Tentang Pengertian Mengembangkan Kemampuan

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Tentang Pengertian Mengembangkan Kemampuan

Tentang Pengertian Mengembangkan Kemampuan

Tentang Pengertian Mengembangkan Kemampuan

Menurutmu, bagaimana dia dapat mencapai kemampuan semacam itu? Apa yang dia lakukan? Apakah prestasi itu dicapai berkat diri sendiri saja tanpa bantuan orang lain ? Kalian dapat berdiskusi dalam kelompok, untuk membahas pertanyaan berikut: Bagaimana cara mengembangkan kemampuanmu, agar makin berkembang dan bermanfaat? Sikap apa yang perlu dimiliki dalam usahamu mengembangkan kemampuan?

Jawabanmu beserta teman-teman dalam diskusi kelompok maupun pleno, dapat dirangkum dengan permainan berikut. Lakukan permainan berikut! a. Kamu harus menuliskan kalimat ”Semua orang dapat mencapai sukses bila mau bekerja keras” sebanyak tiga kali. b. Menulis pertama kali dengan tangan kiri, menulis kedua pakai tangan kanan, menulis yang ketiga kali dapat dilakukan dengan tangan kanan atau tangan kiri c. Bila sudah selesai, coba ungkapkan pesan apa yang dapat kamu petik dari permainan tadi!

3. Pesan Tuhan untuk Mengembangkan Kemampuan Panggilan untuk mengembangkan kemampuan dapat kita renungkan dari perumpamaan tentang talenta, sebagaimana dikisahkan oleh Yesus dalam Mat 25:14-30. Bacalah kutipan Kitab Suci berikut dalam hati dua atau tiga kali!

Mat 25:14-30 14”Sebab hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang akan bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. 15Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. 16Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. 17Hamba yang menerima dua talenta itu pun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. 18Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang itu di dalamnya. 19Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka.20Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh lima talenta. 21Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar.

Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. 22Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh dua talenta. 23Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. 24Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata:

Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam. 25Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan! 26Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut di tempat di mana aku tidak menanam? 27Karena itu sudah seharusnya uangku itu kau berikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembalinya aku menerimanya serta dengan bunganya. 28Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu 29Karena setiap orang yang mempunyai kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. 30Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.”

Diskusikan dan jawab pertanyaan berikut dalam kelompok!

a. Temukan sikap-sikap yang tergambar dalam perumpamaan tentang talenta! Sikap mana menurutmu yang bijaksana? ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………

b. Apa yang kamu pahami dari ungkapan pada ayat 29-30? Bagaimana tanggapanmu terhadap pernyataan tersebut? ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………

Setelah diskusi selesai, masing-masing kelompok dapat mempresentasikan hasilnya, dan kelompok lain dapat memberi tanggapan berupa pertanyaan atau komentar.

Refleksi dan Aksi

Setelah mengikuti proses di atas, sekarang saatnya hening untuk berefleksi, lalu tulislah hasil refleksi tersebut dalam buku catatanmu seperti pada kolom beerikut ini !.

Ungkapkan secara tertulis seluruh pemahamanmu tentang pelajaran ini dalam bentuk doa, yang mengungkapkan rasa syukur atas berbagai kemampuan yang dimiliki dan tekad untuk mengembangkannya.

Gagasan penting yang saya temukan dalam pelajaran ini …………………………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………….

Yang ingin saya biasakan dalam kehidupan sehari-hari …………………………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………….

Doa Allah sumber segala karunia, syukur dan puji bagi-Mu. Terimakasih atas berbagai kemampuan yang telah Engkau anugerahkan kepadaku. Ampunilah aku, ya Allah, jika hingga hari ini, aku belum mampu mengembangkannya dengan baik. Aku berjanji akan berusaha mengembangkan kemampuan yang telah Engkau anugerahkan itu agar memberikan manfaat bagi diriku dan sesama. Jagailah aku juga, ya Tuhan, agar aku tidak menjadi sombong atas kemampuanku. Amin.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Kemampuanku Terbatas 

