Tentang Peranan Jamur bagi Kehidupan

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Tentang Peranan Jamur bagi Kehidupan

Peranan Jamur – Udara sedemikian penuhnya dengan spora jamur sehingga setelah daun gugur atau serangga mati, jasadnya akan segera diselimuti oleh hifa jamur saprobik. Jamur telah membusukkan sampah hutan dan bangkai hewan sehingga terjadi keseimbangan dalam ekosistem. Akan tetapi, apa yang akan terjadi jika jamur menyerang buah-buahan dan berbagai alat dalam rumah kita? Dalam uraian selanjutnya akan kita pelajari mengenai jamur sebagai pengurai, jamur konsumsi, dan jamur patogen.

Peranan Jamur

Peranan Jamur

Info Biologi

Peranan Jamur – Jamur Kaya Antioksidan Jika pesan piza atau membuat salad, tambahkan jamur untuk meningkatkan pemasukan antioksidan. Antioksidan adalah zat kimia yang secara alamiah terdapat di dalam makanan yang dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab kerusakan sel di antaranya kanker. Riset baru kini menunjukkan, dalam hal antioksidan tertentu jamur mengalahkan hati ayam yang terkenal sebagai sumber antioksidan ergothioneine. Jamur kancing putih mengandung antioksidan 4 kali lebih tinggi dibandingkan hati ayam. Pemasakan tidak merusak kadar ergothioneine. Tugas Sumber: Kompas

Peranan Jamur

1. Jamur sebagai Pengurai Jamur bersama bakteri merupakan pengurai utama yang menjaga tersedianya zat hara yang sangat penting bagi pertumbuhan tumbuhan. Jamur pengurai dapat menguraikan bahan-bahan organik menjadi bahan anorganik (karbon, nitrogen). Hifanya menembus jaringan sel organisme yang telah mati. Tanpa jamur pengurai, bahan-bahan anorganik, seperti karbon, nitrogen, dan unsur-unsur lain tetap terkumpul dalam bahan organik, tidak dapat terurai. Saproba pengurai kayu dapat merusak barang-barang yang terbuat dari kayu, misalnya sampan. Selama Perang Revolusi, Inggris lebih banyak kehilangan sampan akibat jamur dibandingkan dengan yang rusak akibat serangan musuh. Panen buah-buahan juga menurun akibat jamur menyerang buahbuahan yang matang.

Peranan Jamur

2. Jamur Konsumsi Pada uraian terdahulu telah disebutkan beberapa jenis jamur yang enak dimakan, seperti jamur merang dan jamur kuping. Dapatkah kamu sebutkan contoh-contoh lain? Jamur-jamur tersebut enak rasanya dan bergizi tinggi karena jamur mengandung berbagai unsur mineral yang diperlukan tubuh (seperti kalsium, magnesium, helium, dan natrium), dan berbagai vitamin. Ada sejenis jamur yang disebut truffle, tubuh buah (askokarpus) di dalam tanah, miselia merupakan mikoriza pada akar pohon, memiliki cita rasa yang kompleks. Askokarpusnya mengeluarkan bau keras yang menarik hewan dan serangga, kemudian hewan-hewan tersebut menggalinya dan menyebarkan sporanya. Beberapa jamur liar dapat dimakan, tetapi hati-hati jika mengonsumsi jamur liar karena hanya yang ahli saja yang dapat membedakan jamur beracun dengan jamur yang dapat dimakan. Dari segi ekonomi, jamur menguntungkan karena harganya tinggi, waktu panennya singkat (1-3 bulan). Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik akan budi daya jamur. Coba kamu kunjungi perkebunan jamur yang ada di daerahmu, kumpulkan keterangan yang lebih terperinci sehingga kamu dapat membudidayakan jamur sendiri.

