Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Sejarah

Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Sejarah

Teks Cerita Sejarah

Teks Cerita Sejarah

Teks Cerita Sejarah – Menginterpretasi makna teks cerita sejarah artinya memberikan penafsiran terhadap teks tersebut agar data sejarah yang terkandung di dalamnya dapat berbicara. Sebagai siswa yang cerdas, kalian harus bisa menggali nilai dan kearifan yang terkandung dalam peristiwa sejarah yang tidak semata-mata hanya menjadi cerita yang dikisahkan secara turun-temurun. Nilai dan kearifan yang berhasil kalian gali diharapkan dapat membantu secara bijak berbagai persoalan yang dihadapi. Dengan mengingat masa lalu, memahami masa kini, dan mempersiapkan masa depan, kalian akan dapat meraih apa yang telah dicita-citakan. Bacalah teks “Hadiah Nobel” berikut ini dengan saksama. Kemudian kerjakanlah tugas yang diberikan.

Teks Cerita Sejarah

1. Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan penelitian luar biasa. Penghargaan diberikan kepada orang yang menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Saat ini Hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi orang yang mempunyai jasa besar kepada dunia.

2. Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia yang telah menemukan dinamit. Ilmuwan ini terkejut melihat hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan yang merusak. Oleh sebab itulah dia membuat wasiat.

3. Pria kelahiran Swedia, 21 Oktober 1833 ini menandatangani wasiatnya di Swedish-Norwegian Club, Paris, pada 27 November 1895. Di dalam wasiat tersebut, Alfred menegaskan bahwa seluruh hartanya harus diinvestasikan dalam bentuk saham dan dipakai untuk mendirikan sebuah yayasan, yang labanya setiap tahun dibagikan dalam bentuk penghargaan bagi orang yang dinilai berjasa besar terhadap kemanusiaan.

4. Banyak pihak yang terkejut mengetahui isi wasiat tersebut, termasuk keluarganya. Kontroversi terus bergulir. Pro dan kontra terhadap isi wasiat terus terjadi, sehingga pemberian Hadiah Nobel baru bisa terlaksana lima tahun setelah Alfred Nobel wafat.

5. Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang sastra, fisika, kimia, kedokteran, dan perdamaian pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholm pada 1901. Sejak 1902, penghargaan ini secara formal dianugerahkan oleh Raja Swedia. Awalnya, Raja Oscar II tidak menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing. Namun, dia mengubah sikapnya setelah menyadari publisitas penghargaan tersebut terhadap negara Swedia.

6. Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahunnya pada 10 Desember, yaitu tanggal wafatnya Alfred Nobel. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan.

7. Kategori penghargaan yang diberikan setiap tahun sejak 1901 untuk pencapaian dalam fisika ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, kimia ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, fisiologi atau kedokteran ditentukan oleh The Karolinska Institute, sastra ditentukan oleh The Swedish Academy, dan perdamaian ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting atau Parlemen Norwegia. Pada 1968, Sveriges Riksbank, Bank Swedia, menambah penghargaan dalam ilmu ekonomi. Ketegori ekonomi ini ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences.

Teks Cerita Sejarah

(1) Setelah membaca teks berjudul “Hadiah Nobel”, diskusikan dengan teman sekelompok kalian struktur teks tersebut, lalu tulislah hasil diskusi kalian! __________________________________

(2) Setelah kalian mendiskusikan struktur teks “Hadiah Nobel” tersebut, paparkan hasil diskusi kalian di depan kelas. Mintalah komentar dari kelompok lain. Jadikanlah masukan kelompok lain itu untuk memperbaiki pekerjaan kalian.

(3) Apakah informasi yang terdapat dalam teks “Hadiah Nobel” bisa kalian pahami dengan baik? (4) Apakah urutan peristiwa sejarah pada teks tersebut telah diuraikan dengan jelas? (5) Berdasarkan isi teks “Hadiah Nobel”, tentukanlah apakah pernyataan berikut ini benar (B), salah (S), atau tidak terbukti benar salahnya (TT) dengan membubuhkan tanda centang (√) pada pilihan kalian.

(6) Bacalah sekali lagi teks “Hadiah Nobel” dengan teliti. Uraikanlah fungsi sosial yang dapat kalian petik setelah membaca teks cerita sejarah tersebut.

(7) Dengan membaca sejarah tentang Hadiah Nobel tersebut, apakah kalian termotivasi untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat?

(8) Untuk mengerjakan soal nomor (8) ini, kalian diharapkan menggunakan sumber lain yang mendukung. Penghargaan Nobel Perdamaian (Nobel Peace Prize) adalah satu dari lima kategori yang diselenggarakan atas permintaan Alfred Nobel. Penghargaan ini diberikan pada orang yang paling giat melaksanakan hubungan yang bersifat internasional, pendiri pergerakan perdamaian, atau berusaha mengurangi atau melenyapkan peperangan. Tidak seperti penghargaan Nobel lainnya, kategori perdamaian ini dapat diberikan kepada orang atau organisasi yang masih dalam proses penyelesaian masalah. Artinya, penghargaan ini dapat diberikan kepada seseorang atau sebuah organisasi yang terlibat dalam proses perdamaian yang masih berlangsung. Berikut ini adalah sepuluh perolehan Hadiah Nobel Perdamaian (2004— 2013). Beserta nama dan karya yang diberi penghargaan. Tugas kalian adalah mencantumkan tahun pemberian anugerah pada kolom yang tersedia.

