Merancang Taktik dan Strategi Permainan Badminton

Merancang Taktik dan Strategi Permainan Badminton

Permainan Badminton

a. Rancangan Taktik dan Strategi Penyerangan dalam Permainan bulutangkis

Permainan Badminton – Pada sub-bab sebelumnya kalian sudah dapat menganalisis dan mengidentifikasi berbagai taktik dan strategi penyerangan dalam permainan softball sederhana. Pada sub-bab ini, kalian diharapkan dapat merancang taktik dan strategi penyerangan dalam permainan bulutangkis yang sederhana. Pelajari dan perhatikanlah aktivitas belajar berikut ini:

1) Aktivitas Belajar

Permainan Badminton

Permainan Badminton

Permainan Badminton – Cobalah kalian lakukan permainan 1 lawan 1 berikut ini dan rancanglah taktik dan strategi penyerangan untuk mendapatkan point sebanyak-banyaknya: a) Buatlah berpasangan, kemudian tentukan 1 orang sebagai bertahan, 1 orang sebagai penyerang b) Bermainlah pada lapangan bulutangkis yang sebenarnya. c) Pemain penyerang berusaha menyerang ke daerah lawan, sedangkan pemain bertahan berusaha mengembalikan bola agar kembali ke daerah lawan dan tidak jatuh di daerah sendiri. d) Kalian dapat melakukan permainan tersebut dengan waktu tertentu atau dengan menggunakan system point dalam permainan bulutangkis. e) Pergantian peran penyerang dan bertahan dapat dilakukan untuk memberikan kesempatan pada semuanya. f) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

Rancangan Taktik dan Strategi Pertahanan Bulutangkis

Permainan Badminton – Pada sub-bab sebelumnya kalian sudah dapat menganalisis dan mengidentifikasi berbagai taktik dan strategi pertahanan dalam permainan bulutangkis sederhana. Pada sub-bab ini, kalian diharapkan dapat merancang taktik dan strategi penyerangan dalam permainan bulutangkis yang sebenarnya.

Pelajari dan perhatikanlah aktivitas belajar permainan 2 lawan 2 berikut ini:

1) Buatlah kelompok secara berpasangan, kemudian tentukan 1 pasangan sebagai penyerang, 1 pasangan sebagai bertahan 2) Bermainlah pada lapangan permainan bulutangkis yang sebenarnya. 3) Pemain penyerang berusaha menyerang ke daerah lawan, sedangkan pemain bertahan berusaha mengembalikan bola agar kembali ke daerah lawan dan tidak jatuh di daerah sendiri. 4) Kalian dapat melakukan permainan tersebut dengan waktu tertentu atau menggunakan sistem point permainan bulutangkis. 5) Pergantian peran penyerang dan bertahan dapat dilakukan untuk memberikan kesempatan pada semuanya. 6) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

Mengevaluasi Taktik dan Strategi dalam Permainan Bulutangkis

Permainan Badminton – Setelah kalian menganalisis dan merancang taktik dan srategi dalam berbagai permainan bulutangkis, selanjutnya kalian harus dapat menilai penampilan bermain diri sendiri dan teman dalam menerapkan taktik dan strategi penyerangan yang dilakukan saat melakukan permainan. Lakukan aktivitas belajar berikut ini: 1) Amati dan perhatikanlah temanmu yang sedang bermain permainan bulutangkis. 2) Siapkanlah lembar penilaian penampilan bermain untuk diri sendiri dan temanmu

…………. Skor : 4= Penampilan Baik 3= Penampilan Cukup 2= Penampilan Kurang 1= Penampilan Kurang Sekali

3) Lakukan penilaian terhadap penampilan dirimu sendiri dan temanmu ketika melakukan permainan bulutangkis. 4) Diskusikan hasil penilaianmu dengan teman-temanmu dalam satu tim. 5) Kemukakan hasil diskusi penilaianmu dalam satu tim kepada tim lain dalam satu kelas. 6) Berikan saran saran perbaikan pada temanmu.

Ringkasan

Bulutangkis merupakan permainan individu atau berpasangan. Tujuannya adalah mengumpukan nilai lebih banyak dari lawan pada setiap set/permainannya. Permainan bulutangkis memerlukan taktik dan srategi penyerangan dan pertahanan untuk dapat memenangkan permainan.

Penyerangan yang baik adalah mengunakan tenaga sekecil mungkin untuk mendapatkan poin atau mengalahkan lawan maka diperlukan analisis taktik dan strategi dalam bermain agar dapat merealisasikan penyerangan. Taktik yang digunakan antara lain dengan menerapkan pola Front and Back, Slide By Slide dan pola Roulier, sedangkan teknik yang dapat digunakan dalam penyerangan pukulan service, pukulan drive, pukulan drop short, pukulan netting, pukulan smash dan pukulan lob. Pola pertahanan antara lain dengan menerapkan pola Front and Back, Slide By Slide dan pola Roulier. Kebanyakan permaianan rally mengharuskan pemain mahir melakukan pukulan lob.

Merancang Taktik dan Strategi Permainan Badminton | medsis | 4.5