Indera Pendengaran dan Sistem Sonar

Indera Pendengaran dan Sistem Sonar

Sistem Sonar – Kapal laut yang berlayar di tengah lautan dapat mendeteksi keadaan sekitarnya, dengan menggunakan bantuan sonar. Sistem sonar yang digunakan kapal-kapal tersebut meniru cara mamalia laut seperti lumbalumba dan paus. Bagaimanakah prinsip kerja sistem sonar? Mari kita pelajari bab ini dengan penuh semangat.

Sistem Sonar

Sistem Sonar

Sistem Sonar

Sistem Sonar – Mendengar adalah kemampuan untuk mendeteksi vibrasi mekanis (getaran) yang disebut suara. Dalam keadaan biasa, getaran dapat mencapai indera pendengaran yaitu telinga melalui udara. Ketika kita mendengar, ternyata ada objek atau benda yang bergetar, misalnya senar gitar yang bergetar ketika dipetik, dan bedug atau drum yang dipukul. Ketika ada objek yang bergetar, bagaimana kaitannya dengan fungsi telinga?

Sistem Sonar – Ayo Kita Pelajari A. Indera pendengaran pada manusia 1. Getaran 2. Gelombang 3. Bunyi B. Mekanisme pendengaran pada manusia C. Sistem sonar D. Pemanfaatan sistem sonar Istilah Penting Koklea Resonansi Membran timpani Bunyi Eustachius Gelombang Frekuensi Getaran Amplitudo Ultrasonik Audiosonik Infrasonik Sonar Ekolokasi Mengapa Penting ? Karena ini akan menjelaskan kerja dari salah satu indera kita, yang memungkinkan kita untuk mendengar serta menjelaskan sistem sonar yang sekarang banyak dimanfaatkan pada berbagai bidang.

Sistem Sonar – Ayo Tebak : Kita dapat mendengar karena adanya indera pendengaran yang di miliki. Gelombang bunyi yang masuk kedalam telinga luar menggetarkan gendang telinga. Getaran-getaran tersebut diterima oleh syaraf auditorius atau reseptor pendengar selanjutnya dikirim ke otak. Tahukah kamu di mana reseptor pendengar ini pada telinga?

Ayo PikirkanBagaimana kamu bisa mendengar bunyi? Ketika kamu mendengar bunyi suatu objek, ada proses apakah sehingga kita dapat mendengar?

Sistem Sonar – Gelombang bunyi yang masuk ke telinga luar akan menggetarkan gendang telinga. Getaran-getaran tersebut diterima oleh syaraf auditorius atau receptor pendengar dan selanjutnya dikirim ke otak. Pada sistem pendengaran, telinga akan mengubah energi gelombang menjadi impuls saraf yang diterjemahkan oleh otak sebagai suara. Musik, pembicaraan, atau bunyi berisik di lingkungan sekitar dapat kamu dengar karena adanya reseptor sensorik yang merupakan sel-sel rambut, suatu tipe fonoreseptor. Fonoreseptor merupakan reseptor penerima bunyi atau suara yang ada di organ telinga, yang akan menghantarkan impuls ke otak. Sebelum mencapai ke sel-sel rambut ini, gelombang akan diubah oleh beberapa struktur yang ada di telinga. Untuk mengetahui bagaimana struktur telinga sehingga memungkinkan suara dapat didengar dan bagaimana proses mendengar, lakukan kegiatan berikut.

1. Bagaimana struktur telinga manusia? Untuk mengetahui proses mendengar, kita perlu memahami terlebih dahulu struktur telinga sebagai alat pendengaran. Buatlah sebuah model telinga sederhana, dengan membuat pola seperti gambar berikut, dengan ukuran yang lebih besar agar lebih mudah dicoba. Setelah dipotong, susunlah struktur tersebut dan lekatkan memanjang sehingga terlihat struktur dari telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Setelah kamu gunakan simpanlah untuk pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Baca dan pahami alat-alat dalam sistem pendengaran dari berbagai sumber yang dapat diperoleh, kemudian jawablah pertanyaan berikut. 1. Dimanakah tulang maleus ditemukan?

2. Dimanakah dapat kita temukan silia? 3. Struktur apakah yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan pada telinga dalam dan mulutmu? 4. Struktur apakah yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal suara ke otak? 2. Bagaimana cara kerja dari gendang telinga? Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui cara gendang telinga bekerja. 1. Regangkan plastik pembungkus dan tutupkan di atas mangkuk. Ikat dengan kawat atau tali agar tak lepas. 2. Letakkan tepung atau beras di atas plastik pembungkus. 3. Mintalah temanmu untuk memukul panci/ drum di dekat perangkat. 4. Amatilah apa yang terjadi pada plastik itu, jelaskan bagaimana gelombang bunyi diteruskan sehingga mengakibatkan plastik akan bergetar. Bagaimana dengan gendang telingamu? Prinsip kerja dari percobaan di atas setara dengan prinsip kerja pada gendang telingamu.

Indera Pendengaran dan Sistem Sonar | medsis | 4.5