Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik

Perlombaan Atletik – Atletik merupakan aktivitas jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar.

Perlombaan dalam atletik memerlukan taktik dan strategi dalam memenangkan pertandingan. Taktik dan strategi dalam perlombaan atletik terdiri dari 2 yaitu taktik dan strategi individu dan kelompok/tim.

Perlombaan Atletik

Perlombaan Atletik

Perlombaan Atletik – Dalam pelajaran ini kita akan menganalisi taktik dan strategi dalam perlombaan atletik.

1. Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Jalan Cepat Dalam jalan cepat adalah dapat mengatasi jarak tertentu dengan waktu sesedikit mungkin dengan berjalan atau tidak melanggar dalam aturan perlombaan. Taktik dan strategi yang dipakai adalah taktik dan strategi individu. Pada perlombaan jalan cepat diperlukan taktik dan strategi yang baik agar dapat memenangkan pertandingan. Maka diperlukan analisis yang tepat. Diantaranya saat start, langkah, kecondongan badan, lintasan lurus, lintasan tikungan, jarak, ayunan tangan dan finish. Dalam pelajaran ini kita akan menganalisis taktik dan strategi dalam perlombaan jalan cepat.

Agar kalian memahami taktik dan strategi

Perlombaan Atletik – perlombaan jalan cepat, lakukanlah aktivitas belajar berikut ini:

1) Aktivitas Belajar I

Perlombaan Atletik – Cobalah kalian lakukan dan analisis gerakan jalan cepat, berikut ini: a) Buatlah kelompok masing-masing 5 orang b) Buatlah lintasan dengan ukuran 10 x 1 meter dengan satu simpai di finish. c) Berjalanlah mencapai garis finish, setelah itu badan masuk simpai, lalu di letakan kembali d) Pejalan kedua dan seterusnya berjalan setelah simpai di letakan kembali. e) Kalian dapat melakukan perlombaan tersebut dengan jarak tertentu atau tergantung dengan luas area lintasan. f) Kelompok yang selesai terlebih dahulu dinyatakan pemenang. g) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, sambil disiplin.

Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Lari Lari berbeda dengan jalan karena ada saat kaki melayang di udara. Dalam lari kita memerlukan taktik dan strategi dalam memenangkan perlombaan. Hal-hal yang diperhatikan dalam perlombaan adalah start, langkah kaki, posisi badan, ayunan tangan dan saat finish. maka diperlukan taktik dan strategi untuk dapat memenangkan pertandingan. Taktik dan strategi yang digunakan ada individu dan kelompok. Dalam pelajaran ini kita akan menganalisis taktik dan strategi dalam perlombaan lari. Agar kalian memahami taktik dan strategi perlombaan lari, lakukanlah aktivitas belajar berikut ini:

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

1) Aktivitas Belajar

Perlombaan Atletik – Cobalah kalian lakukan dan analisis perlombaan lari secara berestafet: a) Buatlah kelompok masing-masing 4 orang b) Buatlah lintasan dengan ukuran 30 x 1 meter dengan tanda garis start dan finish. c) Pemain berlari mencapai garis finish, setelah itu melewati garis finish dan cone, lalu kembali ke garis start. d) Pelari kedua dan seterusnya berlari setelah mendapat tepukan dari pelari. e) Kalian dapat melakukan perlombaan tersebut dengan jarak tertentu atau tergantung dengan luas area lintasan. f) Kelompok yang selesai terlebih dahulu dinyatakan pemenang. g) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin

Menganalisis Taktik dan Strategi Perlombaan Lompat

Lompat jauh adalah salah satu daripada cabang atletik. Lompat dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak, tinggi, dan rintangan sejauh-jauhnya, setinggi-tingginya. Tujuan utama lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya.

Dalam lompat jaut terdapat beberapa gaya yang umum dilakukan oleh para pelompat jauh profesional yang tingkat keberhasilannya telah terukur dan teruji. Agar kalian memahami taktik dan strategi perlombaan lompat simpai, lakukanlah aktivitas belajar berikut ini:

1) Aktivitas Belajar I Cobalah kalian lakukan dan analisis perlombaan lompat simpai secara berestafet: a) Buatlah kelompok masing-masing 4 orang b) Buatlah litasan dengan 4 simpai/lingkaran. c) Pemain melompati masuk di dalam simpai sampai simpai ke 4. d) Pelompat kedua dan seterusnya melompat setelah pelompat pertama selesai.  e) Kalian dapat melakukan perlombaan tersebut dengan simpai tertentu atau tergantung dengan luas area dan banyak simpai. f) Kelompok yang selesai terlebih dahulu dinyatakan pemenang. g) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

2) Aktivitas Belajar II

Cobalah kalian lakukan dan analisis perlombaan lompat simpai melewati peti secara berestafet: a) Buatlah kelompok masing-masing 4 orang b) Buatlah litasan dengan 4 simpai/lingkaran. c) Pemain melompati masuk di dalam simpai sampai simpai ke 4 lalu melewati peti. d) Pelompat kedua dan seterusnya melompat setelah pelompat pertama selesai. e) Kalian dapat melakukan perlombaan tersebut dengan simpai tertentu atau tergantung dengan luas area dan banyak simpai. f) Kelompok yang selesai terlebih dahulu dinyatakan pemenang. g) Lakukan permainan itu dengan sungguh-sungguh sambil menerapkan nilai sportivitas, kerjasama, toleransi, dan disiplin.

 

Taktik dan Strategi Perlombaan Atletik | medsis | 4.5