Pengertian Ekonomi Mikro

Pernahkah kamu pergi ke pasar tradisional? Coba kamu perhatikan perilaku pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi. Ya, mereka saling menawar harga untuk mendapatkan kesepakatan harga atas barang atau jasa yang mereka butuhkan. Nah, dari transaksi yang terjadi di pasar itulah kamu telah belajar tentang ekonomi mikro.

Untuk jelasnya, ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari aktivitas-aktivitas perekonomian yang bersifat bagian kecil, yang memusatkan perhatiannya pada masalah bagaimana konsumen akan mengalokasikan pendapatannya yang terbatas terhadap berbagai macam barang dan jasa yang dibutuhkan, untuk memperoleh kepuasan maksimum. Aktivitas unit-unit ekonomi yang dikaji dalam ekonomi mikro di antaranya sebagai berikut. a. Mempelajari bagaimana perilaku seseorang sebagai konsumen, sebagai pemilik sumber-sumber ekonomi dan sebagai produsen. b. Mempelajari bagaimana arus perputaran barang dan jasa mulai dari produsen sampai pada konsumen. c. Mempelajari bagaimana harga-harga barang dan jasa itu dapat terbentuk. d. Mempelajari bagaimana produsen dalam menentukan tingkat produksi agar tercapai keuntungan yang maksimum. e. Mempelajari bagaimana konsumen atau rumah tangga mengalokasikan pendapatannya yang sangat terbatas untuk barang dan jasa yang dibutuhkan sehingga tercapai kepuasan maksimum. Dalam teori ekonomi mikro menganggap bahwa faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal, dan pengusaha) yang dimiliki oleh masyarakat sifatnya terbatas, sedangkan keinginan manusia tidak terbatas. Untuk itu masyarakat harus dapat memilih kegiatan ekonomi, yang meliputi kegiatan dalam memproduksi, menyalurkan, dan menggunakan barang maupun jasa. Adapun tiga masalah pokok ekonomi modern, yaitu sebagai berikut. Ekonomi makro

a. What, artinya apa dan berapa banyak barang dan jasa dapat diproduksikan. b. How, artinya bagaimana caranya memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan. c. For Whom, artinya untuk siapa barang dan jasa diproduksikan. Secara ringkas ruang lingkup yang dipelajari dalam ilmu ekonomi mikro meliputi hal-hal berikut ini. a. Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar. b. Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran. c. Teori perilaku konsumen. d. Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba. e. Pasar persaingan sempurna. f. Pasar monopoli. g. Pasar oligopoli. h. Pasar persaingan monopolistik. i. Permintaan akan input. j. Mekanisme harga dan distribusi pendapatan.

 

Pengertian Ekonomi Mikro | medsis | 4.5