Tahapan Modifikasi Media Tanam Tanaman Sayuran

Tahapan Modifikasi Media Tanam Tanaman Sayuran

Setelah mengamati dan melakukan wawancara dengan petani, berikut ini diuraikan bagaimana tahapan budidaya tanaman sayuran dengan modifikasi media tanam. Membudidayakan tanaman pakcoy dengan teknik budidaya hidroponik sederhana merupakan contoh yang dapat kamu praktikkan.

Tahapan Modifikasi Media Tanam Tanaman Sayuran

Tahapan Modifikasi Media Tanam Tanaman Sayuran

1. Perencanaan a. menentukan jenis tanaman sayuran yang akan dibudidayakan, b. menentukan teknik modifikasi media tanam, c. membuat jadwal kegiatan budidaya, d. menyusun kebutuhan sarana dan alat, dan e. menentukan tugas tiap individu.

2. Persiapan Sarana Produksi Bahan

3. Proses Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik Sederhana (Wick System)

1. Lubangi wadah tanam dan beri sumbu. 2. a,b Masukkan sabut kelapa atau zeolit di atas sumbu kemudian tanam benih secara langsung. 3. Simpan di atas cairan nutrisi. Wadah cairan nutrisi diberi lubang untuk sirkulasi udara. Isi cairan nutrisi seminggu sekali. Makin besar tanaman, frekuensi penambahan cairan makin sering. Nutrisi yang digunakan ialah NPK dengan dosis 3 gram per liter atau nutrisi hidroponik yang sudah jadi. 4. Susun di rak, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. 5. Bibit yang sudah tumbuh. 6. Setelah bibit tumbuh baik, masukkan kerikil secara bertahap untuk menopang batang. 7. a,b Lakukan pengamatan pertumbuhan tanaman. 8. Pengendalian serangan OPT secara rutin. Jika terdapat hama atau penyakit, segera tangani. Lakukan pemeliharaan dengan cara menggunting daun atau tanaman yang tumbuh kurang baik. 9. a,b Pakcoy siap panen umur 45 hari setelah tanam. 10. Pakcoy hasil panen, satu tanaman dapat mencapai 100 g.

Keberhasilan kegiatan budidaya tanaman sayuran dapat dilihat dari pertumbuhan tanaman yang baik sesuai umurnya. Pertumbuhan tanaman yang baik ditentukan oleh berbagai faktor, seperti lingkungan dan perawatan. Tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik apabila lingkungan akar memperoleh cukup udara, air, dan hara. Tanaman dapat gagal tumbuh jika faktor pendukung tidak terpenuhi.

Praktik budidaya tanaman sayuran dengan modifikasi media tanam. 1. Rancanglah perencanaan kegiatan budidaya tanaman sayuran dengan memodifikasi media tanam sesuai daerah setempat. 2. Gunakan informasi dari hasil observasi dan wawancara atau berdasarkan hasil bedah buku sumber/referensi yang telah kamu dapatkan. 3. Buatlah jadwal kegiatan budidaya dan pembagian tugas. (Lihat LK-8) 4. Siapkan alat dan bahan dengan tepat sesuai rencana. 5. Praktikkan setiap tahapan teknik budidaya. 6. Rawatlah tanaman dan amati setiap perkembangannya. 7. Tuliskan setiap hasil pengamatan pada lembar pengamatan yang telah disediakan. (Lihat LK-9) 8. Ambil gambar pada setiap tahapan kegiatan. 9. Buatlah laporan kegiatan budidaya tanaman sayuran dari tahap perencanaan sampai akhir kegiatan budidaya. (Lihat LK-10) Catatan: Tugas 1-3 dipresentasikan terlebih dahulu sebelum memulai praktik kegiatan budidaya tanaman sayuran. Lakukan revisi dari masukan yang diberikan!

Tips 

1. Kegiatan budidaya perlu dilakukan dengan penuh kesabaran, ketelatenan dan ketelitian. Disiplin dan bertanggung jawab melakukan pemeliharaan tanaman. Perhatikan setiap proses yang harus dilakukan dan laksanakan tepat waktu. 2. Jika mengalami kegagalan, tidak perlu putus asa. Terus mencoba dan pelajari kekurangannya. 3. Jika berhasil kamu akan merasa puas dapat memetik hasil usaha dan kerja keras. Tak lupa selalu bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa.

Perhatikanlah! Pada proses kegiatan budidaya, kamu perlu memahami keselamatan kerja. Tips berikut ini perlu diperhatikan saat kegiatan budidaya. 1.Hati-hati saat menggunakan pupuk dan pestisida yang berbahan kimia. 2.Gunakan masker, sarung tangan, dan baju tertutup saat menyemprot pestisida. 3.Lebih disarankan menggunakan pupuk dan pestisida alami yang lebih aman dan tidak merusak lingkungan. 4.Cuci tangan menggunakan sabun setelah melakukan kegiatan.

Lakukan pengamatan dengan teliti. Amati setiap proses, kemudian catat semua informasi yang didapat. Kamu akan merasakan keagungan dan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa melalui berbagai ciptaan-Nya, dengan mengamati pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

 

Tahapan Modifikasi Media Tanam Tanaman Sayuran | medsis | 4.5