Materi Tentang Pengertian Satelit Bumi Bulan

Materi Tentang Pengertian Satelit Bumi Bulan

Satelit Bumi Bulan

Satelit Bumi Bulan

Satelit Bumi Bulan – Bulan merupakan satu-satunya satelit alami yang dimiliki bumi. Bulan melakukan tiga pergerakan yang berpengaruh pada peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi.

1. Bentuk Fisik Bulan Sebagai satelit, bulan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari planet. Dibandingkan dengan bumi, diameter bulan adalah 0,25 kali diameter bumi (sekitar 476 km) dan massanya adalah 1 : 8. Ketidakberadaan atmosfer di bulan menyebabkan tidak adanya kehidupan di sana. Selain itu, tabrakan bulan dengan benda langit lain pun tidak bisa dihindarkan. Akibatnya, bagian permukaan bulan tidak seperti yang tampak dari bumi. Permukaan bulan dipenuhi oleh kawah-kawah dengan diameter yang bervariasi. Sebagian besar kawah ini terjadi karena hujan meteor. Selain itu, karena tidak adanya atmosfer di bulan, suhu bulan dapat mencapai 110° C saat terkena matahari dan -170° C saat sinar matahari tidak mengenainya.

Satelit Bumi Bulan

2. Gerakan dan Fase Bulan Sebagai satelit, bulan melakukan tiga jenis gerakan, yaitu berotasi terhadap porosnya, berevolusi mengelilingi bumi, dan bersama bumi berevolusi mengelilingi matahari. Waktu yang dilalui oleh bulan untuk berevolusi mengelilingi bumi disebut satu bulan sideris, yaitu selama 27,33 hari perhitungan bumi. Tetapi, waktu yang diperlukan bulan untuk beredar dari keadaan bulan baru dan kembali ke keadaan bulan baru lagi disebut sebagai satu bulan sinodis atau satu bulan komariah, yaitu 29,5 hari. Setiap malam kita melihat bulan, kita akan mendapatkan bentuk penampakan bulan yang berbeda-beda dan berulang membentuk sebuah siklus. Perubahan bentuk penampakan bulan ini disebut siklus fase-fase bulan. Fase-fase ini terjadi sesuai dengan sinar yang dipantulkannya ke bumi.

Satelit Bumi Bulan – Ketika bulan berada di antara matahari dan bumi, sisi bulan yang tidak terkena matahari akan menghadap ke bumi sehingga bulan tidak nampak di bumi. Fase ini dinamakan fase bulan baru. Sesuai pergerakan yang terjadi, bulan lambat laun akan nampak diawali dengan bentuk sabit. Bulan dalam bentuk ini dinamakan bulan sabit. Bagian bulan yang nampak di bumi akan terus bertambah hingga membentuk bulan separuh. Bulan akan terus mengembang dengan menampakan bagian yang lebih besar hingga membentuk bulatan yang penuh. Saat itu seluruh bagian bulan telah nampak ke bumi. Bulan yang seperti ini dinamakan bulan purnama. Posisi bulan saat purnama tepat berlawanan dengan bulan baru. Setelah mencapai purnama, bulan kembali menyusut melewati bulan separuh, bulan sabit, hingga kembali pada bulan baru. Fase ini akan terus berulang selama revolusi bulan terhadap bumi dan matahari terjadi.

Satelit Bumi Bulan

3. Penanggalan Berdasarkan waktu satu bulan sinodis ini, disusunlah penanggalan yang disebut dengan tahun komariah atau tahun hijriah. Pada penanggalan ini, jumlah hari selama satu tahun komariah adalah 354 hari. Karena waktu satu bulan sinodis adalah 29,5 hari, maka jumlah hari pada tiap-tiap bulan di tahun komariah berselang-seling antara 29 hari dan 30 hari. Selain penanggalan komariah, kita pun mengenal penanggalan masehi. Penanggalan ini berdasarkan pada periode rotasi dan revolusi bumi. Pada penanggalan ini, tahun yang habis dibagi empat disebut dengan tahun kabisat, yakni tahun yang jumlah harinya 366 hari dan yang lainnya disebut tahun basit.

