Menganalisis Senam Ritmik Gerak Ayunan Lengan

Menganalisis Senam Ritmik Gerak Ayunan Lengan

Senam Ritmik Gerak – Ada beberapa macam gerakan mengayun lengan (dua lengan).

a. Mengayun Dua Lengan ke Depan dan ke Belakang Cara melakukan sebagai berikut:

1) Posisi awal, berdiri tegak kaki kiri sedikit di depan dengan kedua lengan merapat di samping badan. 2) Hitungan kesatu, kedua lengan diayun ke depan diikuti lutut mengeper. 3) Hitungan kedua, kedua lengan diayun ke belakang, sambil kedua lutut mengeper. 4) Hitungan ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, ke-7 dan ke-8 gerakannya sama pada hitungan ke-1 dan ke-2. 5) Posisi akhir, berdiri tegak kedua kaki rapat dan kedua lengan

Senam Ritmik Gerak

Senam Ritmik Gerak

Senam Ritmik Gerak

b. Mengayun Dua Lengan ke Samping Cara melakukan sebagai berikut:

1) Posisi awal, berdiri tegak kedua lengan berada lurus ke bawah di samping tubuh. 2) Hitungan kesatu, kaki kanan digeser ke kanan dengan lutut mengeper diikuti kedua lengan diayun ke samping kanan. 3) Hitungan kedua, kedua lengan diayun ke samping kiri berat badan digeser ke kanan dengan lutut mengeper. 4) Hitungan ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, ke-7 dan ke-8 gerakannya sama dengan gerakan hitungan ke-1, dan ke-2. 5) Gerakan ini dilakukan selama 2 × 8 hitungan. 6) Posisi akhir, berdiri tegak kedua lengan lurus di samping badan.

Senam Ritmik Gerak

Mengayun Dua Lengan dari Samping ke Atas

Senam Ritmik Gerak – Cara melakukannya sebagai berikut: 1) Posisi awal, berdiri tegak kaki rapat kedua lengan lurus ke bawah di samping badan. 2) Hitungan kesatu, kaki kanan digeser ke kanan diikuti kedua lengan direntangkan. 3) Hitungan kedua, kedua lengan diayun atau diangkat hingga kedua lengan tepuk tangan di atas kepala. 4) Hitungan ketiga, kedua lengan kembali direntangkan ke samping. 5) Hitungan keempat, kaki kanan dirapatkan kembali ke kaki kiri dan kedua lengan merapat di samping badan. 6) Hitungan ke-5, ke-6, ke-7, dan ke-8 gerakannya sama, tetapi kaki kiri digeser ke kiri. 7) Posisi akhir, berdiri tegak kedua kaki rapat dan kedua lengan merapat di samping tubuh. 8) Gerakan ini dilakukan selama 2 × 8 hitungan.

Aktivitas Belajar Gerak Ritmik Ayunan Lengan

Cobalah kalian lakukan dan analisis langkah kaki gerak ritmik berikut ini:

1) Buatlah kelompok masing-masing 6 orang, kemudian tentukan masing masing untuk melakukan gerak ritmik ayunan lengan untuk tiga gerakan sesuai gerak ritmik ayunan lengan yang dijelaskan diatas. 2) Untuk gerak ritmik ayunan lengan tiap siswa boleh memakai iringan musik yang sesuai. 3) Tiap siswa setelah selesai lalu mempresentasikannya dalam kelompok untuk dipelajari bersama. 4) Kalian dapat melakukan gerak ritmik tersebut dengan waktu tertentu atau tergantung dengan banyaknya gerakan yang dilakukan. 5) Pergantian peran tiap gerakan dapat dilakukan untuk memberikan kesempatan pada semuanya. 6) Susunlah langkah-langkah sistimatis untuk melakukan gerak ritmik ayunan lengan dengan benar dan baik sesuai ketentuan yang ada. 7) Lakukan gerak ritmik ayunan lengan itu dengan sungguhsungguh, menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

8) Peserta didik melakukan pembelajaran gerak dengan menerapkan nilai kerjasama, toleransi, santun, dan displin.

Ini hanya sebagian kecil yang di share dari ilmu tentang gerakan ritmik pada bagian lengan, dan untuk lebih jelasnya kalian bisa mencari referensi lain untuk menambah pengetahuannya .

Itulah tentang gerakan ritmik pada bagian lengan dengan aktivitas yang kalian bisa pelajari di sekolah maupun di rumah, dan jangan lupa belajar dengan semangat dan kebersamaan.

terima kasih telah mengunjungi web kami, semoga hadirnya mediasiswa menjadi sebuah tempat belajar yang efektif dan edukatif serta bisa menjadi sumber referensi .

Sekali lagi terima kasih .

Menganalisis Senam Ritmik Gerak Ayunan Lengan | medsis | 4.5