Pelajaran Tentang Pengertian Permainan Bola Kasti

Pelajaran Tentang Pengertian Permainan Bola  Kasti

Pengertian Permainan Bola  Kasti

Pengertian Permainan Bola  Kasti –  merupakan olahraga permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu terdiri dari 12 orang pemain. Permainan ini dimainkan di lapangan berbentuk empat persegi panjang yang dibatasi oleh garis batas dengan lebar 5 cm atau menggunakan tali tambang. Sebagai alat permainan menggunakan bola kasti dan kayu pemukul. Unsur keterampilan teknik dasar permainan, yaitu memukul, melambungkan bola, menangkap bola, melempar bola, berlari, taktik dan strategi, dan peraturan permainan. Sekarang Coba baca berbagai teknik dasar permainan kasti dengan cermat, kemudian bermainlah bersama teman-temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis keterampilan yang ada dalam buku ini, kemudian diskusikan cara bermain yang baik. Yakinlah kamu “kamu bisa menjadi apapun yang kamu inginkan, dengan catatan kamu serius dan sepenuh hati melakukannya”. Permainan kasti akan berhasil dengan baik apabila ada kerja sama antaranggota di dalam tim. Sumber: Muhajir,2007.

Pengertian Permainan Bola  Kasti

Pengertian Permainan Bola Kasti

Aktivitas Pembelajaran Permainan Kasti

Pengertian Permainan Bola  Kasti – Permainan kasti sangat membutuhkan ketangkasan dan kecerdikan, karena hal ini sangat berpengaruh kepada pemain. Permainan ini dilakukan secara beregu. Permainan sangat membutuhkan kerja sama tim dalam setiap pertandingan. Di samping kerja sama, setiap individu dan tim harus menguasai teknik dasar permainan tersebut. Jadi, bagaimanakah cara melatih teknik dasar permainan kasti yang baik dan benar? Sebelum kamu mempelajari teknik dasar permainan kasti, Coba bermain kasti yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain Coba amati dan rasakan melempar, menangkap dan memukul bola yang mana mudah dilakukan.Sekarang praktikkan bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi dengan cara berikut ini. 1) Coba perhatikan dan amati contoh yang diperagakan oleh guru cara bermain kasti menggunakan peraturan yang dimodifikasi. 2) Lakukan seperti yang dipraktikkan oleh guru. 3) Rasakan saat kamu melakukan gerakan tersebut. 4) Bandingkanlah dengan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh yang diberikan oleh gurumu. 5) Gerakan yang mana mudah untuk kamu lakukan?

Pengertian Permainan Bola  Kasti – Setelah kamu bermain kasti yang dimodifikasi, selanjutnya pelajari teknik dasar melempar dan menangkap bola permainan kasti yang benar. Pada bab ini kamu akan mempelajari aktivitas pembelajaran melempar, menangkap, dan memukul bola kasti.

a. Aktivitas Pembelajaran Melambungkan Bola

Pengertian Permainan Bola  Kasti – Seorang pelambung bertugas melambungkan bola ke arah pemukul dengan ayunan dari bawah dengan satu tangan. Sekarang praktikkan melambungkan bola dengan cara berikut ini. 1) Coba perhatikan dan amati contoh yang diperagakan oleh guru cara bermain kasti menggunakan peraturan yang dimodifikasi. 2) Lakukan seperti yang dipraktikkan oleh guru. 3) Rasakan saat kamu melakukan gerakan tersebut. 4) Bandingkanlah dengan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh yang diberikan oleh gurumu. 5) Gerakan yang mana mudah untuk kamu lakukan?

b. Aktivitas Pembelajaran Melempar Bola ke Berbagai Arah dan Berbagai Kecepatan

Melempar dapat dilakukan dengan satu tangan kiri atau kanan. Sebelum bola itu dilemparkan, bola harus diarahkan pada sasaran lempar yang akan dituju, dengan arah lurus mendatar, rendah dan melambung.

c. Aktivitas Pembelajaran Menangkap Bola dari Berbagai Arah dan Kecepatan

1) Aktivitas Pembelajaran Menangkap Bola Mendatar Sekarang praktikkan menangkap bola mendatar dengan cara berikut ini. a) Coba perhatikan dan amati contoh yang diperagakan oleh guru cara menangkap bola mendatar. b) Lakukan seperti yang dipraktikkan oleh guru. c) Rasakan saat kamu melakukan gerakan tersebut. d) Bandingkanlah dengan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh yang diberikan oleh gurumu. e) Gerakan yang mana mudah untuk kamu lakukan?

 

Pelajaran Tentang Pengertian Permainan Bola Kasti | medsis | 4.5