Sejarah Khalifah Islam Abu Bakar Ash Shiddiq

Sejarah Khalifah Islam Abu Bakar Ash Shiddiq

Sejarah Khalifah – Ketahuilah bahwa al-Khulaf±’u ar-R±syidµn artinya pemimpin yang diberikan petunjuk oleh Allah Swt. Al-Khulaf±’u ar-R±syidµn adalah pengganti Rasulullah saw. Mereka berjumlah empat orang, yaitu Abu Bakar as-Siddiq, Umar bin Kha¯¯±b, ‘Usman bin Aff±n, dan Ali bin Abi °±lib Tercatat dalam sejarah peradaban manusia, bahwa al-Khulaf±’u ar-R±syidµn adalah pribadi-pribadi terbaik hasil didikan Rasulullah saw.

Sejarah Khalifah – Mereka telah teruji kehebatan dan kepiawaiannya sebagai teladan dalam kepemimpinan untuk membangun peradaban lslam yang lebih maju. Tidak ada pemimpin-pemimpin dunia saat ini yang menghasilkan bangunan peradaban yang dapat disejajarkan dengan mereka. Mereka memiliki sifat-sifat terpuji yang patut menjadi teladan umat Islam zaman sekarang.

Sejarah Khalifah

Sejarah Khalifah

Sejarah Khalifah

Sejarah Khalifah – Pengabdiannya kepada agama tidak disangsikan lagi. Kepeduliaannya terhadap sesama, membuat pribadi-pribadi ini dicintai oleh rakyatnya. Kesemuanya itu adalah orang-orang yang setia dengan Rasulullah saw. di saat susah maupun senang. Mereka memiliki akhlak mulia karena mereka selalu meneladani akhlak Rasulullah saw.

Sejarah Khalifah – Abu Bakar As-Sid³q lahir pada tahun 573 M dari sebuah keluarga terhormat di Mekah dua tahun satu bulan setelah kelahiran Nabi Muhammad saw. Nama aslinya adalah Abdullah ibn Abu Kuhafah. Ia mendapat gelar as-Sidd³q setelah masuk Islam. Abu Bakar diberi gelar oleh Rasulullah saw. “as-Sidd³q”, artinya yang benar. Mengapa beliau mendapat gelar seperti ini?

Sejarah Khalifah – Ketika itu, Rasulullah saw. melakukan Isra’ Mi’r±j, yaitu melakukan perjalanan malam dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Palestina dan naik ke langit sampai ke Sidratul Muntah± dalam waktu sepertiga malam. Pada peristiwa itu Rasulullah saw. diberi tugas oleh Allah berupa £alat lima kali sehari semalam. Ketika berita ini disampaikan kepada orang-orang kafir Mekah, serentak orang-orang kafir Mekah tidak mempercayainya, bahkan mereka menganggap bahwa Nabi Muhammad saw. melakukan kebohongan. Akan tetapi, Abu Bakar langsung membenarkan apa yang dikatakan oleh Nabi tersebut.

Abu Bakar as-Sidd³q Bijaksana dan Tegas

Abu Bakar as-Sidd³q termasuk as-S±biqµn al-awaalµn, yaitu orang-orang yang pertama masuk Islam. Ketika ia masuk Islam, seluruh harta dan jiwanya dikorbankan untuk membela agama Islam yang pada saat itu masih belum berkembang. Dengan kegigihan dan keuletannya, beliau setia mendampingi Nabi Muhammad saw. untuk selalu berdakwah mengajarkan ajaran Islam. Abu Bakar as-Sidd³q selalu dicaci-maki oleh musuh-musuhnya gara-gara mengikuti agama Islam. Akan tetapi, Abu Bakar tetap saja setia bahkan sampai pada saat Rasulullah saw. mau hijrah, ia tetap setia mendampinginya, meskipun rintangan yang dihadapinya sangat berat. Abu Bakar as-Sidd³q sudah memberi contoh yang baik.

Ia selalu mengorbankan jiwa dan raganya hanya untuk kejayaan Islam. Ia juga patuh pada ajaran agamanya. Kita yang sudah mengenal Islam sejak kecil, sejak sekolah taman kanak-kanak, sudah diajari tentang £alat, tentang berbuat baik, tentu sekarang tinggal mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus yakin jika kita dan orang lain berbuat baik, niscaya dunia ini akan aman dan tenteram, tidak akan ada lagi peperangan dan permusuhan. Pada masa Abu Bakar as-Sidd³q menjadi Khalifah, program yang terkenal adalah: 1. Memerangi orang-orang yang keluar dari Islam (murtad), 2. Memerangi orang-orang yang enggan membayar zakat, 3. Memerangi orang-orang yang mengaku nabi (nabi palsu).

Aktivitas Siswa :

1.Coba amati sifat apa saja yang dimiliki oleh khalifah Abu Bakar as-Sidd³q? 2.Coba cari penjelasan tentang: (1) tahun masa pemerintahan; (2) status atau hubungan kekeluargaannya dengan Rasulullah saw.; (3) prestasi yang dicapai; dan (4) kisah wafatnya! 3.Bagaimana cara meneladani sifat-sifatnya?

 

Sejarah Khalifah Islam Abu Bakar Ash Shiddiq | medsis | 4.5