Pasar Faktor Produksi/Pasar Input

Kegiatan produksi akan dapat berjalan dengan baik apabila faktor produksi yang dibutuhkan tersedia. Keberadaan faktorfaktor produksi dapat diperoleh di pasar faktor produksi. Jadi pasar faktor produksi adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran faktor-faktor produksi yang berupa alam (tanah), tenaga kerja, modal (uang), dan pengusaha (entrepreneur). Penawaran faktor produksi berasal dari konsumen dan permintaan faktor produksi berasal dari produsen, sehingga akan dihasilkan output yang nantinya akan dijual kepada konsumen. Tempat jual beli hasil produksi (output) tersebut dinamakan pasar hasil produksi. Pasar Faktor Produksi

Perbedaan

Pasar Faktor Produksi

1. Penawaran berasal dari konsumen atau masyarakat 2. Permintaan berasal dari produsen atau pengusaha 3. Menawarkan faktor-faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal, dan pengusaha) 4. Hasil yang diperoleh berupa sewa, upah dan gaji, bunga dan laba.

Pasar Hasil Produksi

1. Penawaran berasal dari produsen atau pengusaha 2. Permintaan berasal dari konsumen atau masyarakat 3. Menawarkan barang hasil produksi (barang jadi atau setengah jadi) 4. Hasil yang diperoleh berupa uang hasil penjualan barang.

 

Pasar Faktor Produksi/Pasar Input | medsis | 4.5