Sikap Komitmen terhadap Pembukaan UUD

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Sikap Komitmen terhadap Pembukaan UUD

Sikap Komitmen – Undang-Undang Dasar atau konstitusi memiliki dua sifat, yaitu konstitusi itu dapat diubah atau tidak dapat diubah. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi atau hukum dasar tertinggi bangsa Indonesia adalah konstitusi yang dapat digolongkan sebagai konstitusi yang dapat diubah. Hal ini terlihat dalam pasal 37 UUD 1945 yang mensyaratkan bahwa untuk memgubah UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 haruslah 2/3 anggota MPR harus hadir dan disetujui sekurang-kurangnya lima puluh persen ditambah satu anggota dari seluruh anggota MPR. Sejak tahun 1999 MPR telah mengadakan perubahan (amandemen) terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebanyak 4 kali.

Sikap Komitmen

Sikap Komitmen

Sikap Komitmen

Sikap Komitmen – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagai lembaga yang berhak mengubah UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Telah menyepakati sebuah keputusan penting yaitu keputusan untuk tidak mengubah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kesepakatan MPR tersebut tertuang dalam Ketetapan MPR No. IX/MPR/1999 bahwa Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tidak akan diubah. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memuat cita-cita bersama, memuat tujuan-tujuan yang biasa juga disebut sebagai falsafah kenegaraan atau staatsidee (cita negara) yang kemudian menjadi kesepakatan pertama bangsa Indonesia dalam membangun wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sikap Komitmen – Pancasila sebagai dasar-dasar filosofis terdapat dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang merupakan kesepakatan pertama penyangga konstitusionalisme. Dengan tidak diubahnya Pembukaan UUD 1945, maka tidak berubah pula kedudukan Pancasila sebagai dasar filosofis Negara Republik Indonesia. Adapun yang berubah adalah sistem dan lembaga untuk mewujudkan cita-cita berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Sikap Komitmen – Institusi negara seperti lembaga legislatif yaitu Dewan Perwakilan Rakyat maupun lembaga peradilan/ kehakiman yaitu Mahkamah Agung dapat berubah, namun Pancasila sebagai dasar Negara tetap menjiwai perubahan bentuk dan fungsi lembaga negara tersebut Apabila Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 diubah maka dengan sendirinya, kesepakatan awal berdirinya Negara Indonesia merdeka akan hilang. Dengan hilangnya kesepakatan awal tersebut, sama saja dengan membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sikap Komitmen – Hal ini tentunya harus dihindari oleh seluruh bangsa Indonesia dengan cara tetap menghayati, mendukung dan mengamalkan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang didalamnya terdapat dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila Mempertahankan Pembukaaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tidak hanya dilakukan dengan tidak merubahnya. Namun yang tidak kalah penting adalah mewujudkan isi atau makna dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Setiap lembaga negara, lembaga masyarakat, dan setiap warga negara wajib memperjuangkan isi dan makna ini menjadi kenyataan. Coba kalian diskusikan bagaimana upaya mewujudkan isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai lingkungan.

Tulislah pendapat kalian untuk melengkapi kalimat di bawah ini : 1. Perwujudan isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di lingkungan sekolah antara lain :

a. Belajar dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa.

b. ………………………………………………………………………………………………..

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

c. ………………………………………………………………………………………………..

2. Perwujudan isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di lingkungan pergaulan antara lain :

a. Bergaul dengan teman tanpa membeda-bedakan untuk mewujudkan tujuan negara melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah b. …………………………………………………………………………………………………

c. ………………………………………………………………………………………………..

3. Perwujudan isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di lingkungan masyarakat antara lain : a. Memberikan bantuan kepada fakir miskin untuk mewujudkan tujuan negara memajukan kesejahteraan umum b. ………………………………………………………………………………………………..

c. ………………………………………………………………………………………………..

Bacalah dengan cermat wacana berikut :

MARWILBAR PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA Selasa, 01 Oktober 2013 10:00 Dispen Kormar (Jakarta). Segenap prajurit Marinir Wilayah Barat memperingati hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Apel Brigif-2 Mar Pasmar-2, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (01/10/2013). Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Rumah Sakit Angkatan Laut Marinir (Danrumkitalmar) Cilandak Kolonel Laut (K) Dr. Arie Zakaria, SpOT, FICS dan Komandan Upacara Kapten Laut (S) Tatoes yang jabatan sehari-harinya Kasi UJI Rumkitalmar Cilandak. Dalam upacara tersebut, Irup membacakan Teks Pancasila diikuti oleh peserta upacara, serta pembacaan ikrar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang menyatakan bangsa Indonesia membulatkan tekad mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Serda Marinir S.Dadang serta diakhiri dengan pembacaan Doa oleh Serma Marinir Windu. Hadir dalam upacara tersebut Kadisprov Kormar Kolonel Marinir Sungatijantoro, Kadisminpers Kormar Kolonel Marinir Sumarto, Danmenbanpur-2 Mar Kolonel Marinir Tri Subandiyana dan Kadispen Kormar Letkol Marinir Suwandi serta para Dankolak di jajaran Pasmar-2. (sumber: http://www.marinir.mil.id/index.php/component/content/article/123- break/1584-marwilbar-peringati-hari-kesaktian-pancasila-2, diunduh tanggal 18 Januari 2014) Setelah kalian membaca wacana tersebut diskusikan pertanyaan berikut : 1. Apa semangat dan komitmen yang terdapat dalam wacana tersebut ! 2. Apa hubungan tekad tersebut dengan upaya mempertahankan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3. Bagaimana sikap yang tepat terhadap keinginan untuk mempertahankan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 

Sikap Komitmen terhadap Pembukaan UUD | medsis | 4.5