Peranan Jamur – Membuat Tempe Alat dan bahan: Kacang kedelai, ragi tempe, (Rhizopus sp), daun pisang/plastik, baskom, langseng, tampah. Langkah kerja 1. Kedelai dikupas kulitnya. 2. Rebus kedelai yang telah dikupas tersebut sampai hampir mendidih, kemudian direndam dalam air perebus selama 22 jam. 3. Cuci kedelai yang telah direbus untuk menghilangkan sisa-sisa kulit yang tertinggal. 4. Rebus kembali dalam air bersih selama 40 menit, tiriskan dan dinginkan. 5. Inokulasi dengan preparat jamur (1 gram per 1 kilogram kedelai). 6. Bungkus dengan kain belacu (cheese cloth) dan biarkan selama 24 jam pada suhu kamar. 7. Masukkan ke dalam kantung-kantung plastik yang berlubanglubang kecil (satu lubang pada setiap 4 cm2 ). Fermentasi berlangsung pada suhu kamar selama 14 – 16 jam. Pertanyaan 1. Jamur apa yang berperan dalam pembuatan tempe? 2. Apa yang dimaksud dengan fermentasi? 3. Perbedaan apa yang tampak antara kedelai rebus dan kedelai pada tempe.

Peranan Jamur

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

3. Jamur Patogen Tumbuhan sangat rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh jamur. Beberapa jenis jamur yang patogen telah kita ketahui dari uraian sebelumnya. Dapatkah kamu sebutkan? Beberapa tanaman yang rentan terhadap penyakit jamur, antara lain kentang, tomat, dan seledri. Jamur yang menyerang tanaman penghasil makanan bersifat toksik pada manusia. Contoh, tempe bongkrek dapat menyebabkan keracunan, jika pembuatannya kurang bersih. Hal ini karena tempe bongkrek terkontaminasi oleh jamur Pseudomonas cocovenenaus yang mengeluarkan racun. Beberapa jenis kapang yang termasuk Aspergillus (mengeluarkan aflatoksin) mengontaminasi biji-bijian yang tidak tersimpan dengan baik, aflatoksin bersifat karsinogenik. Contoh lain, sejenis askomisetes membentuk struktur berwarna ungu yang disebut ergot pada gandum hitam. Racun dari ergot menyebabkan kejang saraf, rasa terbakar, halusinasi dan kegilaan temporer. Sebaliknya toksin yang diekstrasi dari jamur sering kali memiliki khasiat medis ketika diberikan dalam dosis ringan. Contoh, suatu senyawa ergot sangat membantu mengobati tekanan darah tinggi dan menghentikan pendarahan ketika melahirkan. Jamur juga menimbulkan berbagai penyakit pada manusia, antara lain ketombe pada kepala, gatal-gatal pada kaki, panu, infeksi khamir pada vagina, dan infeksi paru-paru. Untuk obat, jamur berkhasiat sebagai antivirus, antikarsinogenik, dan penambah kebugaran tubuh (misalnya jamur lingzhi). Jamur lingzhi disebut juga jamur kayu yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, ginjal, dan saraf. Bahkan menurut peneliti jamur terkenal di Jepang, Prof. Dr. Hieroaki Nahba, Ph.D, Jamur maitake (Grifolia frondosa) mampu menghambat pertumbuhan HIV.

Rangkuman 

1. Hifa jamur membentuk suatu anyaman yang disebut miselium, yaitu merupakan jaringan “makan” dari suatu jamur. 2. Jamur merupakan organisme heterotrof yang mendapatkan makanan melalui penyerapan. 3. Jamur berkembang biak dengan spora yang dihasilkan secara aseksual atau seksual. 4. Jamur diklasifikasikan ke dalam 4 divisi, yaitu Khitridiomikotina, Zigomikotina, Askomikotina, dan Basidiomikotina. 5. Khitrid menghasilkan zoospora (spora berflagel). 6. Askomisetes membentuk spora di dalam askus, basidiomisetes membentuk spora dalam basidium. 7. Kapang adalah jamur yang miseliumnya tumbuh sebagai saproba atau parasit pada berbagai jenis substrat. 8. Khamir adalah jamur bersel satu yang menempati habitat cair dan lembap, contoh ragi (Saccharomyces cereviceae). 9. Lichen merupakan simbiosis dari alga bersel satu yang disatukan dalam jaringan hifa jamur. 10. Mikoriza merupakan asosiasi mutualistik akar tumbuhan dengan jamur.

