Taktik dan Strategi dalam Permainan Sepak bola Pembelajaran

Taktik dan Strategi dalam Permainan Sepak bola Pembelajaran

Permainan Sepak bola Pembelajaran  – Strategi adalah siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat, dan sesudah melakukan permainan/pertandingan, seperti: persiapan situasi dan kondisi tempat, peralatan, dan makanan (non-teknis) dan sistem, pola, tipe bertahan, dan menyerang, baik yang bersifat individu, grup maupun tim (teknis).

Permainan Sepak bola Pembelajaran  – Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai di dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif guna mencari kemenangan. Atau dengan kata lain taktik adalah siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang telah dimilikinya.

Permainan Sepak bola

Permainan Sepak bola

Permainan Sepak bola Pembelajaran  – Permainan sepakbola termasuk permainan yang bersifat invasi karena penyerangan dan pertahanan harus senantiasa dilakukan secara berkesinambungan.

Oleh karena itu, taktik dan strategi penyerangan dan pertahanan dalam permainan sepakbola akan dipelajari dalam pelajaran ini.

1. Menganalisis Taktik dan Strategi dalam Permainan Sepakbola a. Analisis Taktik dan Strategi Penyerangan dalam Permainan Sepakbola Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif. Taktik penyerangan dalam permainan sepakbola meliputi: menjaga kepemilikan bola, memasukkan bola ke gawang lawan, menciptakan ruang dan menggunakan ruang dalam penyerangan.

Agar kalian memahami taktik dan strategi penyerangan dalam permainan sepakbola, lakukanlah aktivitas belajar berikut ini:

1) Aktivitas Belajar I

Permainan Sepakbola Pembelajaran  – Cobalah kalian lakukan dan analisis permainan 4 lawan 3 berikut ini: a) Buatlah kelompok masing-masing 7 orang, kemudian tentukan 4 orang sebagai penyerang, 2 orang sebagai bertahan, dan 1 orang sebagai penjaga gawang. b) Buatlah lapangan dengan ukuran 5 x 5 meter dengan satu gawang. c) Pemain penyerang berusaha menguasasi bola dan menyerang ke gawang, sedangkan pemain bertahan berusaha merebut dan menghalangi bola dan penjaga gawang berupaya menangkap dan menghalau bola yang datang ke gawang. d) Kalian dapat melakukan permainan tersebut dengan waktu tertentu atau tergantung dengan banyaknya bola yang masuk ke gawang. e) Pergantian peran penyerang, bertahan, dan penjaga gawang dapat dilakukan untuk memberikan kesempatan pada semuanya. f) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

2) Aktivitas Belajar II

Permainan Sepakbola Pembelajaran  – Cobalah kalian lakukan dan analisis permainan 6 lawan 5 berikut ini: a) Buatlah kelompok masing-masing 11 orang, kemudian tentukanlah 6 orang sebagai penyerang, 4 orang sebagai pemain bertahan, dan 1 orang sebagai penjaga gawang. b) Buat lapangan dengan ukuran 9 x 9 meter dengan satu gawang. c) Penyerang melakukan serangan dengan menguasai bola, menciptakan dan menggunakan ruang, dan mencetak gol. Siswa yang bertahan berupaya untuk merebut dan menghalau bola. Penjaga gawang berupaya agar gawangnya tidak kemasukan bola. d) Lakukan permainan itu sehingga terjadi gol ke gawang dengan memastikan yang menjadi penyerang menerapkan kerjasama, toleransi, dan disiplin ketika menyerang gawang, begitu pula dengan yang bertahan dan penjaga gawang. e) Kalian dapat melakukan permainan tersebut dengan waktu tertentu atau berdasarkan dengan banyaknya bola yang masuk ke gawang. f) Pergantian peran penyerang, bertahan, dan penjaga gawang dapat dilakukan untuk memberikan kesempatan pada semuanya.

 Analisis Taktik dan Strategi Pertahanan dalam Permainan Sepakbola

Taktik pertahanan merupakan suatu siasat yang dilakukan baik perorangan, grup, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan atau merebut bola dari lawan agar tidak mengalami kekalahan dalam pertandingan. Taktik pertahanan dalam permainan sepakbola meliputi: mempertahankan ruang, mempertahankan daerah gawang, dan merebut bola.

Agar kalian memahami taktik dan strategi pertahanan dalam permainan sepakbola, lakukanlah aktivitas belajar berikut ini:

1) Aktivitas Belajar I

Cobalah kalian lakukan dan analisis permainan 2 lawan 4 berikut ini: a) Buatlah kelompok masing-masing 7 orang, kemudian tentukan 2 orang sebagai penyerang, 3 orang sebagai tim bertahan, dan 1 orang sebagai penjaga gawang. b) Buatlah lapangan dengan ukuran 5 x 5 meter dengan satu gawang. c) Pemain penyerang berusaha menyerang ke gawang, sedangkan pemain bertahan berusaha untuk mempertahankan ruang, mempertahankan daerah gawang, dan merebut bola dan penjaga gawang berupaya menangkap dan menghalau bola yang datang ke gawang. d) Kalian dapat melakukan permainan tersebut dengan waktu tertentu atau berdasarkan dengan banyaknya bola yang masuk ke gawang. e) Pergantian peran penyerang, bertahan, dan penjaga gawang dapat dilakukan untuk memberikan kesempatan pada semuanya. f) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh dan menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

2) Aktivitas Belajar II

Cobalah kalian lakukan dan analisis permainan 3 lawan 5 berikut ini: a) Buatlah kelompok masing-masing 8 orang, kemudian tentukanlah 3 orang sebagai penyerang, 4 orang sebagai bertahan, dan 1 orang sebagai penjaga gawang. b) Buat lapangan dengan ukuran 9 x 9 meter dengan satu gawang. c) Penyerang melakukan serangan ke gawang. Siswa yang bertahan berupaya untuk mempertahankan ruang, mempertahankan daerah gawang, dan merebut bola. Penjaga gawang berupaya agar gawangnya tidak kemasukan bola. d) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin. e) Kalian dapat melakukan permainan tersebut dengan waktu tertentu atau berdasarkan dengan banyaknya bola yang masuk ke gawang. f) Pergantian peran penyerang, bertahan, dan penjaga gawang dapat dilakukan untuk memberikan kesempatan pada semuanya.

 

Taktik dan Strategi dalam Permainan Sepak bola Pembelajaran | medsis | 4.5