Pengertian dari Manajemen Umum

Pengertian dari Manajemen Umum

Unsur-Unsur Manajemen

Kamu telah mengetahui bahwa manajemen merupakan suatu usaha atau proses kegiatan kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya melalui kegiatan orang lain, dengan menggunakan fasilitas/sarana/alat, yang juga disebut sebagai unsur manajemen.

Pengertian dari Manajemen Umum

Pengertian dari Manajemen Umum

Unsur manajemen (tools of management) tersebut terdapat enam unsur, yaitu:

a. man (tenaga kerja manusia), b. money (uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan), c. methods (cara kerja atau sistem kerja yang digunakan untuk mencapai tujuan), d. materials (bahan-bahan yang diperlukan), e. machines (mesin-mesin yang diperlukan untuk mencapai tujuan), f. market (pasar atau pemasaran sebagai tempat untuk memperjualbelikan hasil produksi).

Tingkatan Manajemen

Menurut tingkatannya, manajemen dapat dibedakan menjadi tiga tingkatan, Untuk lebih jelasnya, tingkatan manajemen dapat diuraikan sebagai berikut.

a. Top Management, dalam kegiatannya lebih banyak mempergunakan kerja pikir daripada kerja fisik untuk mencapai hasil yang diharapkan. Manajemen puncak bertugas membuat rencana jangka panjang, menetapkan tujuan, visi, dan misi perusahaan, serta strategi yang akan digunakan. Manajemen puncak harus dapat mengembangkan semua rencana yang telah dibuat dan mengadakan hubungan dengan pihak luar. b. Middle Management, dalam kegiatannya antara kerja pikir dengan kerja fisik sebanding, sehingga keduanya dilakukan hampir bersamaan. manajemen menengah bertugas mengalihkan rencana, visi, misi, dan tujuan yang dibuat oleh manajemen puncak ke dalam program yang lebih spesifik. Selain itu, manajemen menengah membantu manajer tingkat puncak untuk mencapai tujuan organisasi (perusahaan) serta bertanggung jawab tehadap kinerja manajemen tingkat bawah dalam pencapaian tujuan. c. Lower Management, dalam kegiatannya lebih banyak mempergunakan kerja fisik daripada kerja pikir. Manajemen tingkat bawah membawahi langsung pekerjaan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas mereka. Tugas manajemen bawah adalah melakukan pengambilan keputusan, mengomunikasikan rencana memberikan motivasi kerja pada para karyawan, dan menetapkan prestasi yang layak diterima karyawan.

Tugas Kelompok 

Kunjungilah sebuah organisasi atau perusahaan dengan anggota kelompokmu yang lain. Tanyakan siapa saja yang menjabat sebagai top management, middle management, dan lower management. Catat dan susunlah dalam bentuk bagan tingkatan manajemen, kemudian kumpulkan kepada gurumu!

Tokoh Kita 

F. W. Taylor (1856–1915) Ia lahir di Pennsylvania. Teori manajemennya yang terkenal dibukukan dengan judul The Principles of Management (1911). Ia dijuluki Bapak Manajemen Ilmiah.

Wawasan Ekonomi 

Manajemen merupakan ilmu pengetahuan sekaligus seni (kiat) karena seorang manajer yang terampil mampu menguasai pengetahuan dalam bidang manajerial yang diperolehnya dengan mempelajari ilmu manajemen.

Manajemen bukan hanya terdapat di perusahaan besar, manajemen ada di mana-mana. Pada prinsipnya, semua organisasi mempunyai orang yang bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi tersebut. Setiap hari kamu selalu berhubungan dengan organisasi. Rumahmu merupakan salah satu contoh organisasi rumah dengan ayahmu sebagai manajernya. Nah, pada pembelajaran kali ini kamu akan mendapat penjelasan lebih luas mengenai manajemen yang meliputi unsur-unsur manajemen serta berbagai jenis manajemen menurut bidang kajiannya.

Manajer adalah orang yang bertanggung jawab terhadap kinerja perusahaan, pencapaian keuntungan, dan pertumbuhan perusahaan.

Fungsi Manajemen 

– Planning – Organizing – Actuating – Controlling

Bidang-bidang Manajemen 

– Manajemen Produksi – Manajemen Pemasaran – Manajemen Personalia – Manajemen Keuangan – Manajemen Administrasi

14 Prinsip Manajemen Henry Fayol

– Pembagian kerja – Kekuasaan dan tanggung jawab – Disiplin – Kesatuan perintah – Kesatuan arah – Kepentingan individu di bawah kepentingan umum – Pembayaran upah yang adil – Pemusatan – Rantai skalar – Tata tertib – Keadilan – Stabilitas pegawai – Inisiatif – Jiwa kesatuan

 

Pengertian dari Manajemen Umum | medsis | 4.5