Peristiwa Hijrah Kaum Muslimin

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

1. Hijrah ke Abisinia (Habsyi)
Untuk menghindari bahaya penyiksaan, Nabi Muhammad saw.
menyarankan para pengikutnya untuk hijrah ke Abisinia (Habsyi). Para sahabat
pergi ke Abisinia dengan dua kali hijrah. Hijrah pertama sebanyak 15 orang;
sebelas orang laki-laki dan empat orang perempuan. Mereka berangkat
secara sembunyi-sembunyi dan sesampainya di sana, mereka mendapatkan
perlindungan yang baik dari Najasyi (sebutan untuk Raja Abisinia). Ketika
mendengar keadaan Mekah telah aman, mereka pun kembali lagi. Namun,
mereka kembali mendapatkan siksaan melebihi dari sebelumnya. Karena itu,
mereka kembali hijrah untuk yang kedua kalinya ke Abisinia (tahun kelima dari
kenabian atau tahun 615 M). Kali ini mereka berangkat sebanyak 80 orang lakilaki,
dipimpin oleh Ja’far bin Abi °alib. Mereka tinggal di sana hingga sesudah
Nabi hijrah ke Ya¡rib (Madinah). Peristiwa hijrah ke Abisinia ini dipandang
sebagai hijrah pertama dalam Islam.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Peristiwa hijrah ke Abisinia ini sungguh tidak menyenangkan kaum
Quraisy dan menimbulkan kekhawatiran yang sangat besar. Ada dua hal yang
dikhawatirkan oleh kaum Quraisy, yaitu: pertama, kaum muslimin akan dapat
menjalin hubungan yang luas dengan masyarakat Arab; kedua, kaum muslimin
akan menjadi kuat dan kembali ke Mekah untuk menuntut balas. Oleh karena
itu, mereka mengutus Amr bin ‘A¡ dan Abdullah bin Rabi’ah kepada Najasyi
agar mau menyerahkan kaum muslimin yang berhijrah ke sana. Dengan
mempersembahkan hadiah yang besar kepada Najasyi, kedua utusan itu
berkata, “Paduka Raja, mereka yang datang ke negeri tuan ini adalah budakbudak
kami yang tidak punya malu. Mereka meninggalkan agama nenek
moyang mereka dan tidak pula menganut agama Paduka (Kristen); mereka
membawa agama yang mereka ciptakan sendiri, yang tidak kami kenal dan sahara_morroco
tidak juga Paduka. Kami diutus oleh pemimpin-pemimpin mereka, orangorang
tua mereka, paman-paman mereka, dan keluarga-keluarga mereka
supaya Paduka sudi mengembalikan orang-orang itu kepada pemimpinpemimpin
kami. Mereka lebih tahu betapa orang-orang itu mencemarkan dan
mencerca agama mereka.”
Najasyi kemudian memanggil kaum muslimin dan bertanya kepada
mereka, “Agama apa ini yang sampai membuat tuan-tuan meninggalkan
masyarakat tuan-tuan sendiri?” Kaum muslimin yang diwakili oleh Ja’far
bin Abi °alib menjawab, “Paduka Raja, masyarakat kami masyarakat yang
bodoh, menyembah berhala, memakan bangkai, melakukan berbagai macam
kejahatan, memutuskan hubungan dengan kerabat, tidak baik dengan
tetangga; yang kuat menindas yang lemah. Demikianlah keadaan masyarakat
kami hingga Allah Swt. mengutus seorang rasul dari kalangan kami sendiri
yang kami kenal asal usulnya, jujur, dapat dipercaya, dan bersih. Ia mengajak
kami hanya menyembah kepada Allah Swt. Yang Maha Esa, meninggalkan
batu-batu dan patung-patung yang selama ini kami dan nenek moyang kami sembah. Ia melarang kami berdusta, menganjurkan untuk berlaku
jujur, menjalin hubungan kekerabatan, bersikap baik kepada tetangga, dan
menghentikan pertumpahan darah. Ia melarang kami melakukan segala
perbuatan jahat, menggunakan kata-kata dusta dan keji, memakan harta
anak yatim, dan mencemarkan nama baik perempuan yang tak bersalah. Ia
meminta kami menyembah Allah Swt. dan tidak mempersekutukan-Nya. Jadi,
yang kami sembah hanya Allah Swt. Yang Tunggal, tidak mempersekutukan-
Nya dengan apa dan siapa pun. Segala yang diharamkan kami jauhi dan yang
dihalalkan kami lakukan. Karena itulah kami dimusuhi, dipaksa meninggalkan
agama kami. Karena mereka memaksa kami, menganiaya dan menekan kami,
kami pun keluar menuju negeri Paduka ini. Padukalah yang menjadi pilihan
kami. Senang sekali kami berada di dekat Paduka, dengan harapan di sini tidak
ada penganiayaan”. Mendengar pernyataan yang demikian fasih dan santun, akhirnya Raja
Najasyi memberikan perlindungan kepada kaum muslimin hingga kemudian
mereka hidup untuk beberapa lama di negeri yang jauh dari tanah kelahirannya.
2. Hijrah ke Madinah
Peristiwa Ikrar Aqabah II ini diketahui oleh orang-orang Quraisy. Sejak itu
tekanan, intimidasi, dan siksaan terhadap kaum muslimin makin meningkat.
Kenyataaan ini mendorong Nabi segera memerintahkan sahabat-sahabatnya
untuk hijrah ke Ya¡rib. Dalam waktu dua bulan saja, hampir semua kaum
muslimin, sekitar 150 orang telah berangkat ke Ya¡rib. Hanya Abu bakar dan
Ali yang masih menjaga dan membela Nabi di Mekah. Akhirnya, Nabi pun
hijrah setelah mendengar rencana Quraisy yang ingin membunuhnya.
Nabi Muhammad saw. dengan ditemani oleh Abu Bakar berhijrah ke
Ya¡rib. Sesampai di Quba, 5 km dari Ya¡rib, Nabi beristirahat dan tinggal di
sana selama beberapa hari. Nabi menginap di rumah Umi Kalsum bin Hindun.
Di halaman rumah ini Nabi membangun sebuah masjid. Inilah masjid pertama
yang dibangun pada masa Islam yang kemudian dikenal dengan Masjid Quba.
Tak lama kemudian, Ali datang menyusul setelah menyelesaikan amanah yang
diserahkan Nabi kepadanya pada saat berangkat hijrah.
Ketika Nabi memasuki Ya¡rib, ia dielu-elukan oleh penduduk kota itu dan
menyambut kedatangannya dengan penuh kegembiraan. Sejak itu, nama
Ya¡rib diganti dengan Madinatun Nabi (Kota Nabi) atau sering pula disebut
dengan Madinatun Munawwarah (Kota yang Bercahaya). Dikatakan demikian
karena memang dari sanalah sinar Islam memancar ke seluruh penjuru dunia.

Peristiwa Hijrah Kaum Muslimin | medsis | 4.5