Pengertian tentang Imunisasi tubuh

Pengertian tentang Imunisasi tubuh

Imunisasi

Imunisasi adalah pemberian perlindungan pada tubuh dari serangan penyakit dengan memberikan vaksin. Vaksin adalah suatu suspensi yang berisi bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau dimatikan sehingga dapat menimbulkan kekebalan (imunitas). Jika kekebalan muncul karena respon dari adanya infeksi dan dapat sembuh, disebut kekebalan alamiah. Bila kekebalan timbul karena dibuat, contohnya karena vaksin maka disebut kekebalan buatan. Jenis kekebalan dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu kekebalan aktif dan kekebalan pasif.

1. Kekebalan Aktif

Kekebalan aktif terjadi apabila tubuh memperoleh sistem imun secara aktif dan menghasilkan respons imun utama. Kekebalan aktif terjadi melalui dua cara, yaitu kekebalan alami dan vaksinasi. Kekebalan alami diperoleh jika tubuh menderita sakit dan cepat pulih kembali. Respons imun utama terjadi selama tubuh sakit, sehingga respon sekunder akan meningkat setiap waktu, dan akhirnya tubuh akan terlindungi dari penyakit. Kekebalan alami akan berkembang selama penyakit menyerang. Setelah tubuh pernah terkena penyakit, maka selanjutnya tubuh akan kebal. Cara kedua, yaitu kekebalan diperoleh karena pemberian vaksin. Dengan pemberian vaksin, memicu tumbuhnya sistem kekebalan tubuh terhadap jenis antigen yang diberikan dalam vaksin .

2. Kekebalan Pasif

Jenis kekebalan pasif ini adalah mekanisme pertahanan tubuh yang tidak dirangsang. Kekebalan ini dilakukan dengan memberikan zat antitoksin. Zat antitoksin suatu zat pertahanan kimia diberikan langsung ke dalam tubuh. Contohnya, jika seorang anak menderita sakit yang membahayakan dan sebelumnya belum pernah diimunisasi. Maka anak tersebut akan diberi atau disuntik pencegahan. Kekebalan ini hanya bersifat sementara.

Pengertian-pengertian

Alergi = reaksi antigen antibodi yang ditandai oleh respons fisiologis yang berlebihan, terhadap suatu zat pada individu yang rentan.

Antibodi = protein imunoglobulin atau molekul glikoprotein yang dihasilkan tubuh sebagai reaksi akibat masuknya suatu antigen.

Antigen = senyawa protein atau karbohidrat (seperti toksin atau enzim) yang merangsang terbentuknya antibodi bila diinjeksikan kedalam tubuh.

Antitoksin = zat yang terbentuk dalam tubuh dan mampu melawan atau melindungi tubuh dari infeksi atau penyakit.

Limfosit = tipe sel darah putih yang berfungsi sebagai antibodi dan untuk memperbaiki sel yang rusak.

Makrofag = leukosit fagosit besar berinti satu yang terdapat dalam jaringan darah tetapi berasal dari monosit darah, berfungsi mengangkut sisa-sisa setelah kerusakan, dan bersifat katalisator dalam pembentukan antibodi.

Vaksin = siapan antigen yang diberikan secara oral atau melalui suntikan, dengan tujuan merangsang mekanisme pertahanan diri inang terhadap patogen.

Vaksinasi = pencegahan penyakit melalui imunisasi dengan cara memberikan vaksin secara oral atau melalui suntikan.

 

Pengertian tentang Imunisasi tubuh | medsis | 4.5