Sikap dalam Menghadapi Keterbatasan

Sikap dalam Menghadapi Keterbatasan

Sikap dalam Menghadapi Keterbatasan

Sikap dalam Menghadapi Keterbatasan

Diri Bagi sebagian orang keterbatasan kemampuan dapat menjadi penghalang bagi dirinya untuk berkembang. Tetapi banyak orang di dunia ini, yang sekalipun mempunyai keterbatasan mampu berkembang menjadi orang hebat. Simak cerita berikut! Mengubah Tragedi Menjadi Kemenangan Sebelum abad ini, prosedur standar untuk mengembangkan perajin ahli adalah dengan ayah mengajarkan profesinya kepada anak laki-lakinya. Keahlian yang diperlukan untuk membuat kerajinan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Bertahun-tahun yang lalu, seorang pembuat sepatu mengajarkan kepada anak laki-lakinya yang berumur sembilan tahun, kerajinan ini guna mempersiapkannya menghadapi kehidupannya.

Pada suatu hari alat pelubang kulit jatuh dari meja pembuatan sepatu dan secara tragis membutakan anaknya yang berumur sembilan tahun. Tanpa pengetahuan dan keahlian seperti sekarang , anak ini tidak hanya kehilangan sebelah matanya tetapi juga kedua-duanya. Ayahnya memasukkannya ke sekolah khusus tunanetra. Pada masa itu mereka diajar dengan menggunakan blok-blok kayu ukuran besar. Blok-blok kayu ini canggung dan merepotkan, memerlukan banyak waktu untuk belajar. Walaupun demikian, anak tukang sepatu tidak puas hanya belajar membaca. Dia tahu pasti ada cara yang lebih mudah dan lebih baik. Selama bertahun-tahun, dia merancang sistem membaca yang baru bagi orang buta dengan menusukkan bintik-bintik pada kertas. Untuk mencapai tujuannya, anak pembuat sepatu menggunakan alat pelubang kulit yang sama yang membutakannya.

Setelah membaca cerita di atas, jawab beberapa pertanyaan berikut!

1. Apa yang menarik bagimu dari kisah tersebut?

………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………

2. Dapatkah kamu menemukan tokoh-tokoh lain yang mempunyai kemiripan dengan kisah di atas? ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………

3. Pelajaran apa yang kamu petik dari kisah tersebut?

………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………

Bila di tempatmu tersedia internet, kamu dapat menemukan banyak kisah orang yang mempunyai keterbatasan tetapi hidupnya sukses bahkan terkenal. Kamu dapat mencarinya di video motivasi, atau kisah-kisah sukses, dsb. Secara umum terdapat dua sikap yang sering muncul dalam menyikapi keterbatasan kemampuan. Ada sikap positif, ada juga sikap negatif. Diskusikan dengan teman-temanmu kedua sikap tersebut dan pengaruhnya pada tindakan orang tersebut dalam hidupnya sehari-hari.

Pesan Tuhan dalam Menghadapi Keterbatasan

Dalam Kitab Suci Mrk 4: 35-41 dikisahkan tentang keterbatasan yang dialami oleh para murid Yesus dalam melaksanakan tugasnya. Kisah tersebut memperlihatkan dan sekaligus mengajarkan, bahwa dalam keterbatasan yang dimiliki, setiap orang dipanggil untuk kembali mencari sumber kekuatan sejati, yakni Allah sendiri.

Mrk 4: 35-41 35Pada hari itu, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada mereka: “Marilah kita bertolak ke seberang.”36Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak dan membawa Yesus beserta dengan mereka dalam perahu di mana Yesus telah duduk dan perahu-perahu lain juga menyertai Dia. 37Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air.38Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: “Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?” 39Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. 40 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?”41 Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: “Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?”

Baca sekali lagi dengan teliti, tanyakan hal-hal yang belum dapat kamu pahami berkaitan dengan bacaan tersebut, kemudian rumuskan jawaban atas pertanyaan berikut.

a. Keterbatasan apa yang dialami para murid Yesus? b. Perasaaan/ sikap apa yang muncul dalam diri mereka saat menghadapi keterbatasan? c. Apa yang mereka lakukan untuk mengatasi keterbatasan? Apa reaksi mereka saat mengalami keterbatasan itu sendiri? apa yang mereka lakukan? d. Apa pesan yang kamu peroleh dari kisah tersebut? Agar saling melengkapi, komunikasikan jawabanmu dengan teman- temanmu!

Refleksi dan Aksi

Mari kita hening sejenak untuk meresapkan apa yang telah kita pelajari hari ini! Tidak ada gading yang tidak retak, tidak ada manusia yang sempurna, tidak ada manusia yang tidak memiliki kekurangan dan keterbatasan Bayangkan, jika semua manusia itu merasa hebat, maka yang akan terjadi persaingan dan pertengkaran Sebaliknya, jika semua manusia itu merasa lemah, mungkin mereka hanya akan saling memandang penuh putus asa Ada yang kuat dan ada yang lemah, ada yang hebat dan ada yang biasa-biasa saja, bahkan ada pula yang memiliki kekurangan Allah menciptakan manusia seperti itu bukan tanpa maksud, Allah sengaja melakukannya agar manusia saling bekerja sama, saling memberi dan saling membantu Kepada yang lemah, Allah mengajari agar mau berusaha keras dan tak pernah malu meminta bantuan kepada yang kuat. Kepada yang kuat Allah mengajari agar ia mau berbagi dan membantu. Bukanlah hal ini sesuatu yang indah?

