Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 16-19 tahun

Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 16-19 tahun

Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 16-19 tahun

TKJI merupakan instrumen/alat tes untuk mengukur kesegaran jasmani yang telah disesuaikan dengan kondisi anak Indonesia. TKJI dibagi dalam 4 kelompok usia, yaitu: 6-9 tahun, 10-12 tahun, 13-15 tahun, dan 16-19 tahun. TKJI kelompok usia 16-19 tahun digunakan untuk mengukur kesegaran jasmani para siswa SMA/ SMK/MA. Hal ini dikarenakan para siswa tersebut masuk dalam rentang usia tersebut.

Rangkaian Tes kesegaran jasmani Indonesia untuk usia 16- 19 tahun

a. Untuk putra terdiri dari : 1) lari 60 meter, 2) gantung angkat tubuh (pull up) selama 60 detik. 3) baring duduk (sit up) selama 60 detik, 4) loncat tegak (vertical jump). 5) lari 1200 meter

b. Untuk putri terdiri dari : 1) lari 60 meter. 2) gantung siku tekuk (tahan pull up) selama 60 detik. 3) baring duduk (sit up) selama 60 detik. 4) loncat tegak (vertical jump). 5) lari 1000 meter

Kegunaan Tes

Tes kesegaran jasmani Indonesia digunakan untuk mengukur dan menentukan tingkat kesegaran jasmani remaja (sesuai kelompok usia masing-masing).

Alat dan Fasilitas

a. Lintasan lari / lapangan yang datar dan tidak licin. b. Stopwatch. c. Bendera start. d. Tiang pancang. e. Nomor dada. f. Palang tunggal untuk gantung siku. g. Papan berskala untuk papan loncat. h. Serbuk kapur. i. Penghapus. j. Formulir tes. k. Peluit. l. Alat tulis dll

Ketentuan Tes 

TKJI merupakan satu rangkaian tes, oleh karena itu semua butir tes harus dilaksanakan secara berurutan, terus-menerus dan tidak terputus dengan memperhatikan kecepatan perpindahan butir tes ke butir tes berikutnya dalam 3 menit. Perlu dipahami bahwa butir tes dalam TKJI bersifat baku dan tidak boleh dibolak-balik, dengan urutan pelaksanaan tes sebagai berikut :

a. Pertama : Lari 60 meter. b. Kedua : gantung angkat tubuh untuk putra (pull up) dan gantung siku tekuk untuk putri (tahan pull up). c. Ketiga : Baring duduk (sit up) d. Keempat : Loncat tegak (vertical jump) e. Kelima : Lari 1200 meter (putra) dan Lari 1000 meter (putri)

Petunjuk Umum 

a. Peserta

1) Dalam kondisi sehat dan siap untuk melaksanakan tes. 2) Diharapkan sudah makan maksimal 2 jam sebelum tes. 3) Memakai sepatu dan pakaian olahraga. 4) Melakukan pemanasan (warming up). 5) Memahami tata cara pelaksanaan tes 6) Jika tidak dapat melaksanakan salah satu / lebih dari tes maka tidak mendapatkan nilai / gagal.

b. Petugas

1) Mengarahkan peserta untuk melakukan pemanasan (warming up). 2) Memberikan nomor dada yang jelas dan mudah dilihat petugas. 3) Memberikan pengarahan kepada peserta tentang petunjuk pelaksanaaan tes dan mengijinkan mereka untuk mencoba gerakan-gerakan tersebut. 4) Memperhatikan kecepatan perpindahan pelaksanaan butir tes ke butir tes berikutnya dengan tempo sesingkat mungkin dan tidak menunda waktu. 5) Tidak memberikan nilai pada peserta yang tidak dapat melakukan satu butir tes atau lebih. 6) Mencatat hasil tes dapat menggunakan formulir tes perorangan atau per butir tes.

Hasil setiap butir tes yang telah dicapai oleh peserta dapat disebut sebagai hasil kasar. Mengapa disebut hasil kasar ? Hal ini disebabkan satuan ukuran yang digunakan untuk masing-masing butir tes berbeda, yang meliputi satuan waktu, ulangan gerak, dan ukuran tinggi. Untuk mendapatkan hasil akhir, maka perlu diganti dalam satuan yang sama yaitu NILAI. Setelah hasil kasar setiap tes diubah menjadi satuan nilai, maka dilanjutkan dengan menjumlahkan nilai-nilai dari kelima butir TKJI. Hasil penjumlahan tersebut digunakan untuk dasar penentuan klasifikasi kesegaran jasmani remaja.

Ringkasan

Kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan, yaitu: (1) Daya tahan jantung, paru-paru, dan peredaran darah, (2) Kekuatan dan daya tahan otot, (3) kelenturan sendi dan otot, dan (4) komposisi tubuh. Kebugaran yang berkaitan dengan keterampilan, yaitu: kecepatan dan kelincahan. Semua komponen kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dan keterampilan dapat ditingkatkan dengan berbagai bentuk latihan yang sesuai dan aturan yang benar. Kita juga dapat mengetahui kemampuan untuk setiap komponen dengan melakukan berbagai tes untuk mengukur komponen-komponen tersebut.

Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 16-19 tahun | medsis | 4.5