Merancang Taktik dan Strategi Bola basket

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Merancang Taktik dan Strategi Bola basket

Strategi Bola basket

a. Pola Penyerangan dalam Permainan Bolabasket Pada sub-bab sebelumnya kalian sudah dapat menganalisis dan mengidentifikasi berbagai taktik dan strategi penyerangan dalam permainan bolavoli.

Strategi Bola basket – Pada sub-bab ini, kalian diharapkan dapat merancang taktik dan strategi penyerangan dalam permainan Bolabasket yang sederhana.

Strategi Bola basket

Strategi Bola basket

Strategi Bola basket – Pelajari dan perhatikanlah permainan berikut ini: 1) Buatlah kelompok dengan jumlah enam orang dan bagi dalam dua tim, yaitu tim penyerang dan bertahan. 2) Tim penyerang merancang penyerangan ke daerah lawan agar dapat mencetak angka ke ring/basket. 3) Setelah rancangan dibuat, lakukanlah permainan tersebut dengan melakukan rancangan penyerangan yang telah dibuat. 4) Patuhilah aturan jika dalam waktu 5 menit tim penyerang tidak bisa mencetak angka lebih dari sepuluh bola maka tim menyerang dianggap gagal/kalah dan bergantian peran dengan yang bertahan. 5) Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut: Bagaimanakah merancang penyerangan yang efektif? Bagaimanakah peran ketiga penyerangan dalam merancang serangan? Apakah dalam merancang penyerangan perlu kerjasama dan mengeluarkan pendapat?, dan pertanyaan lainya. 6) Lakukanlah permainan 3 lawan 3 tersebut dengan menerapkan kejujuran, kerjasama, saling menghargai, toleransi, dan sportivitas. 7) Perhatikanlah bahwa selama melakukan aktivitas belajar tersebut, guru akan menilai kemajuan belajarmu

Pola Pertahanan dalam Permainan Bolabasket

Strategi Bola basket – Pada sub-bab sebelumnya kalian sudah dapat menganalisis dan mengidentifikasi berbagai taktik dan strategi pertahanan dalam permainan bolabasket sederhana.

Pada sub-bab ini, kalian diharapkan dapat merancang taktik dan strategi bertahan dalam permainan bolabasket yang sederhana. Pelajari dan perhatikanlah permainan 2 lawan 3 berikut ini: 1) Buatlah kelompok dengan jumlah 10 orang dan bagi dalam dua tim, yaitu tim penyerang dan bertahan. 2) Tim bertahan merancang pertahanan daerah agar dapat menjauhkan bola dari ring/basket. 3) Setelah rancangan dibuat, bermainlah dan tim bertahan melakukan rancangan pertahanan yang telah dibuat. 4) Patuhilah aturan jika dalam waktu 5 menit tim bertahan tidak dapat menggagalkan lebih dari sepuluh bola maka tim bertahan dianggap gagal/kalah dan bergantian peran dengan yang menyerang. 5) Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut: Bagaimanakah merancang pertahanan yang efektif? Bagaimanakah peran setiap pemain dalam merancang pertahanan?, Apakah dalam merancang pertahanan diperlukan kerjasama dan mengeluarkan pendapat?, Dan pertanyaan lainya. 6) Lakukanlah permainan 5 lawan 5 dengan menerapkan kejujuran, kerjasama, saling menghargai, toleransi, dan sportivitas. 7) Perhatikanlah bahwa selama melakukan aktivitas belajar tersebut, guru akan menilai kemajuan belajarmu

Mengevaluasi Taktik dan Strategi dalam Permainan Bolabasket

Strategi Bola basket – Setelah kalian menganalisis dan merancang taktik penyerangan dalam berbagai permainan bolabasket sederhana, selanjutnya kalian harus dapat menilai penampilan bermain diri sendiri dan teman dalam menerapkan taktik dan strategi penyerangan yang dilakukan saat melakukan permainan. Lakukan aktivitas belajar berikut:

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

a) Amati dan perhatikanlah temanmu yang sedang bermain bolabasket.

b) Siapkanlah lembar penilaian penampilan bermain untuk diri sendiri dan temanmu

Skor : 4= Penampilan Baik 3= Penampilan Cukup 2= Penampilan Kurang 1= Penampilan Kurang Sekali Komponen penilaian ¾ Eksekusi Keterampilan (skill execution): keakuratan mengoper bola ke teman yang dituju dan menendang ke gawang lawan/ mempertahankan daerah. ¾ Membuat Keputusan (decision making): membuat keputusan yang tepat dalam mengoper ke teman satu tim dan menembak bola ke gawang/merebut bola. ¾ Mendukung (support): Bergerak untuk menciptakan dan menggunakan ruang kosong agar mudah untuk dioper bola dan mencetak gol/menjauhkan bola dari gawang sendiri.

c) Lakukanlah penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan permainan bolabasket.

d) Diskusikanlah hasil penilaianmu dengan teman-teman dalam satu tim.

e) Presentasikanlah hasil diskusi penilaiannya dalam satu tim kepada tim lain di depan kelas.

Ringkasan

Bolabasket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 5 orang pemain. Bertujuan untuk mencari nilai atau angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke ring lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan nilai. Oleh karena itu, permainan bolabasket membutuhkan taktik dan strategi penyerangan dan pertahanan, baik secara kelompok/tim maupun individu.

Merancang Taktik dan Strategi Bola basket | medsis | 4.5