Tentang Cara Membandingkan Teks Berita

Tentang Cara Membandingkan Teks Berita

Membandingkan Teks Berita

Setelah memahami isi teks “‘Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam”, tugas kalian selanjutnya membandingkan teks “‘Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam” tersebut dengan teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”. Bacalah teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi” dengan teliti. Setelah itu, kerjakanlah dengan mengikuti petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!

Tentang Cara Membandingkan Teks Berita

Tentang Cara Membandingkan Teks Berita

Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi Madrid, Selasa – Pemerintah Spanyol, Selasa (3/6), memulai penggantian raja untuk pertama kalinya dalam sejarah pasca Franco. Sementara ribuan orang anti kerajaan turun ke jalan di seluruh negeri mengimbau diadakannya referendum mengenai kerajaan. Raja Juan Carlos, Senin, mengumumkan akan turun takhta, membuka jalan bagi putranya, Pangeran Felipe, untuk menggantikannya. Namun, para demonstran tidak menghendaki penyerahan takhta kepada Felipe yang akan bergelar Raja Felipe VI itu. Pengunjuk rasa menuntut sebuah referendum mengenai lembaga raja. Sampai jauh malam setelah pengumuman turun takhta raja itu pada Senin, ribuan orang memenuhi Lapangan Puerta del Sol, Madrid. Serangkaian demonstrasi juga diadakan di kota-kota besar di seluruh negeri. Sehari setelah pengumuman abdikasi itu, Perdana Menteri Mariano Rajoy memimpin sidang luar biasa kabinet pada tengah hari untuk membuat sebuah undang-undang turun takhta, yang kemudian harus disetujui oleh parlemen. UU itu, yang bisa sampai empat pekan untuk disetujui menurut media spanyol, akan menutup tirai pemerintahan raja berusia 76 tahun itu, yang terkena skandal pada akhir masa berkuasanya. UU itu juga akan menyiapkan jalan ke takhta bagi putranya, Putra Mahkota Felipe, dan istrinya, Letizia. Dalam sebuah pidato pada rakyat Spanyol yang disiarkan televisi, Juan Carlos mengatakan, krisis ekonomi telah membangunkan sebuah “keinginan untuk pembaruan, untuk mengatasi masalah dan membetulkan kesalahan-kesalahan dan membuka jalan untuk sebuah masa depan yang lebih baik”. “Kini generasi muda patut maju ke garis depan dengan energi baru,” kata Raja Juan Carlos. “Karena alasan-alasan itu semua, saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya”.

Transisi ke demokrasi

Juan Carlos dihormati secara meluas karena melicinkan transisi Spanyol ke demokrasi setelah meninggalnya Jenderal Francisco Franco tahun 1975. Juan Carlos paling terkenal ketika menghadapi sebuah upaya kudeta militer pada Februari 1981. Namun, banyak orang Spanyol marah ketika mereka mengetahui raja mengambil liburan mewah safari berburu gajah di Afrika tahun 2002. Saat itu Spanyol sedang menderita krisis keuangan dan tingkat pengangguran meroket 25 persen. Kemarahan bertambah saat putri tertua raja, Putri Cristina, disebut sebagai tersangka dalam hubungan dengan praktik bisnis korup suaminya, Inaki Urdangarin, mantan atlet Olimpiade. Dalam sebuah kajian oleh lembaga jajak pendapat Sigma Dos yang diterbitkan Januari 2014, dukungan kepada raja menurun menjadi 41 persen. Sementara mereka yang menginginkannya turun takhta dan digantikan oleh Felipe naik menjadi 62 persen. Yang paling mengkhawatirkan bagi kaum pendukung kerajaan, survei yang sama memperlihatkan hanya 49 persen menyetujui kerajaan. Kala naik takhta kelak, Raja Felipe VI kemungkinan besar akan menghadapi kegelisahan publik mengenai keadaan ekonomi dan skandal-skandal keluarga kerajaan. (Sumber: Kompas, Rabu, 4 Juni 2014, halaman 10)

1) Dalam teks berita “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi “, terdapat banyak kosa kata baru. Dengan bantuan Kamus Besar Bahasa Indonesia, baik dalam bentuk cetak maupun dalam jaringan, temukan arti kata atau kelompok kata berikut. Tuliskan jawaban kalian di kolom bagian kanan (Arti Kosakata). Baca kembali teks berita itu dengan cermat. Temukan kosakata yang menurut kalian penting untuk diketahui.

2) Selain kosakata, coba kalian telusuri beberapa verba berikut. Verba yang menjadi kunci di dalam pelajaran ini adalah menyikapi. Kata menyikapi berasal dari kata dasar sikap yang bermakna ‘perbuatan dan sebagainya yang berdasarkan pada pendirian, keyakinan’. Verba tersebut bersinonim dengan beberapa verba lain, seperti yang terdapat pada beberapa kata berikut. Isilah kolom yang rumpang dengan perubahan bentuk kata dasar menjadi verba dan nomina ini.

3) Selain mencari sinonim dari verba menyikapi tadi, di dalam teks juga terdapat beberapa antonim atau lawan kata berikut. Carilah antonim untuk beberapa kata berikut.

