Sistem Penginderaan Jarak Jauh bagian 2

Sistem Penginderaan Jarak Jauh bagian 2

Penginderaan Jarak Jauh

Penginderaan Jarak Jauh

Objek di Permukaan Bumi

Penginderaan Jarak Jauh – Objek di permukaan bumi dapat berupa batuan, tanah, air, tumbuhan alam ataupun objek hasil budaya manusia. Setiap objek memiliki karakteristik tersendiri dalam menyerap dan memantulkan tenaga spektrum elektromagnetik yang diterimanya. Karakteristik ini disebut karakteristik spektral Dengan demikian, maka objek-objek tersebut akan memberikan rona (kecerahan) yang berbeda pada citra.

Penginderaan Jarak Jauh – Objek yang banyak memantulkan tenaga elektromagnetik akan tampak cerah pada citra, sedangkan objek yang banyak menyerap tenaga akan tampak gelap. Grafik di samping menunjukkan refleksi yang khas dari spektra lima material, yaitu air jernih, air keruh, lahan kosong, dan dua jenis tumbuh-tumbuhan.

Sensor dan Wahana

Penginderaan Jarak Jauh – Alat pengindra atau sensor pada umumnya dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu kamera udara, scanner, dan Side Looking Airborne Radar a. Kamera Udara Kamera udara disebut juga dengan istilah sensor fotografik, biasa dipakai untuk merekam spektrum sinar tampak, ultraviolet fotografik, dan infra merah pantulan. b. Scanner Scanner tergolong sensor non fotografik dan biasa dipakai untuk merekam spektrum diluar spektrum sinar tampak. Scanner dapat merekam gelombang ultraviolet sampai infra merah termal.

Penginderaan Jarak Jauh – Pada umumnya, scanner ada 2 macam, yaitu Multispectral Scanner dan Electro-optical infrared scanner. c. Side Looking Airborne Radar (SLAR) Pesawat radar biasanya dipakai dalam penginderaan jauh sistem aktif. Gelombang radar yang mempunyai panjang gelombang 0,1 cm – 30 cm dipancarkan melalui antena pesawat radar yang dipasang pada sisi pesawat udara. Atas dasar inilah, maka sistem ini disebut SLAR (side looking aiborne radar). Gelombang radar yang dipantulkan oleh permukaan bumi diterima oleh pesawat penerima gelombang. Kemudian dengan cara elektronik diteruskan ke alat perekam.

Penginderaan Jarak Jauh – Adapun wahana adalah kendaraan yang digunakan untuk membawa sensor guna mendapatkan data penginderaan jauh. Berdasarkan ketinggiannya, wahana dapat dibedakan menjadi: • pesawat terbang rendah, yaitu pesawat yang terbang 1.000 – 9.000 meter di atas permukaan bumi, • pesawat terbang tinggi, yaitu yang terbang lebih dari 18.000 meter di atas permukaan bumi. • satelit yang ketinggiannya bisa mencapai 400 km sampai 900 km.

Perolehan Data

Penginderaan Jarak Jauh – Data indraja dapat diperoleh secara manual atau cara numerik (digital).

Secara manual data diperoleh dengan cara interpretasi citra. Dalam melakukan interpretasi citra secara manual dapat dilakukan dengan alat stereoskop.

Alat ini dapat digunakan dalam mengamati citra secara tiga dimensi. Adapun secara numerik, data dapat diperoleh dengan menggunakan komputer.

Pengguna Data

Pengguna data merupakan komponen yang penting dalam sistem indraja. Pengguna data adalah orang atau lembaga yang memanfaatkan informasi hasil indraja. Data indraja sangat bermanfaat untuk memperoleh data spasial yang dapat digunakan dalam berbagai bidang.

Oleh karena itu, ketelitian atau tidaknya suatu citra dapat menentukan diterima atau tidaknya data tersebut .

Langkah untuk Mendapatkan Informasi Geografi Hasil Penginderaan Jauh 

Macam-Macam Citra

Out put atau keluaran dari indraja adalah citra indraja. Citra indraja adalah gambaran suatu objek atau gejala hasil rekaman sensor. Citra dibedakan menjadi dua, yaitu citra foto dan citra non foto.

Citra Foto

Citra foto adalah gambaran suatu objek atau gejala di permukaan bumi sebagai hasil pemotretan dengan kamera sebagai alat pengindra dari suatu wahana. Wahana yang digunakan diantaranya pesawat udara atau balon udara. Jika wahana yang digunakannya menggunakan pesawat udara, disebut foto udara, tetapi jika menggunakan wahana satelit, hasilnya berupa foto satelit atau foto orbital. Spektrum yang digunakan dalam citra foto dengan menggunakan spektrum tampak, infra merah terpantul, dan ultra violet fotografik.

Selengkapnya di Page Berikutnya .

 

Sistem Penginderaan Jarak Jauh bagian 2 | medsis | 4.5