Pengertian Bencana Contoh dan Dampaknya

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Pengertian Bencana Contoh dan Dampaknya

Pengertian Bencana

Bencana adalah peristiwa atau serangkaian peristiwa yang menyebabkan gangguan serius pada masyarakat sehingga menyebabkan korban jiwa serta kerugian yang meluas pada kehidupan manusia baik dari segi materi, ekonomi maupun lingkungan dan melampaui kemampuan masyarakat tersebut untuk mengatasi menggunakan sumber daya yang mereka miliki. Dari pengertian di atas, bencana merupakan sebuah peristiwa yang terjadi karena bertemunya ancaman dari luar terhadap kehidupan manusia dengan kerentanan, yaitu tingkat kerugian dari elemen tertentu atau serangkaian elemen yang beresiko diperkirakan muncul sebagai akibat dari dampak suatu bahaya bencana. Jadi ketika ancaman berdampak merugikan manusia dan lingkungan, dan tidak adanya kemampuan masyarakat untuk menanggulanginya maka peristiwa itu disebut dengan bencana. Berdasarkan penyebab bahayanya, bencana dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu bencana alam, bencana sosial dan bencana campuran. Bencana alam disebabkan oleh kejadian-kejadian alamiah seperti gempa bumi, tsunami, angin topan, gunung meletus. Bencana sosial atau bencana buatan manusia, yaitu hasil tindakan langsung maupun tidak langsung manusia seperti perang, konflik sosial, terorisme dan kegagalan teknologi. Bencana dapat terjadi karena alam dan aktivitas manusia sekaligus yang dikenal sebagai bencana campuran atau kompleks, seperti banjir dan kekeringan merupakan peristiwa alam biasa menajdi bencana karena campur tangan manusia melalui penggundulan hutan, perubahan daya guna lahan dll. Bencana yang disebabkan fenomena alam seperti gempa bumi, badai tropis atau letusan gunung berapi menyerangnya tanpa peringatan atau hanya sedikit memberikan peringatan melalui tanda-tanda/sinyal namun dampak yang diakibatkan sangat merugikan aktivitas manusia dan sistem ekonomi.Demikian pula bencana sosial yang tidak secara langsung disengaja, seperti kecelakaan nuklir, kebakaran dikawasan perumahan, kecelakaan industri berlangsung cepat, sehingga sering berdampak kerugian yang sangat besar.

Bencana Gempa Bumi

Pengertian Bencana Contoh dan Dampaknya

Pengertian Bencana Contoh dan Dampaknya

Gempa bumi dapat terjadi karena gesekan antar lempeng-lempeng atau pergeseran lempeng di bawah permukaan bumi yang dikenal gempa tektonik. Pergesekan ini mengeluarkan energi yang luar biasa besar dan menimbulkan goncangan di permukaan bumi. Indonesia sangat rawan gempa karena secara geografis berada dekat dengan lempenglempeng yang aktif dan saling berhubungan satu sama lain Gempa bumi dapat pula Gambar 7.1 Gedung Hancur oleh Gempa Bumi disebabkan aktivitas gunung berapiyang dsebut gempa vulkanik. Wilayah Indonesia yang terdapat gunung berapi aktif sangat rawan terjadi gempa vulkanik.Gempa bumi di Yogyakarta dan Padang salah satu contoh gempa bumi tektonik yang terjadi jauh di kedalaman laut, namun getaran dan kerusakan yang ditimbulkan di permukaan bumi sangat dasyat.

1. Dampak Gempa Bumi Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan sarana seperti bangunan jembatan dan jalan-jalan yang besar dan luas. Gempa juga dapat diikuti bencana alam berbahaya seperti tanah longsor dan tsunami. Korban jiwa biasanya terjadi karena tertimpa bagian-bagian bangunan roboh atau obyek berat lain seperti pohon dan tiang listrik. Orang sering

terperangkap dalam bangunan runtuh. Gempa bumi sering diikuti oleh gempa susulan dalam beberapa menit, jam, hari atau bahkan minggu setelah gempa yang pertama, walaupun sering tidak sekuat yang pertama.