(9) Setelah kalian mengetahui Penghargaan Nobel Perdamaian, diskusikanlah dengan kelompok kalian mengenai nilai kearifan yang bisa diperoleh dari peristiwa tersebut. Kemudian, presentasikanlah hasil diskusi kalian tersebut.

(10) Dengan menggunakan sumber lain yang mendukung, carilah nama penerima Hadiah Nobel kategori fisika, kimia, kedokteran, dan sastra dari tahun 2004 hingga 2013 secara berkelompok.

(11) Kemudian, buatlah sebuah teks cerita sejarah dengan menggunakan data yang kalian peroleh tersebut.

Teks Cerita Sejarah

Memproduksi Teks Cerita Sejarah secara Bersama

Pada tahapan ini, tugas kalian adalah memproduksi teks cerita sejarah secara bersama. Dalam membuat sebuah teks cerita sejarah, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Langkah pertama, kalian harus menentukan peristiwa sejarah apa yang akan kalian angkat menjadi sebuah teks. Setidaknya, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu apa peristiwa yang akan diceritakan, siapa pelaku sejarahnya, kapan dan di mana peristiwa itu terjadi, mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, dan bagaimana kejadiannya.

Setelah itu, kalian bisa mengumpulkan berbagai sumber sejarah yang mendukung teks yang kalian bangun. Kalian bisa menggunakan sumber primer (berdasarkan saksi mata peristiwa) maupun dalam bentuk dokumen. Satu hal yang perlu kalian ingat bahwa peristiwa sejarah harus disesuaikan dengan kisah nyata. Berikutnya, data yang kalian peroleh harus diverifikasi terlebih dahulu berdasarkan keaslian dan kesahihan sumber data yang kalian peroleh. Selanjutnya, kalian bisa membuat teks cerita sejarah yang kalian inginkan dengan melakukan pembabakan peristiwa agar informasi yang kalian utarakan tidak rancu. Berikut ini adalah teks yang berjudul “Selamat Jalan Bapak Perdamaian”. Bacalah teks tersebut dengan saksama, serta perhatikan rentetan peristiwa yang diberikan.

Teks Cerita Sejarah

Selamat Jalan Bapak Perdamaian

1. Nelson Mandela wafat dalam usia 95 tahun. Pria yang bernama kecil Rolihlala Mandela ini meninggal karena penyakit infeksi paru di kediamannya, Johannesburg, Afrika Selatan, pada 5 Desember 2013.

2. Ucapan duka mengalir dari seluruh pelosok dunia atas kepergian pahlawan penentang apartheid dan mantan Presiden Afrika Selatan ini. Seluruh dunia bersedih atas kepergian seorang tokoh besar yang namanya melambung tinggi karena cita-cita serta perjuangannya untuk perdamaian dan keadilan pada awal abad ke-21.

3. Mandela menjadi inspirasi dan nurani dunia bagi gerakan menentang diskriminasi. Dengan tegas, Mandela menolak dominasi kulit putih atau pun dominasi kulit hitam. Atas perjuangannya, Mandela tidak hanya meraih penghargaan bergengsi Nobel Perdamaian tahun 1993, tetapi juga kehormatan dan penghormatan luar biasa dari kalangan masyarakat dunia.

4. Hampir 100 kepala negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di bawah guyuran hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel, 10 Desember 2013. Para pemimpin yang selama ini berbeda pendapat, berseberangan, atau bahkan telah bermusuhan selama puluhan tahun berada di panggung yang sama untuk memberikan penghormatan kepada Mandela. Tidak terkecuali Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro. Dua pemimpin negara yang bermusuhan sejak era Perang Dingin itu bersalaman kemudian bersapa sambil tersenyum.

5. Mandela dimakamkan dengan adat Xhosa di sebuah makam di Desa Qunu, tempat ia meghabiskan masa kecilnya, 15 Desember 2013. Pemakaman terletak di tanah luas keluarga yang dibangun Mandela setelah dibebaskan dari penjara tahun 1990. Mandela dipenjarakan oleh pemerintah rezim kulit putih yang rasial selama 27 tahun (1964-1990).

6. Sebelumnya, jenazah disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Pretoria, tempat dia dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan pada 1994.

Teks Cerita Sejarah

(Sumber: Litbang Kompas, Buku Pintar Kompas 2013, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2014, halaman 380—381)

(1) Teks “Selamat Jalan Bapak Perdamaian” adalah sebuah kisah sejarah wafatnya seorang tokoh yang memiliki peran penting dalam meruntuhkan apartheid. Tokoh ini bernama Nelson Mandela. Kalian tentu sudah mengetahuinya, sebab kalian telah mengupas tuntas tentang tokoh ini di kelas XI. Sebelum masuk pada tugas berikutnya, utarakanlah pendapat kalian tentang peristiwa yang diceritakan dalam teks “Selamat Jalan Bapak Perdamaian” di atas. nilai kearifan seperti apakah yang bisa kalian peroleh? __________

Teks Cerita Sejarah

Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Sejarah | medsis | 4.5