sebagai laki-laki, tetapi dalam keseharian lebih senang tampil sebagai perempuan atau sebaliknya. • Bagaimana sikap masyarakat pada umumnya selama ini terhadap mereka? Bagaimana sikapmu terhadap sikap masyarakat seperti itu? • Bagaimana sikapmu selama ini ? Apa sikap yang sebaiknya dikembangkan? • Apa yang hendak kamu biasakan sebagai wujud kebanggaan dirimu sebagai perempuan atau laki-laki? Tuliskan refleksimu pada buku catatanmu!

Doa Tuhan, Engkau meluhurkan martabat laki-laki melalui pribadi Yesus PuteraMu. Sebab dalam seluruh hidupNya Ia bersikap bijaksana, tegar dan penuh kasih serta melindungi siapapun yang butuh pertolonganNya. Engkau meluhurkan martabat perempuan melalui kelembutan, ketulusan, dan kepasrahan Bunda Maria. Semoga hidup kami senantiasa meneladan Yesus dan Bunda Maria. Amin

Perempuan dan Laki-laki Sederajat

Dalam masyarakat kita terdapat banyak pandangan atau mitos tentang perempuan atau laki-laki, yang sebagian masih dianut masyarakat hingga sekarang ini. Pandangan atau mitos tersebut telah menempatkan seolah-olah perempuan atau laki-laki itu lebih hebat, lebih berkuasa, lebih berharga, dan lebih banyak memiliki hak, dibandingkan dengan perempuan. Mungkin hal itu terjadi dalam masyarakat atau lingkunganmu. Kamu punya hak untuk menentukan sikap setuju atau tidak dan mau mengikuti atau tidak. Hal yang menarik dalam agama Katolik adalah, bahwa Injil tidak berbicara mengenai kehebatan masing-masing, tetapi lebih banyak berbicara tentang perjuangan Yesus akan kesederajatan perempuan dan laki-laki.

Doa Allah Bapa Yang Mahabaik, Engkau menciptakan manusia perempuan dan laki-laki baik adanya. Sekalipun kami memiliki kekhasan dan perbedaan, namun Engkau tetap mencintai kami dan memanggil kami untuk saling membantu dan memperkembangkan. Berkatilah kami, ya Tuhan dan doronglah kami untuk saling menghargai dan meluhurkan satu sama lain sesuai dengan kehendakMu. Amin.

1. Pandangan Masyarakat tentang Kedudukan Perempuan dan Laki-Laki Di beberapa daerah atau suku yang ada dalam masyarakat Indonesia masih terdapat berbagai kebiasaan, sikap, dan pandangan yang menempatkan seolah-olah laki-laki itu lebih hebat dari perempuan, tetapi juga sebaliknya di beberapa tempat perempuan dipandang lebih berharga dibandingkan laki-laki.

Coba diskusikan dan temukan bersama teman-teman contoh atau kasus konkret yang pernah kamu lihat atau dengar berkaitan dengan kedudukan perempuan dan laki-laki, menyangkut beberapa hal berikut. a. Bentuk kebiasaan, sikap dan pandangan yang dianut. b. Di daerah atau suku mana kamu mengetahui hal tersebut ada? c. Kedudukan siapa yang lebih ditonjolkan atau diunggulkan? Perempuan atau laki-laki ? d. Dampak positif dan negatif kebiasaan, sikap, dan pandangan yang dianut. Apabila selesai, pilihlah salah satu dari beberapa kebiasaan, sikap dan pandangan yang sudah kamu temukan yang paling menarik, lalu kemukakan pendapatmu tentang pandangan tersebut beserta alasannya!

Berbagai Bentuk Kesederajatan

dalam bidang atau hal apa lagi kesederajatan antara perempuan dan laki-laki itu sebaiknya dikembangkan pada zaman sekarang? Jelaskan! alasannya!

 

Tuhan Menciptakan Pria dan Wanita | medsis | 4.5