Pengertian Struktur dan Macam Endoplasma

Pengertian Struktur dan Macam Endoplasma 

Macam Endoplasma – Struktur Retikulum Endoplasma

Pengertian Struktur dan Macam Endoplasma

Pengertian Struktur dan Macam Endoplasma

Macam Endoplasma – Semua sel eukariota mengandung retikulum endoplasma. Secara umum retikulum endoplasma berperan sebagai jalur transportasi intraseluler bagi sel. Ruang yang terdapat di dalam retikulum endoplasma(RE) disebut lumen atau ruang sisternal RE. Lumen RE terpisahdari sitosol oleh suatu membran tunggal (membran RE) yangmemudahkan komunikasi diantara kedua kompartemen ini. Ruangan-ruangan kosong yang ditutupi dengan membran retikulum endoplasma mempunyai ketebalan 4 nm (nanometer, 10-9 meter). Membran ini berhubungan langsung dengan selimut nukleus. Membran RE berkesinambungan dengan membran luar inti.Struktur membran retikulum endoplasma sesuai dengan model membran mosaik cair dari Singer dan Nicolson. Dalambeberapa hal, membran retikulum endoplasma berbeda denganmembran plasma, antara lain:

a. Rasio kolesterol
Konsenstrasi kolesterol yang terdapat pada membranplasma lebih sedikit dibandingkan dengan konsentrasikolesterol yang terdapat pada membran retikulumendoplasma.

Macam Endoplasma

b. Rasio protein
Jumlah protein yang terdapat dalam membran plasma lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah protein yang terdapatdalam membran retikulum endoplasma. Hal tersebutmenyebabkan struktur membran pada retikulum endoplasmalebih stabil dari pada membran plasma.

c.Ketebalan membran
Membran plasma lebih tebal dari membran retikulumendoplasma. Membran plasma memiliki ketebalan berkisarantara 8-10 nm, sedangkan membran retikulum endoplasmamemiliki ketebalan berkisar 5 nm. Perbandingan tebal antara membran retikulum plasmadengan membran retikulum endoplasma.

Macam Endoplasma

d. Fluiditas
Membran plasma lebih bersifat cair dibandingkan denganmembran retikulum endoplasma. Hal ini disebabkan karenakandungan protein yang terdapat pada membran plasma lebih sedikit dibandingkan dengan membran retikulumendoplasma.

 Pengertian Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma (RE, atau endoplasmic reticula) berasal dari kata endoplasmic berarti “didalam sitoplasma” dan reticulum yang berarti “jaringan” adalah organel yang dapat ditemukan pada semua sel eukariotik. Retikulum endoplasma adalah sistem membran kantung terlipat dan saluran yang saling berhubungan yang berfungsi sebagai lokasi untuk protein dan sintesis lipid. Berbagai lipatan retikulum endoplasma menyediakan permukaan yang besar di mana fungsi seluler dapat terjadi.

C. Macam-Macam Retikulum Endoplasma

Berdasarkan topografinya Retikulum Endoplasma terdiri dari :

Retikulum Endoplasma Halus

Berbeda dari RE kasar, RE halus tidak memiliki bintik-bintik ribosom di permukaannya. RE halus terbetuk dari satu labirin dengan kanalikuli yang halus, saling berhubungan, serta berinfiltrasi dalam semua sitoplasma. Retikulum endoplasma halus atau licin biasanya dalam bentuk vesikula atau tubulus. RE halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel. Jalur yang dibuka dengan RE halus adalah jalur nutrisi dan mineral yang berhubungan dengan mitokondria, tempat glikogen dan juga peroksisom. RE halus merupakan jalinan tubuli-tubuli yang saling berkaitan dan tanpa adanya ribosom. Retikulum endoplasma halus ditemukan berlimpah dalam sel-sel dari organ reproduksi, di mana mereka memproduksi hormon steroid, seperti estrogen dan testosteron.

Dalam beberapa jenis sel otot, Retikulum endoplasma halus (disebut sebagai retikulum sarkoplasma) menyimpan ion kalsium. Hasil rilis ion kalsium ini pada kontraksi otot. Ini organel sel memiliki fungsi detoksifikasi dalam sel hati. Retikulum endoplasma halus yang ditemukan dalam sel-sel hati mengandung enzim-enzim detoksifikasi yang dapat menonaktifkan racun berbahaya, seperti obat-obatan dan sisa metabolisme.

3. Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik.
RE sarkoplasmik adalah jenis khusus dari RE halus. RE sarkoplasmik ini ditemukan pada otot licin dan otot lurik. Yang membedakan RE sarkoplasmik dari RE halus adalah kandungan proteinnya. RE halus mensintesis molekul, sementara RE sarkoplasmik menyimpan dan memompa ion kalsium. RE sarkoplasmik berperan dalam pemicuan kontraksi otot.

Retikulum Endoplasma Kasar

Di permukaan RE kasar, terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom sehingga membran tidak tampak bersih. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein. Maka, fungsi utama RE kasar adalah sebagai tempat sintesis protein. RE kasar memiliki struktur khas yaitu setiap lembarannya tersusun atas 2 membran sel yang kemudian menjadi satu pada bagian tepi sel masing-masing. Retikulum endoplasma kasar terdapat dalam bentuk lamella berupa kantung-kantung yang pipih . Membran ini dibatasi oleh kantong yang berbentuk sakulus.
Bentuk dan letak sakulus bervariasi, sesuai dengan jenis, struktur dan fungsi sel.Misalnya RE kasar yang yang berada di pankreas, sakulus menjadi tampak sistematis, terarah, serta paralel antara satu kantung dengan kantung lainnya. Contoh RE kasar yang lain tampak pada sel-sel glandula dari acini pankreas dan paratoide terdapat pada maxilla. Hampir seluruh sakulus yang diamati di bawah mikroskop menempati bagian basal sitoplasma. Semakin aktif sebuah sel, maka jumlah ribosom dan sakulur akan kian banyak.
Pada permukaan hyaloplasmik membran retikulumendoplasma kasar, terdapat partikel-partikel ribosom yangmenempel atau tertanam.Ribosom-ribosom (80S, 60S dan 40S) melekat pada membranretikulum endoplasma melalui perantaraan glikoprotein khususyang disebut riboforin. Riboforin ini merupakan reseptor untukpartikel ribosom.

Riboforin merupakan protein integral membran yangterdapat pada retikulum endoplasma kasar. Bagian ribosomyang berasosiasi dengan kompleks ribosom adalah ribosom subunit besra. Dari gambaran di atas, menunjukkan bahwamembran retikulum endoplasma dan membran sel padaumumnya bukan hanya asimetris dari aspek strukturalnya,tetapi juga simetris dari aspek fungsionalnya. Masing masing ruangan mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda pada retikulum endoplasma kasar, yang kemudian dapat dibedakan tiga jenis :
1. Sisterna, ruangan pada retikulum endoplasma yang berbentuk ruangan gepeng, yang kadang-kadang tersusun berlapis lapis dan saling berhubungan.
2. Tubuler, berbentuk sebagai pipa pipa kecil yang saling berhubungan.
3. Vesikuler, ruangan pada retikulum endoplasma yang berbentuk seperti gelembung gelembung kecil berlapis.
Retikulum endoplasma kasar memiliki daerah yang sebagian besar tidak mengandung ribosom. Daerah-daerah tersebut merupakan daerah peralihan, karena dari situlah dibentuk vesikula-vesikula transpor atau vesikula transisi atau retikulum endoplasma transisi. Vesikula-vesikula tersebut megandung protein atau lipida yang diangkut secara intraseluler.Vesikula-vesikula transisi atau vesikula transpor berperan mengangkut makromolekul (protein) dari retikulumendoplasma. Di dalam vesikula transport terdapat protein yanglarut yang berasal dari lumen retikulum endoplasma (proteinsekretori) atau protein yang terikat pada membran vesikula (protein membran). Vesikula-vesikula dapat bergabung dengan membran sasaran dan melepaskan isinya. Membran vesikula merupakan bagian dari membran sasaran.Pada sel-sel yang aktif mensintesis hormon steroid,retikulum endoplasma licin atau halus memiliki enzim-enzimuntuk sintesis kolesterol, yang merupakan prazat untuk sintesishormon steroid. Sintesis lipida berlangsung di dalam retikulum endoplasma licin. Semua lipida yang dibuat di dalam sel disintesis pada membran retikulum endoplasma kecuali fosfatil dilgliserat dan kardiolipin.

Pengertian Struktur dan Macam Endoplasma | medsis | 4.5