Materi Pengertian Eknomi Informasi dari Media Elektronik

Materi Pengertian Eknomi Informasi dari Media Elektronik

Pengertian Eknomi Informasi

Pengertian Eknomi Informasi

Pengertian Eknomi Informasi – Langkah Sederhana Menghemat Bensin Di tengah melambungnya harga bahan bakar minyak seperti yang terjadi saat ini, penghematan bahan bakar pasti merupakan hal yang sangat bijaksana untuk dipertimbangkan. Sederhana. Hanya dengan menaruh perhatian pada kondisi kendaraan dan gaya berkendaraan, ternyata mampu menolong kita untuk lebih berhemat. Perhatikan tips berikut. 1. Periksalah Saringan Udara Bagian ini kerap terlupakan dan baru dijamah saat mobil di-tune up, atau saat penggantian oli. Padahal, pemeriksaan saringan udara dapat kita lakukan setiap saat dengan hanya membuka kap mesin mobil. Angkatlah saringan udara, kemudian hadapkan ke arah matahari. Jika Anda tak bisa melihat sinar matahari menerobos dari sela-sela filter maka itu tandanya filter udara harus segera diganti. Saringan udara yang bersih sangat berperan pada penghematan bahan bakar. Filter yang kotor menghambat aliran udara masuk ke dalam mesin, dan kemudian marusak performa mesin, termasuk konsumsi bahan bakar menjadi berlebih. 2. Periksa Tekanan Udara pada Ban Tekanan udara pada ban umumnya kurang menjadi perhatian bagi sejumlah pengendara, padahal tekanan ban yang rendah menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan boros bahan bakar. Periksa tekanan angin pada saat ban dalam kendaran dingin sebab tekanan udara dalam keadaan ban yang panas akan lebih tinggi. Selanjutnya, pastikan pasokan udara sesuai dengan ukuran yang telah disarankan oleh parbik. Biasanya, tekanan angin, tercantum dalam buku manual atau stiker yang diletakkan di sekitar kabin pengemudi. 3. Akselerasi dengan Perhitungan Memacu kendaraan membutuhkan perhitungan. Itulah yang disebut perhatian pada gaya mengemudi. Tekanan gas yang spontan, kemudian melambat dengan drastis jelas membuat boros. Perhitungan posisi kendaraan di depan Anda, sehingga kecepatan kendaraan tetap stabil. Sekalipun harus melambat, maka perlambatan itu dilakukan dengan gradual.

Pengertian Eknomi Informasi

4. Kembalilah ke Alam Mungkin saran yang satu ini pun patut pula Anda pertimbangkan. Kembalilah ke alam, alias pakailah AC hanya di saat kita membutuhkan. Buka jendela, dan coba nikmati semilir angin, dengan kendaraan yang berjalan santai. Namun, jangan salah, pada kecepatan tinggi, penggunaan AC justru bisa menghemat bahan bakar sebab jendela yang terbuka menciptakan hambatan pada kendaraan untuk melaju sehingga mesin bekerja lebih keras. 5. Simpan Ban dan Velk Original Pelek dan ban baru pasti membuat mobil andalan kita terlihat lebih gagah. Yang pasti, akan mempermudah pengendalian. Akan tetapi, jika ban yang kita pilih lebih besar dari standar pabrik, permukaan yang bergesek dengan jalan pun akan lebih besar. Hasilnya resistensi perputaran ban juga berimplikasi pada bahan bakar yang dikonsumsi. Jadi, jika Anda ingin mempercantik mobil, ada baiknya pelek dan ban standar pabrik tetap disimpan. Gunakan ban dan pelek tersebut saat akan melakukan perjalanan jauh, di mana efisiensi bahan bakar lebih penting daripada ”gaya”. 6. Jangan Pakai Mobil Mungkin ini tips yang paling tidak populer di dalam rubrik otomotif. Namun, faktanya, tidak menggunakan mobil jelas menghemat penggunaan bahan bakar. Tinggal perhitungan biaya dan kebutuhan yang harus ”dikorbankan” jika tidak menggunakan mobil. Gunakan angkutan umum, motor, atau bahkan sepeda. Ingat, jalan kaki atau sepeda jelas baik untuk kesehatan dan juga kantong Anda. Jadi, cobalah bertanya pada diri sendiri setiap kali akan mengendarai mobil, ”Apakah perjalanan ini perlu saya tempuh dengan mobil?” Sumber: Kompas, 12 Februari 2008

