Pelajaran Tentang Pengertian nukleus atau inti sel

Pelajaran Tentang Pengertian nukleus atau inti sel

Pengertian nukleus – Di dalam nukleus , DNA diorganisasikan bersama dengan protein menjadi materi yang disebut kromatin. Kromatin yang di beri warna tampak melalui mikrokop cahaya maupun mikroskop electron sebagai massa kabur. Sewaktu sel bersiap untuk membelah ( bereproduksi ), kromatin kusut yang berbentuk benang aan menggulung ( memadat ), menjadi cukup tebal untuk bisa dibedakan sebagai struktur terpisah yang disebut kromosom.

Pengertian nukleus – Nukleus ini mengontrol sintesis protein dalam sitoplasma dengan cara mengirim mesenjer molecular yang berbentuk RNA, RNA mesenjer ( messenger RNA, mRNA) ini disintesis dalm nukleus sesuai dengan perintah yang diberikan oleh DNA, mRNA. kemudian penyampaian pesan genetik ini ke sitoplasma melalui pori nukleus. Sewaktu berada dalam sitoplasma, molekul mRNA akan melekat pada ribosom, di sini pesan genetik tadi diterjemahkan ( ditranlasi ) menjadi struktur primer suatu protein spesifik. Berdasar jumlah nukleus, sel dapat dibedakan sebagai berikut:

1. Sel mononukleat (berinti tunggal), misalnya sel hewan dan tumbuhan.
2. Binukleat (inti ganda), contohnya Paramaecium.
3. Multinukleat (inti banyak), misalnya Vaucheria (sejenis alga) dan beberapa jenis jamur.

Nukleus atau inti sel merupakan bagian penting sel yang berperan sebagai pengendali kegiatan sel. Nukleus merupakan organel terbesar yang berada dalam sel. Nukleus berdiameter sekitar 10 m. Nukleus biasanya terletak di tengah sel dan berbentuk bulat atau oval. Pada umumnya sel organisme berinti tunggal, tetapi ada juga yang memiliki lebih dari satu inti. Nukleus ini umumnya paling mencolok pada sel eukariotik. Rata-rata diameternya 5 µm. Nukleus memiliki membran yang menyelubunginya yang disebut membran atau selubung inti. Membran ini memisahkan isi nukleus dengan sitoplasma.

Pengertian nukleus atau inti sel

Pengertian nukleus atau inti sel

Nukleus di batasi oleh sepasang membran. Selubung yang terbentuk itu tidak sinambung, tetapi mengandung pori-pori. Hal ini boleh jadi memugkinkan bahan-bahan berlalu-lalang dari nukleus. Di dalam nukleus membran nuklir terdapat medium setengah cairan (semifluida) yang di dalamnya kromosom tersuspensi. Biasanya kromosom itu tampak sebagai struktur memanjang dan tidak mudah diamati dengan mikroskop cahaya. Dalam keadaan seperti biasa disebut kromatin. Nukleus merupakan pusat pengendali dalam sel. Jika nukleus dalam sel rusak, maka telur itu tidak dapat melanjutkan perkembangannya menjadi individu baru. Kalau nukleus itu di keluarkan dari suatu amoeba, organisme ini hidup terus selama beberapa hari. Akan tetapi tidak dapat makan atau pun berkembangbiak, dan akhirnya akan mati.

Fungsi Nukleus

Nukleus memiliki peran atau fungsi yang sangat penting diantaranya sebagai berikut:
1. Mengendalikan seluruh kegiatan sel,
2. Mengeluarkan RNA dan subunit ribosom ke sitoplasma,
3. Mengatur pembelahan sel,
4. Membawa informasi genetik

  1. Kesimpulan
  2. Nukleus atau inti sel merupakan bagian penting sel yang berperan sebagai pengendali kegiatan sel.
  3. Nukleus memiliki peran atau fungsi yang sangat penting diantaranya : Mengendalikan seluruh kegiatan sel, mengeluarkan RNA dan sub unit ribosom ke sitoplasma, mengatur pembelahan sel, membawa informasi genetik.
  4. Struktur nukleus terdiri dari :
  5. Membran inti yang merupakan bagian terluar dari inti sel. Fungsi membran inti sel secara keseluruhan adalah mengadakan pertukaran zat dengan sitoplasma.
  6. Nukleolus berfungsi untuk membuat ribosom yang terdapat dalam sitoplasma.
  7. Nukleoplasma yang berfungsi bertindak sebagai media suspensi untuk organel inti, pemeliharaan bentuk dan struktur nukleus, dan transportasi ion, molekul, dan zat-zat lain yang penting untuk metabolisme dan fungsi sel.
  8. Kromatin merupakan rangkaian kompleks DNA dan protein, dikemas bersama untuk membentuk materi genetik dari kromosom.
  9. Organel-organel yang penting dalam penghubung antara nukleus dan membran sel adalah antara lain retikulum endoplasma, aparatus golgi dan  lisosom. Di dalam inti sel akan menghasilkan produk berupa RNA.
Pelajaran Tentang Pengertian nukleus atau inti sel | medsis | 4.5