Kita pantas bersyukur atas berbagai kemampuan yang telah dianugerahkan Tuhan. Tetapi kita juga perlu sadar bahwa kemampuan yang kita miliki, belum tentu dimiliki orang lain, atau sebaliknya. Jika ada yang sama, tingkat keterampilan tersebut mungkin berbeda. Dengan kata lain, kita perlu belajar menyadari bahwa kemampuan kita terbatas. Tidak pernah ada seorangpun yang pintar dalam segala hal. Kesadaran akan keterbatasan kemampuan diri, dapat disikapi baik secara positif maupun secara negatif. Sikap apa saja yang sering muncul? Apa kehendak Tuhan melalui keterbatasan yang kita miliki ? Jawaban dapat kamu temukan dalam kegiatan-kegiatan berikut ini

Doa Allah, Bapa yang Mahabaik kami senantiasa bersyukur kepadaMu karena Engkau telah menganugerahi kami masing-masing dengan berbagai kemampuan khusus. Bimbinglah kami agar setia mengembangkannya dan sadarkanlah kami pula akan keterbatasan yang kami miliki, sehingga kami dapat saling belajar dan saling membantu, serta bersedia bekerjasama demi perkembangan kami demi pelayanan kepada sesama. Amin.

1. Setiap Manusia Mempunyai Keterbatasan Beberapa contoh berikut dapat menjadi awal perenunganmu untuk memahami keterbatasan yang kamu miliki.

a. Ada anak yang sangat pandai sewaktu di SD, tetapi sekarang hanya menjadi pengamen jalanan karena orang tuanya tidak mempunyai biaya untuk menyekolahkan dia.

b. Ada anak keluarga kaya dan serba kecukupan, tetapi sekarang hanya menjadi pedagang asongan karena malas sekolah dan sering tidak naik kelas. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti 23

c. Ada anak yang pandai dalam pelajaran,  tetapi di sekolah tidak punya teman karena ia memiliki sifat pemalu dan kurang bergaul. Setiap manusia mempunyai keterbatasan. Keterbatasan tersebut dapat berupa keterbatasan fisik atau keterbatasan kemampuan

Dari berbagai keterbatasan yang telah kamu temukan itu, jawablah pertanyaan berikut!

1. Keterbatasan apa yang dianggap dapat menjadi penghalang dirimu untuk menjadi manusia sukses ? Apa alasannya ? ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………

2. Menurutmu, adakah jalan keluar yang dapat ditempuh untuk mengatasi keterbatasanmu itu ? Dengan cara apa atau bagaimana kamu akan mengatasi keterbatasanmu?

………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………

Diskusikan hasil jawaban yang kamu temukan kepada teman-temanmu !

Sikap dalam Menghadapi Keterbatasan Diri

Bagi sebagian orang keterbatasan kemampuan dapat menjadi penghalang bagi dirinya untuk berkembang. Tetapi banyak orang di dunia ini, yang sekalipun mempunyai keterbatasan mampu berkembang menjadi orang hebat. Simak cerita berikut!

Mengubah Tragedi Menjadi Kemenangan Sebelum abad ini, prosedur standar untuk mengembangkan perajin ahli adalah dengan ayah mengajarkan profesinya kepada anak laki-lakinya. Keahlian yang diperlukan untuk membuat kerajinan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Bertahun-tahun yang lalu, seorang pembuat sepatu mengajarkan kepada anak laki-lakinya yang berumur sembilan tahun, kerajinan ini guna mempersiapkannya menghadapi kehidupannya. Pada suatu hari alat pelubang kulit jatuh dari meja pembuatan sepatu dan secara tragis membutakan anaknya yang berumur sembilan tahun. Tanpa pengetahuan dan keahlian seperti sekarang , anak ini tidak hanya kehilangan sebelah matanya tetapi juga kedua-duanya. Ayahnya memasukkannya ke sekolah khusus tunanetra. Pada masa itu mereka diajar dengan menggunakan blok-blok kayu ukuran besar. Blok-blok kayu ini canggung dan merepotkan, memerlukan banyak waktu untuk belajar. Walaupun demikian, anak tukang sepatu tidak puas hanya belajar membaca. Dia tahu pasti ada cara yang lebih mudah dan lebih baik. Selama bertahun-tahun, dia merancang sistem membaca yang baru bagi orang buta dengan menusukkan bintik-bintik pada kertas. Untuk mencapai tujuannya, anak pembuat sepatu menggunakan alat pelubang kulit yang sama yang membutakannya.

 

Tentang Pengertian Mengembangkan Kemampuan | medsis | 4.5