Satelit Bumi Bulan

4. Gerhana Akibat pergerakan yang dilakukan oleh bulan dan bumi, suatu saat akan terjadi peristiwa yang disebut gerhana. Berdasarkan posisi matahari-bumi-bulan, dikenal dua jenis gerhana, yaitu gerhana matahari dan gerhana bulan. Gerhana bulan adalah situasi terhalangnya sinar matahari yang menuju bulan oleh bumi. Sedangkan, gerhana matahari adalah situasi terhalangnya sinar matahari menuju bumi oleh bulan.

Gerhana dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gerhana total dan gerhana parsial. Gerhana total terjadi jika benda yang menjadi tujuan sinar matahari berada pada daerah umra. Sedangkan, gerhana sebagian atau gerhana parsial terjadi jika benda yang menjadi tujuan datangnya sinar matahari berada pada daerah penumbra.

Satelit Bumi Bulan

Gerhana matahari total hanya berlangsung selama 6 menit, sementara gerhana bulan total dapat terjadi selama 2 jam.

5. Pasang Surut Air Laut Peristiwa naik atau turunnya air laut dari keadaan normal (garis pantai) disebut dengan pasang atau surut. Air laut mengalami pasang surut sebanyak dua kali dalam satu hari. Peristiwa ini terjadi akibat adanya pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Karena jarak bulan lebih dekat daripada jarak matahari ke bumi, maka gaya gravitasi bulan memiliki pengaruh yang lebih besar daripada gravitasi matahari terhadap peristiwa pasang surut ini.

1. Jelaskan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh bulan sebagai satelit! 2. Jelaskan aturan penanggalan berdasarkan waktu satu bulan sinodis! 3. Jelaskan proses terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari!

• Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari, planet-planet yang berputar mengelilingi matahari, komet, dan asterioid, serta benda-benda langit lainnya. • Bintang adalah anggota tata surya yang mampu memancarkan cahaya sendiri. • Nama-nama planet anggota tata surya adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. • Satelit adalah benda langit anggota tata surya yang selalu mengiringi planet sehingga disebut sebagai pengiring planet. • Asteroid adalah benda angkasa yang berupa pecahan kecil dan terletak pada garis edar yang berada di antara planet Mars dan Jupiter. • Komet adalah benda langin berukuran kecil yang tersusun atas sejumlah partikel-partikel kecil bebatuan, kristal, es, dan gas. • Meteor adalah benda angkasa yang bergerak cepat dengan lintasan yang tak beraturan. • Besarnya energi matahari yang berasal dari reaksi fusi dapat dihitung dengan rumus: E = m ⋅ c2 • Spektrum matahari adalah gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh matahari. • Batu-batuan di bumi dapat dikelompokkan menjadi batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. • Pelapukan adalah perubahan yang terjadi pada batuan akibat adanya kontak atau interaksi dengan atmosfer, hidrosfer, maupun biosfer. • Pengaruh dari rotasi bumi adalah adanya pergantian siang dan malam, terjadinya gerak semu matahari, dan perbedaan waktu. • Peristiwa yang merupakan pengaruh dari revolusi bumi adalah pergantian musim, perubahan lamanya siang dan malam, dan gerak semu matahari. • Dampak negatif dari perkembangan teknologi terhadap lingkungan adalah kebocoran lapisan ozon, hujan asam, dan efek rumah kaca. • Satu bulan sideris adalah waktu yang dilalui oleh bulan untuk berevolusi mengelilingi bumi, yaitu selama 27,33 hari perhitungan bumi. • Satu bulan sinodis atau komariah adalah waktu yang diperlukan bulan untuk beredar dari keadaan bulan baru dan kembali ke keadaan bulan baru lagi, yaitu 29,5 hari. • Gerhana bulan adalah situasi terhalangnya sinar matahari yang menuju bulan oleh bumi. • Gerhana matahari adalah situasi terhalangnya sinar matahari menuju bumi oleh bulan.

