Pengertian Pencemaran Polusi Udara, Tanah, dan Suara

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Pengertian Pencemaran Polusi Udara, Tanah, dan Suara

Pencemaran Polusi

Pencemaran Polusi

Pencemaran Polusi

Pencemaran Polusi – Pencemaran udara disebabkan oleh berbagai aktivitas manusia, baik kegiatan rumah tangga (pembakaran sampah), kegiatan industri (asap dari cerobong pabrik), maupun kegiatan pertanian (penyemprotan insektisida). Kebakaran hutan juga merupakan bentuk lain polusi udara. Asap rokok dan asap dari kendaraan bermotor juga merupakan sumber pencemaran udara. Pencemaran udara dapat berupa gas, seperti karbon monoksida (CO) dan karbon dioksida (CO2). Gas CO ini tidak berbau dan tidak berwarna, serta bersifat racun. Gas ini berasal dari pembakaran tidak sempurna pada kendaraan berbahan bakar bensin dan solar. Karbon monoksida juga dihasilkan dari pembakaran sampah dan dari industri, terutama industri baja dan besi. CO berikatan dengan hemoglobin di dalam darah, membentuk COHb yang berbahaya dan pada kadar 750 ppm bersifat mematikan. Sedangkan gas CO2 sebenarnya adalah komponen normal udara, tetapi bila terjadi gangguan pada daur karbon maka konsentrasi CO2 akan meningkat. Peningkatan kadar CO2 disebabkan oleh pembakaran kayu, batu bara, gas alam, di dalam hutanAkibat peningkatan kadar CO2 adalah terjadinya.

Pencemaran Polusi – Efek rumah kaca adalah suatu kondisi suhu bumi yang terus meningkat akibat pemantulan kembli oleh lapisan CO2 di atmosfer. Peningkatan suhu yang dirasakan di seluruh bagian bumi ini disebut pemanasan global (global warming). Efek rumah kaca dikhawatirkan dapat memicu mencairnya es di kutub sehingga terjadi peningkatan tinggi permukaan laut dan mampu menenggelamkan pulau-pulau atau daerah dataran rendah. Efek lainnya adalah perubahan iklim sehingga terjadi pergeseran curah hujan dan kekeringan di beberapa tempat. Polutan yang juga berupa gas adalah H2S dan SO2. H2S merupakan gas beracun, terdapat di kawasan gunung berapi, terutama saat sedang aktif. Selain itu, H2S juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara. Pembakaran batubara yang mengandung sulfur juga menghasilkan sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen dioksida (NO2). Kedua gas tersebut bereaksi membentuk asam dan suatu saat akan jatuh sebagai hujan asam. Hujan asam ini akan menyebabkan korosi (karatan) pada besi, dan perubahan morfologi pada daun, batang, dan juga dapat mengganggu pernapasan pada manusia dan hewan.

Pencemaran Polusi – Selain berupa gas, polusi udara juga disebabkan oleh partikel- partikel. SO2 dan NO2 bersama dengan partikel cair membentuk embun, membentuk awan dekat tanah yang dapat mengganggu pernapasan. Jenis polutan lainnya adalah senyawa CFC (Chloro Fluoro Carbon) yang biasa digunakan pada pendingin ruangan, dan lemari es. Sumber CFC lainnya adalah perlengkapan yang menggunakan penyemprot aerosol, proses pembuatan karet busa, proses pembuatan plastik, AC, dispenser, dan hairdryer. Di atmosfer, CFC akan berikatan dengan ozon di lapisan stratosfer, sehingga molekul ozon terurai dan membentuk lubang di beberapa tempat di bumi, seperti di atas Antartika dan kutub utara. Lubang tersebut akan mengurangi fungsi lapisan ozon sebagai penahan sinar Ultra Violet (UV). Sinar UV dari matahari bila sampai ke bumi dapat menimbulkan kanker kulit dan gangguan rantai makanan di laut.

Pencemaran Polusi – Menentukan Pengaruh Polusi Udara terhadap Kehidupan Tumbuhan

A. Dasar Teori Tumbuhan merupakan organisme yang mampu memanfaatkan gas CO2 dan tenaga matahari untuk berfotosintesis. Namun demikian, tidak semua jenis gas di udara bermanfaat bagi tumbuhan, karena ada beberapa yang bersifat racun bagi tumbuhan. Di samping berfotosintesis, tumbuhan juga melakukan pernapasan atau respirasi. Apabila gas-gas beracun tersebut terserap pada saat respirasi, kehidupan tumbuhan akan terganggu. Berbagai jenis tumbuhan sensitif terhadap pencemaran udara. Jenis-jenis tumbuhan tersebut hanya dapat hidup di tempat dengan udara yang masih bersih, dan akan mati bila mengalami pencemaran. Contohnya adalah tumbuhan lumut epifit (Bryophyta) dan lumut kerak (Lichens), sehingga sering digunakan sebagai bioindikator pencemaran udara. Selain itu ada pula berbagai jenis tumbuhan yang toleran terhadap pencemaran, misalnya lidah mertua (Sensivera trifasciata) dan berbagai jenis tumbuhan peneduh yang hidup subur di tengah lajur jalan yang padat akan kendaraan.