Setelah mendengarkan informasi di atas, tentu kalian mempunyai gagasan atau pendapat berkaitan dengan informasi di atas. Gagasan atau pendapat itu dapat kalian gunakan untuk menanggapi isi informasi tersebut. Tanggapan dapat berupa dukungan atau sanggahan. Hal yang harus diperhatikan dalam menanggapi isi informasi adalah kelogisan tanggapan.

Pengertian Eknomi Informasi

1. Catatlah informasi-informasi penting yang kalian temukan dalam berita itu! 2. Diskusikan dengan teman sebangkumu mengenai isi informasi di atas! 3. Bagaimana pendapatmu tentang langkah sederhana menghemat BBM itu?

Mendiskusikan Masalah

Dapatkah cara-cara itu mengendalikan kelangkaan BBM? Perbedaan pendapat dalam menanggapi suatu masalah sering terjadi antara satu orang dengan orang yang lain. Diskusi merupakan salah satu cara untuk mencari jalan keluar terhadap perbedaan pendapat tersebut. Marilah kita kembali berdiskusi untuk membahas masalah perdagangan satwa yang dilindungi! Di bawah ini disajikan sebuah teks tentang upaya untuk memberantas perdagangan satwa yang dilindungi. Bacalah teks berikut dan temukan persoalan yang akan kalian jadikan bahan diskusi! Perdagangan Satwa Dilindungi Makin Memprihatinkan Perdagangan satwa dilindungi makin memprihatinkan di Indonesia. Transaksi jual beli makin terbuka dilakukan, tidak hanya di pasar-pasar burung, tetapi juga di pet shop (toko yang menyediakan keperluan binatang), yang ada di berbagai mal. Bahkan, pedagang tak segan-segan mengiklankan penjualan harimau dan orang utan di media massa dan internet. Demikian diungkapkan Chaerul Saleh, anggota jaringan lembaga swadaya masyarakat (LSM) seluruh Indonesia yang memantau perdagangan hidupan liar yang disebut Pantau. Pendapat itu disampaikan dalam diskusi mengenai burung dan satwa liar yang diselenggarakan Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, Rabu (19/7). Rapat dihadiri tidak hanya oleh para anggota LSM, tetapi juga wakil dari Departemen Kehutanan, kepolisian, dan pihak terkait di kantor LH.

Pengertian Eknomi Informasi – Perdagangan satwa dilindungi ini juga menjadi perhatian internasional yang bahkan sudah disampaikan kepada presiden. Inilah yang diteruskan ke Sekretariat Negara, kemudian kantor LH untuk ditindaklanjuti. ”Itulah salah satu tujuan pertemuan yang sudah untuk kedua kalinya ini diadakan,” tambah Sambodo, staf Lingkungan Hidup. Dalam departemen sebelumnya disimpulkan, untuk menanggulangi perdagangan satwa itu ada tiga aspek yang perlu ditindaklanjuti, yaitu konservasi, penegakan hukum, dan kemitraan. Penegakan hukum tampaknya harus menjadi prioritas. Seperti diungkapkan Chaerul Saleh, jumlah dan jenis satwa liar yang diperdagangkan makin meningkat. Jenis burung, bahkan yang tak ayak dipelihara pun dijual hanya karena burung itu berbulu biru metalik di punggungnya. Perdagangan burung ini makin menjadi-jadi dengan adanya berbagai lomba burung. Saat lomba, bisa 2.000 ekor burung dilombakan. Kalau dahulu yang dilombakan hanya perkutut, sekarang jenis burungnya beragam. Dikutip dengan pengubahan dari Kompas, 21 Juli 2004