Setelah kamu mempelajari tentang tata surya, coba kamu jelaskan kembali sistem tata surya dan benda-benda yang merupakan anggota tata surya! Bagian mana yang belum kamu mengerti? Diskusikanlah bersama guru dan temanmu! Manfaat apa yang kamu peroleh setelah mempelajarinya?

1. Pusat dari tata surya adalah …. a. bintang b. matahari c. bumi d. bulan 2. Pengelompokan planet berdasarkan ukuran dan komposisinya adalah …. a. planet dalam dan luar b. planet besar dan kecil c. planet terestial dan jovian d. planet inferior dan superior 3. Berikut ini adalah pernyataan yang benar mengenai massa Merkurius, kecuali …. a. 27 kali massa bumi b. 3 kali massa mars c. 0,2 kali massa uranus d. 0,09 kali massa Jupiter 4. Lintasan edar asteroid berada di antara planet …. a. Bumi dan Mars b. Mars dan Jupiter c. Jupiter dan Saturnus d. Bumi dan Jupiter 5. Lapisan matahari yang berfungsi sebagai selimut untuk meminimalisir energi yang hilang dari matahari adalah …. a. fotosfer b. inti matahari c. kromosfer d. korona 6. Lapisan bumi yang tersusun oleh batu-batuan adalah …. a. litosfer b. fotosfer c. atmosfer d. daratan 7. Satelit LANDSAT dan Vaguard milik Amerika merupakan satelit buatan yang berfungsi untuk …. a. pencitraan sumber daya alam b. mengetahui cuaca c. alat komunikasi d. penentu posisi 8. Berikut ini yang tidak dipengaruhi oleh revolusi bumi adalah …. a. pergantian musim b. lamanya siang dan malam c. waktu di bagian bumi d. lokasi kemunculan benda langit setiap bulan 9. Yang merupakan tahun kabisat adalah tahun …. a. 2002 b. 2004 c. 2006 d. 2010 10. Posisi yang tepat saat terjadi gerhana matahari adalah …. a. bumi – bulan – matahari b. bulan – bumi – matahari c. bulan – matahari – bumi d. bumi – matahari – bulan

1. Kota A terletak pada 35° BB dan kota B terletak di 15° BT, tentukanlah: a. kota yang terlebih dahulu mengalami tengah malam? Jelaskan! b. waktu di kota B jika waktu yang ditunjukkan oleh jam di kota tersebut adalah pukul 21.30. 2. Jelaskanlah bagaimana proses berikut ini terjadi! a. pembentukan tanah b. pelapukan 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasang surut dan peristiwa yang mempengaruhinya! 4. Tuliskanlah: a. anggota tata surya dan penjelasannya secara singkat b. jenis-jenis batuan dan proses terbentuknya c. pengertian dan pengaruh rotasi serta revolusi bumi d. manfaat energi matahari dan jenis spektrumnya 5. Jelaskan bagaimana penanggalan disusun!

1. Berdasarkan pengertian dari benda-benda yang termasuk anggota tata surya, coba kamu sebutkan persamaan dan perbedaan di antara benda-benda tersebut! 2. Sebutkan peristiwa-peristiwa yang termasuk pelapukan fisika dan pelapukan kimia! Mengapa kamu mengelompokkan peristiwa tersebut ke dalam pelapukan fisika atau pelapukan kimia? 3. Pemanasan global yang terjadi di bumi kita sekarang ini merupakan dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurutmu, faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya pemanasan global di bumi? Bagaimana cara untuk mengatasinya? Jelaskan! Diskusikan dengan teman sekelompokmu!

Materi Tentang Pengertian Satelit Bumi Bulan | medsis | 4.5