Pelajaran Tentang Tahapan dan Pengertian Transgenik

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Pelajaran Tentang Tahapan dan Pengertian Transgenik

Tahapan dan Pengertian Transgenik

Tahapan dan Pengertian Transgenik

Dampak Positif dan Negatif dari Transgenik

1) Dampak Positif Transgenik
a. Rekayasa transgenik dapat menghasilkan prodik lebih banyak dari sumber yang lebih sedikit.
b. Rekayasa tanaman dapat hidup dalam kondisi lingkungan ekstrem akan memperluas daerah pertanian dan mengurangi bahaya kelaparan.
c. Makanan dapat direkayasa supaya lebih lezat dan menyehatkan.
2) Dampak Negatif Transgenik
a. Berubahnya urutan informasi genetik yang dimiliki, maka sifat organisme yang bersangkutan juga berubah.
b. Bakteri hasil rekayasa yang lolos laboratorium atau pabrik yang dampaknya tidak dapat diperkirakan.
c. Kemungkinan menimbulkan keracunan.
d. Kemungkinan menimbulkan alergi
e. Kemungkinan menyebabkan bakteri dalam tubuh manusia dan tahan antibiotik.

Tahapan Transgenik

Tahapan Transgenik:
1. Lakukan proses isolasi DNA plasmid dari sel bakteri dan isolasi DNA dari sumber lain (DNA asing) yang mengandung gen yang diinginkan.
2. Gen yang dikehendaki pada plasmid dan DNA asing akan dipotong oleh enzim restriksi.
3. Potongan DNA asing akan disisipkan pada plasmid dan direkatkan oleh enzim ligase, sehingga menghasilkan DNA rekombinan.
4. Plasmid yang telah disisipi gen asing tersebut dikembalikan lagi kedalam sel bakteri, menghasilkan bakteri rekombinan.
5. Sel bakteri tersebut bereproduksi melalui pembelahan sel berulang-ulang untuk membentuk klona sel (populasi sel yang identik secara genetis). Bakteri yangtelah membelah mereplikasikan dan mewariskan plasmid rekombinan pada keturunannya, jadi DNA asing yang dibawanya turut diklona. Produksi banyak salinan dari satu gen tunggal disebut pengklonan gen.
6. Selanjutnya, sel bakteri dapat memindahkan gen pada plasmid tersebut ke dalam genom (DNA) tanaman.
7. Setelah proses transfer DNA selesai, dilakukan seleksi sel untuk mendapatkan sel yang berhasil disisipi gen asing. Hasil seleksi ditumbuhkan menjadi kalus (sekumpulan sel yang belum terdiferensiasi) hingga nantinya terbentuk tanaman baru dengan sifat yang diinginkan.

Pengertian Transgenik

Transgenik terdiri dari kata Trans yang berarti pindah dan Gen yang berarti pembawa sifat. Jadi, transgenik adalah memindahkan gen dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya, baik dari satu tanaman ketanaman lainnya, atau dari gen hewan ke tanaman. Tanaman transgenic adalah suatu produk rekayasa genetika melalui transformasi gen dari makhluk hidup lain ke dalam tanaman yang tujuannya untuk menghasilkan tanaman baru yang memiliki sifat unggul yang lebih baik dari tanaman sebelumnya. Teknik rekayasa genetika sama dengan pemuliaan tanaman; yaitu memperbaiki sifat-sifat tanaman dengan menambah sifat-sifat ketahanan terhadap cekaman hama maupun lingkungan yang kurang menguntungkan; sehingga tanaman transgenik memiliki kualitas lebih baik dari tanaman konvensional.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Kesimpulan

Kultur jaringan tumbuhan merupakan teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif buatan yang di dasarkan pada sifat totipotensi tumbuhan. Totipotensi adalah kemampuan sel atau jaringan organisme untuk tumbuh menjadi individu baru. Totipotensi tumbuhan membuat sel tumbuhan dalam proses kultur jaringan dapat berkembang menjadi tumbuhan lengkap jika ditumbuhkanpada kondisi yang memungkinkan. Dengan kultur jaringan, dalam waktu yang bersamaan dapat diperoleh bibit tanaman dalam jumlah banyak.

Rekayasa transgenik dapat menghasilkan prodik lebih banyak dari sumber yang lebih sedikit. Rekayasa tanaman dapat hidup dalam kondisi lingkungan ekstrem akan memperluas daerah pertanian dan mengurangi bahaya kelaparan. Makanan dapat direkayasa supaya lebih lezat dan menyehatkan. Namun selain itu juga dapat menimbulkan berbagai ke kawatiran, diantaranya yaitu: Terjadinya silang luar, adanya efek kompensasi, munculnya hama target yang tahan terhadap insektisida, munculnya efek samping terhadap hama non target.

 

Pelajaran Tentang Tahapan dan Pengertian Transgenik | medsis | 4.5