Pengertian Eknomi Informasi

Upaya mengambil inti sari suatu bacaan disebut dengan istilah meringkas atau membuat ikhtisar. Ringkasan berbeda dengan ikhtisar. Akan tetapi, kadang kala, orang sering salah, bahkan menyamakan cara dan maknanya. Untuk menulis ringkasan, diperlukan tahapan sebagai berikut: 1. memahami teks atau naskah; 2. menandai kalimat-kalimat yang penting; 3. membagi teks menjadi beberapa paragraf terpisah; 4. mencari dan menemukan pikiran utama dalam setiap paragraf; 5. menulis kata-kata kunci yang penting untuk bahan ringkasan; 6. menuangkan dalam bentuk karangan yang ringkas/pendek. Berikut contoh ringkasan suatu paragraf yang awalnya berjumlah sekitar 70 kata menjadi paragraf pendek sekitar 40 kata.

Paragraf awal 

Poster menduduki tempat tinggi sebagai sarana reklame. Poster berukuran besar dan mudah dilihat karena warna. Oleh karena itu, poster meninggalkan kesan yang sangat kuat pada pikiran orang. Iklan-iklan dapat dipertontonkan di hadapan lebih banyak orang untuk waktu yang lebih lama dengan menggunakan poster daripada dengan memasang iklan di media massa, sama-sama pengeluaran biayanya. Oleh karena itu, poster kerap kali dipandang lebih baik sebagai sarana untuk melestarikan iklan-iklan di mata khalayak.

Pikiran utama paragraf di atas adalah poster sebagai sarana iklan. Pikiran utama tersebut tersirat pada awal paragraf. Untuk menuliskan ringkasan paragraf tersebut, kalian juga perlu menemukan kata-kata kunci paragraf. Kata-kata kunci tersebut adalah poster, iklan, besar, warna, banyak orang, dan lebih lama. Berdasarkan katakata kunci itu, kalian dapat menuliskan ringkasan paragraf.

Pengertian Eknomi Informasi – Paragraf ringkasan

Poster adalah iklan yang efektif. Berkat ukuran dan warnanya yang memikat, poster dapat dilihat lebih banyak orang dan untuk waktu yang lebih lama daripada iklan di media massa. Oleh karena itu, poster lebih disenangi oleh pemasang iklan.

Setelah mengetahui inti sari suatu bacaan, kalian dapat memberikan tanggapan. Tanggapan dapat berupa kritik atau dukungan. Perhatikan contoh kritik berikut.

Poster memang dapat menarik perhatian pandangan orang, tetapi poster belum memberikan gambaran secara rinci suatu produk yang ditawarkan. (kritik)

Ringkaslah persoalan yang disampaikan dalam teks ”Perdagangan Satwa Dilindungi Makin Memprihatinkan”! Kemudian, berilah kritik dan dukungan terhadap kasus tersebut! 1. Bagaimana tanggapan kalian terhadap perdagangan satwa yang dilindungi? Cobalah kalian melakukan diskusi untuk mencari solusi atas pertanyaan berikut! a. Mengapa perdagangan satwa yang dilindungi bisa makin marak? b. Jalan apa yang harus ditempuh untuk memutus rantai perdagangan satwa dilindungi? c. Hukuman apa yang pantas diberikan kepada orang-orang yang terlibat dalam perdagangan satwa dilindungi? 2. Tuliskan kesimpulan hasil diskusi kalian secara ringkas!

Pengertian Eknomi Informasi

Materi Pengertian Eknomi Informasi dari Media Elektronik | medsis | 4.5