Berita merupakan sebuah narasi. Narasi menampilkan peristiwa dalam bentuk alur (plot). Alur adalah peristiwa yang secara eksplisit ditampilkan dalam suatu teks. Alur berbeda dengan cerita (story). Perbedaannya terletak pada urutan peristiwa. Cerita menampilkan peristiwa secara berurutan, kronologis dari awal hingga akhir. Sementara pada alur, urutan peristiwa bisa dibolak-balik. Perhatikan alur peristiwa dalam teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi” ini.

a) Pemerintah Spanyol memulai penggantian raja. b) Ribuan orang anti kerajaan turun ke jalan. c) Raja Juan Carlos mengumumkan akan turun takhta. d) Demonstran tidak menghendaki penyerahan takhta. e) Ribuan orang memenuhi Lapangan Puerta del Sol, Madrid. f) Serangkaian demonstrasi diadakan di kota-kota besar. g) Perdana Menteri Mariano Rajoy memimpin sidang luar biasa kabinet untuk membuat sebuah undang-undang turun takhta. h) UU itu bisa sampai empat pekan untuk disetujui i) UU itu akan menyiapkan jalan ke takhta bagi Putra Mahkota Felipe dan istrinya, Letizia. j) Juan Carlos dihormati secara meluas karena melicinkan transisi Spanyol ke demokrasi. k) Juan Carlos paling terkenal ketika menghadapi sebuah upaya kudeta militer. l) Banyak orang Spanyol marah ketika mereka mengetahui raja mengambil liburan mewah. m)Saat itu Spanyol sedang menderita krisis keuangan dan tingkat pengangguran meroket 25 persen. n) Kemarahan bertambah saat putri tertua raja disebut sebagai tersangka. o) Dukungan kepada raja menurun. p) Kala naik tahkta kelak, Raja Felipe VI akan menghadapi kegelisahan publik mengenai keadaan ekonomi dan skandal-skandal keluarga kerajaan.

5) Struktur teks berita terbagi ke dalam tiga tahap, orientasi, peristiwa, dan sumber berita. Coba kalian baca kembali teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”. Apakah kalian menemukan sumber peristiwa yang terdapat dalam teks itu?

6) Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal berita ditandai oleh orientasi, diikuti oleh peristiwa dan sumber berita. Apa yang kalian temukan dari struktur teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”? Apakah kalian menemukan perbedaan antara struktur teks “‘Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam” dengan struktur teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”? Di mana letak perbedaannya?

7) Setelah membaca teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”, kalian tentu menemukan bagian-bagian yang berupa orientasi, diikuti oleh peristiwa dan sumber berita. Coba perhatikan baik-baik teks berikut ini. Bandingkanlah struktur teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi” dengan struktur teks “Tiongkok Tuduh Vietnam Tabrak kapalnya 1.416 Kali”!

Tiongkok Tuduh Vietnam Tabrak

Kapalnya 1.416 Kali Beijing, Senin – Pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok menuduh kapal-kapal asal Vietnam telah lebih dari 1.400 kali menabrak kapal-kapal Tiongkok di dekat lokasi anjungan pengeboran minyak yang kontroversial di Laut Tiongkok Selatan. Cara-cara seperti itu disebut Tiongkok sebagai tindakan illegal sekaligus provokatif. Beijing meminta Vietnam segera menghentikan aksi-aksi seperti itu. “Sekitar pukul 17.00 tanggal 7 Juni lalu, ada 63 kapal Vietnam di area itu. Mereka coba menerobos iring-iringan kapal kami. Mereka telah menabrak kapal-kapal Pemerintah Tiongkok sebanyak 1.416 kali,” ungkap pernyataan tertulis Kemlu RRT, Senin (9/6). “Menghadapi aksi provokasi Vietnam seperti itu, kami mencoba terus menahan diri dan mengambil langkah pencegahan,” lanjut kementerian itu. Menurut pernyataan itu, Tiongkok mengatakan pengerahan kapalkapalnya ke sana bertujuan mengamankan operasi anjungan pengeboran minyak Haiyang Shiyou 981. Mengutip BBC, Tiongkok menempatkan anjungan minyaknya itu di perairan sengketa di dekat Kepulauan Paracel pada 2 Mei. Langkah tersebut memicu ketegangan dengan Vietnam yang mengklaim kawasan itu sebagai bagian zona ekonomi eksklusifnya. Sementara Tiongkok mengklaim sebagian besar kawasan Laut Tiongkok Selatan dengan didasari “Sembilan Garis Putus-putus” serta peta pertengahan abad ke-20 dan klaim sejarah 1.000 tahun terakhir, yang dinilai banyak pihak sumir.

Menayangkan Video Stasiun televisi Vietnam menayangkan rekaman video yang memperlihatkan sebuah kapal besar berbendera Tiongkok berada di belakang dua kapal nelayan Vietnam berukuran lebih kecil. Dalam tayangan tampak tabrakan kemudian terjadi dan salah satu dari dua kapal nelayan Vietnam berukuran lebih kecil tenggelam. Insiden tersebut terjadi pada 26 Mei lalu ketika sebuah kapal nelayan Vietnam dilaporkan tenggelam tak jauh dari anjungan minyak Tiongkok itu. “Tiongkok ingin menjaga hubungan baik dengan Vietnam, tetapi tetap ada prinsip-prinsip tertentu yang tak bisa diabaikan,” ujar Kemlu RRT. Meski demikian, pihak Kemlu memastikan saluran komunikasi di antara kedua pihak tetap terbuka.

Terkait isu lain, juru bicara Kemlu RRT, Hua Chunying, mengkritik aktivitas olahraga bersama para prajurit Angkatan Laut Vietnam dan Filipina di wilayah sengketa. Aktivitas itu digelar hari Minggu di Pulau Southwest Cay di Kepulauan Spratly, Laut Tiongkok Selatan. “Tidakkah Anda melihat trik-trik yang dilakukan Filipina dan Vietnam itu adalah sebuah lelucon?” ujar Hua.

(Sumber: Kompas, Selasa, 10 Juni 2014, halaman 8)

Tentang Cara Membandingkan Teks Berita | medsis | 4.5