Manusia adalah makhluk yang terbatas, ini kenyataan yang tak dapat disangkal Di hadapan Tuhan, manusia tak ada apa-apanya Maka setiap saat Tuhanpun menanti kedatangan manusia dan selalu siap memberi pertolongan. Sekarang coba ingat-ingat kembali keterbatasan kemampuan yang kamu miliki! Ingatlah bahwa keterbatasanmu itu bukan penjara yang akan menghambatmu untuk maju! Apakah selama ini saya menutup-nutupi keterbatasanku? Apakah selama ini saya malu mengakui keterbatasanku? Apa yang telah saya upayakan mengatasi keterbatasanku? Tuliskan usaha apa lagi yang akan dilakukan agar keterbatasan kemampuanmu tidak menghalangimu untuk maju? Percayalah bahwa selalu ada jalan keluar bila kamu mempunyai tekad besar! Tuliskan refleksimu dalam buku catatanmu!

Tugas Pribadi

Buatlah ringkasan kisah tokoh-tokoh terkenal, yang sekalipun mempunyai keterbatasan tetapi dapat mencapai sukses.! Hasilnya dikumpulkan minggu berikut.

Lagu Simaklah lagu berikut dan resapkan isi lagu tersebut dengan baik ! Jangan Menyerah ( Dipopulerkan oleh Band D’MASIV) Tak ada manusia yang terlahir sempurna jangan kau sesali segala yang telah terjadi Kita pasti pernah dapatkan cobaan yang berat seakan hidup ini tak ada artinya lagi Reff1: Syukuri apa yang ada hidup adalah anugerah Tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik Tak ada manusia Yang terlahir sempurna jangan kau sesali Segala yang pernah terjadi Kembali ke Reff 1: Reff 2: Tuhan pasti kan menunjukkan Kebesaran dan kuasanya Bagi hambanya yang sabar Dan tak kenal putus asa Kembali ke Reff 1 Kembali ke Reff 2

Syukur sebagai Citra Allah 

Kata “syukur” atau “bersyukur” bagi sebagian orang menjadi sesuatu yang mudah dikatakan, tetapi sulit dilaksanakan. Hal itu disebabkan manusia zaman sekarang sering memandang seolah keberhasilan dan apa yang dimiliki saat ini semata-mata hasil usaha dan kerja kerasnya sendiri. Bagi orang beriman, pandangan semacam itu tidak sejalan dengan kedudukan manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Orang beriman mengamini, bahwa sesungguhnya hidup manusia dengan segala pengalamannya – baik manis maupun pahit, menyenangkan atau tidak menyenangkan, tidak pernah lepas dari peran Allah Sang Pencipta. Hidup kita, keadaan kita merupakan bukti pemeliharaan dan cinta Tuhan. Maka, karena Allah senantiasa berperan dalam kehidupan manusia, selayaknyalah manusiapun bertumbuh menjadi pribadi yang penuh syukur kepadaNya.

Pengalaman Bersyukur kepada Tuhan

Sebelum melanjutkan kegiatan belajar hari ini, cobalah kamu masuk dalam suasana doa sambil menyanyikan lagu berikut dengan lembut dan penuh penghayatan. Syukur dan Terima Kasih (Madah Suci 153) Syukur dan terima kasih kepada-Mu , O Tuhanku berkat-Mu setiap hari Kau berikan padaku. Sekarang Kupersembahkan seluruh jiwa ragaku sebab tiada perbuatan mampu balas kasih-Mu. Terang sinar matahari dan kebutuhan hidupku. juga Putra-Mu sendiri Kau berikan padaku Syukur dan terima kasih Kuucapkan kepada-Mu buatlah hidupku kini mengandalkan cinta-Mu.

Untuk lebih menghayati isi lagu tersebut, coba kamu amati syair lagu tersebut secara teliti, kemudian bertanyalah pada guru jika ada yang belum dapat kamu pahami! Kemudian rumuskan jawabanmu atas pertanyaan berikut. Untuk lebih menghayati isi lagu tersebut, coba kamu amati syair lagu tersebut secara teliti, kemudian bertanyalah pada guru jika ada sesuatu hal yang belum dapat kamu pahami. Komunikasikan jawabanmu dengan teman-temanmu! Dalam hidup, banyak hal yang kita lakukan, dan banyak pengalaman yang kita peroleh. Dapat jadi banyak peristiwa atau pengalaman itu berlalu begitu saja, dan seolah tanpa makna. Hari demi hari terus begitu saja, hidup menjadi rutinitas. Tetapi jika kita melihat kembali, merefleksikannya dalam hening, maka di saat itulah kita dapat melihat kehadiran Tuhan lewat pengalaman tersebut, yang akan mendorong kita untuk bersyukur .

Catatan Harian Martin

Seminggu setelah anak laki-lakinya meninggal karena serangan jantung, seorang ibu menemukan catatan harian anaknya itu. Sambil membaca halaman demi halaman, tak terasa sang Ibu pun meneteskan air mata. Air mata sedih bercampur bahagia. Sedih karena anaknya tak berada lagi disampingnya, tetapi bahagia karena tulisan anaknya menunjukkan bahwa anaknya itu dalam keadaan baik.

 

Sikap dalam Menghadapi Keterbatasan | medsis | 4.5