A. Pilih jawaban yang paling tepat.

1. Dalam siklus hidup jamur, spora yang jatuh di tempat yang lembap akan membentuk . . . . A. protalium B. protonema C. miselium D. arkegonium E. anteridium 2. Dari hasil pengamatan jamur tampak ciri-ciri sebagai berikut. 1. Hifa bersekat. 2. Menghasilkan konidia. 3. Terjadi pembentukan konidia. 4. Terdapat hifa dikariotik. 3. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, termasuk ke dalam divisi mana jamur itu? A. Khitridiomikotina B. Zigomikotina C. Askomikotina D. Basidiomikotina E. Deuteromikotina

8. Berikut ciri-ciri khitrid yang mirip jamur, kecuali . . . . A. dinding sel dari kitin B. menghasilkan zoospora C. memiliki enzim yang dimiliki jamur D. memperoleh makanan secara absorpsi E. hidup di air 9. Penicillium notatum adalah jenis jamur yang berperan dalam bidang kedokteran karena . . . . A. dapat mengubah amilum menjadi alkohol B. mengandung bahan obat C. dapat menghasilkan zat antibiotika D. digunakan dalam proses fermentasi E. dapat menghasilkan aflatoksin 10. Jamur hidup sebagai saprofit, energi diperoleh dengan cara . . . . A. melakukan oksidasi dengan makanan B. menguraikan makanan dengan bantuan enzim C. menggunakan sinar matahari untuk membuat makanan D. mengambil makanan dari lingkungan sekitar E. menggunakan CO2 untuk membuat makanan 11. Berdasarkan reproduksi seksualnya Saccharomyces termasuk divisi . . . . A. Khitridiomikotina D. Basidiomikotina B. Zigomikotina E. Deuteromikotina C. Askomikotina 13. Salah satu jamur yang digunakan untuk mempelajari genetika molekuler eukariota adalah . . . . A. Penicillium D. Deuteromyces B. Aspergillus E. Basidiomyces C. Saccharomyces 14. Truffle merupakan jamur konsumsi yang memiliki cita rasa yang kompleks, hidup di dalam tanah sebagai . . . . A. kapang D. lichen B. khamir E. parasit C. mikoriza

Jawab pertanyaan berikut ini dengan benar.

1. Jelaskan perbedaan antara Askomikota dan Basidiomikota! Berikan contoh masing-masing! 2. Apa yang dimaksud dengan mikoriza? Jelaskan! 3. Kerusakan candi Borobudur di antaranya disebabkan adanya Lichen. Mengapa demikian? 4. Lichen dapat dijadikan indikator pencemaran udara. Jelaskan! 5. Mengapa ragi dimasukkan ke dalam Askomikotina?

A. Pilih Jawaban yang paling tepat. 1. Dalam penggolongan ilmu pengetahuan, biologi termasuk ke dalam . . . . A. ilmu hayat D. ilmu pengetahuan sosial B. ilmu pengetahuan E. ilmu faal C. ilmu pengetahuan alam 2. Berikut ini objek yang dipelajari dalam biologi, kecuali . . . . A. tumbuhan D. ekosistem B. hewan E. kelembapan udara C. mikroorganisme 3. Adi dan kelompoknya sedang mengamati ruas-ruas pada tubuh serangga. Objek yang sedang diamati Adi dan kelompoknya dipelajari dalam salah satu cabang biologi, yaitu . . . . A. zoologi D. entomologi B. botani E. anatomi C. morfologi 4. Berikut ini adalah berbagai tingkat organisasi kehidupan. 1. Jaringan 5. Populasi 2. Organ 6. Komunitas 3. Sistem organ 7. Individu 4. Sel 8. Bioma Urutan tingkat organisasi kehidupan mana yang benar? A. 4-1-2-3-7-5-6-8 D. 4-1-2-7-6-4-5-8 B. 1-3-7-2-8-5-4-6 E. 1-3-4-2-7-6-5-8 C. 3-1-7-2-6-5-4-8 5. Berikut ini merupakan cabang biologi. Manakah ilmu yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungannya? A. Genetika D. Botani B. Zoologi E. Fisiologi C. Ekologi

Tentang Peranan Jamur bagi Kehidupan | medsis | 4.5