2. Tindakan kesiapsiagaan Tindakan kesiapsiagaan adalah merencanakan kegiatan antisipasi menghadapi bencana. Tindakan ini tidak hanya mencakup perencanaan fisik bangunan belaka, melainkan juga kesigapan atau pengambilan sikap cepat dan tepat oleh setiap orang dengan mengetahui apa yang harus dilakukan dan ke mana harus pergi bila situasi darurat terjadi serta tidak panik. Kepanikan pada situasi darurat sering mempertinggi resiko korban manusia maupun harta. Tindakan kesiapsiagaan masih rendah untuk dipahami dan dilatih, biasanya dilakukan secara serentak setelah peristiwa terjadi. Prediksi Gempa bumi dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

1. Prediksi tradisional 1.1. Terdapat goyangan-goyangan halus terhadap bangunan-bangunan 1.2. Binatang dan burung-burung menunjukan gejala yang tidak normal misalnya gelisah 1.3. Air sumur keruh dan berbau tidak enak 2. Prediksi dengan peralatan dan metode ilmiah 2.1. Pengetahuan tentang zona seismic dan daerah beresiko yang dipelajari lewat studi dampak historis dan lempeng tektonik 2.2. Memonitor aktifitas seismic dengan menggunakan seismogram dan instrument lain 2.3. Menggunakan observasi ilmiah dan memonitor tingkat seismic global

Beberapa tindakan yang dapat dijadikan pedoman pada saat terjadi gempa bumi adalah:

1. Bila Anda berada dalam bangunan, cari tempat perlindungan, misalnya di bawah meja yang kuat. Hindari jendela dan bagian rumah yang terbuat dari kaca. Gunakan bangku, meja atau perlengkapan rumah tangga yang kuat sebagai perlindungan. 2. Tetap di tempat namun bersiap untuk pindah. Tunggu sampai goncangan berhenti dan aman untuk bergerak. 3. Menjauhlah dari jendela kaca, perapian, kompor atau peralatan rumah tangga yang mungkin akan jatuh. Tetap di dalam untuk menghindari terkena pecahan kaca atau bagian-bagian bangunan. 4. Jika malam hari dan Anda di tempat tidur, jangan lari keluar.

Cari tempat yang aman di bawah tempat tidur atau meja yang kuat dan tunggu gempa berhenti. Jika gempa sudah berhenti, periksa anggota keluarga dan carilah tempat yang aman. 5. Ada baiknya kita mempunyai lampu senter dekat tempat tidur. Saat gempa malam hari, alat murah ini sangat berguna untuk menerangi jalan mencari tempat aman, terutama bila listrik padam akibat gempa. Lilin dan lampu gas sangat berbahaya, dan sebaiknya tidak digunakan. 6. Jika Anda berada di tengah keramaian, cari perlindungan. Tetap tenang dan mintalah yang lain untuk tenang juga. Jika sudah aman, berpindahlah ke tempat yang terbuka, jauh dari pepohonan besar atau bangunan. Waspada akan kemungkinan gempa susulan. 7. Jika Anda di luar, cari tempat terbuka, jauh dari bangunan, pohon tinggi dan jaringan listrik. 8. Hindari rekahan akibat gempa yang bisa sangat berbahaya. 9. Jika Anda mengemudi, berhentilah jika aman, tapi tetap dalam mobil. 10. Menjauhlah dari jembatan, jembatan layang atau terowongan. Pindahkan mobil jauh dari lalu lintas. Jangan berhenti dekat pohon tinggi, lampu lalu lintas atau tiang listrik.

11. Jika Anda di pegunungan, dekat dengan lereng atau jurang yang rapuh, waspadalah dengan batu atau tanah longsor yang runtuh akibat gempa. 12. Jika Anda di pantai, segeralah berpindah ke daerah yang tinggi atau berjarak beberapa ratus meter dari pantai. Gempa bumi dapat menyebabkan tsunami selang beberapa menit atau jam setelah gempa dan menyebabkan kerusakan yang hebat.

 

Pengertian Bencana Contoh dan Dampaknya | medsis | 4.5