Pencemaran Polusi

B. Tujuan Menentukan daya tahan tumbuhan terhadap pencemaran udara. C. Alat dan Bahan 1. Dua jenis tanaman di dalam pot, salah satunya adalah tanaman lidah mertua (Sensivera trifasciata) 2. sungkup dari bambu dan plastik 3. rokok 4. korek api D. Langkah Percobaan 1. Bagilah kelas kalian menjadi beberapa kelompok kerja. Masing-masing kelompok melakukan langkah-langkah berikut. 2. Masukkan tiap jenis tanaman ke dalam sungkup. 3. Letakkan kedua sungkup tersebut di tempat yang mendapatkan cukup cahaya untuk fotosintesis 4. Ke dalam setiap sungkup, masukkan 3 batang rokok kemudian sulut rokok tersebut sehingga mengeluarkan asap. Tutup sungkup rapat-rapat. 5. Berikan perlakuan tersebut setiap pagi atau sore selama 3 hari. 6. Amati kedua tanaman tersebut setiap hari. 7. Tuliskan hasilnya dalam tabel

E. Pembahasan 1. Berdasarkan pengamatan kalian, bagaimana pengaruh asap rokok terhadap kehidupan kedua jenis tanaman tersebut? 2. Gas-gas apa yang terkandung di dalam asap rokok? 3. Mengapa tanaman lidah mertua lebih tahan terhadap asap rokok? 4. Bila perlakuan tersebut diberikan secara terus-menerus, apa yang akan terjadi dengan kedua jenis tanaman tersebut? 5. Bahaslah data-data percobaan kalian dan carilah referensi pendukungnya. 6. Buatlah laporan dan diskusikan di dalam kelas.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Pencemaran Polusi

Pencemaran Tanah

Limbah rumah tangga seperti sampah plastik yang sukar hancur, botol-botol, karet sintetis, pecahan kaca, dan kaleng, merupakan penyebab pencemaran tanah. Sampah-sampah tersebut tidak dapat diuraikan oleh bakteri atau mikroba tanah. Karena bersifat racun, limbah-limbah tersebut bisa juga menyebabkan kematian organisme tanah. Selain limbah rumah tangga, limbah pertanian seperti sisa penggunaan pupuk buatan, pestisida, dan herbisida juga dapat menyebabkan pencemaran tanah. Limbah-limbah tersebut sukar terurai dan dapat bertahan lama di dalam tanah, sehingga residu atau sisa limbah tersebut dapat membahayakan kehidupan organisme tanah. Residu DDT di dalam tanah dapat membunuh mikroba pengurai yang sangat penting peranannya bagi proses pembusukan, dan akibatnya kesuburan tanah akan terganggu. Bila tanah yang tercemar tersebut tersiram air hujan, maka polutan di dalamnya akan larut dan akhirnya mencemari perairan. Kegiatan industri pertambangan juga dapat menimbulkan pencemaran tanah. Salah satu kegiatan penambangan yang memiliki pengaruh besar mencemari tanah adalah penambangan batu bara, penambangan emas, besi, dan sebagainya. Penggunaan senyawasenyawa untuk memisahkan biji emas, misalnya merkuri (Hg), juga sangat membahayakan organisme yang tercemarinya.

Pencemaran Suara

Pencemaran suara disebabkan oleh kebisingan atau bunyi-bunyi yang mengganggu atau merusak pendengaran manusia, memiliki intensitas di atas 50 desibel (dB). Sumber pencemaran suara antara lain kendaraan bermotor, kapal terbang, deru mesin pabrik, dan radio tape yang berbunyi keras. Pencemaran suara merupakan pencemaran serius, karena dapat menimbulkan cacat pendengaran permanen.

Pencemaran Bahan Radioaktif

Penyebab pencemaran radio aktif adalah debu radioaktif yang berasal dari bom nuklir serta reaktor-reaktornya. Bahaya yang ditimbulkannya adalah radiasi sinar , , dan partikel-partikel neutron yang lain hasil reaksi fusi dan reaksi fi si. Pengaruh paparan radioaktif terhadap gen adalah menibulkan terjadinya mutasi gen. Bila mutasi terjadi pada sel tubuh atau sel somatis, maka berpotensi menimbulkan kanker atau tumor.

Pengaruh Musik terhadap Kecerdasan Penelitian di Amerika menun juk kan bahwa musik dapat memengaruhi fisiologi organisme. Tanaman yang setiap hari diperlakukan dengan diputarkan musik rock ternyata mengalami gangguan pertumbuhan. Sedangkan yang diperlakukan dengan musik klasik menujukkan tidak ada gangguan, dan justru arah pertumbuhannya menuju ke sumber suara tersebut. Apabila musik klasik diperdengarkan pada kandungan seorang wanita hamil, maka bayi yang akan lahir akan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

 

Pengertian Pencemaran Polusi Udara, Tanah, dan Suara | medsis | 4.5