Contoh Negara Maju dan Negara Berkembang

Contoh Negara Maju dan Negara Berkembang

Negara Maju dan Negara Berkembang

Negara Maju dan Negara Berkembang

Negara Maju dan Negara Berkembang – Perlu kalian ketahui bahwa posisi negara-negara sedang berkembang sifatnya sangat temporer (sementara).

Hal ini karena setiap negara senantiasa memiliki semangat untuk terus memacu diri agar menjadi negara yang mampu maningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada sub bab ini, akan dibahas contoh-contoh negara maju dan negara berkembang yang ada saat ini. Negara yang termasuk negara maju antara lain adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Jepang. Adapun kategori negara berkembang yang akan dibahas antara lain adalah Cina, India dan Brasil.

1. Contoh Negara Maju a. Amerika Serikat Amerika Serikat (United states of Amerika) merupakan negara yang berada di kawasan Amerika Utara dengan ibukota New York. Jumlah penduduknya sekitar 293 juta jiwa (pada tahun 2004 dan terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India). Tingkat pertumbuhan penduduknya 0,58% dan kepadatan penduduknya relatif rendah, yaitu 32 jiwa/km2 . Amerika Serikat sangat terkenal karena kemajuan pengetahuan dan teknologinya. Amerika Serikat memiliki pendapatan perkapita 28.740 dolar AS (1997), dan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, serta memiliki dominasi terhadap dunia lainnya yang sangat kuat sehingga sering disebut negara adi daya.

Negara Maju dan Negara Berkembang – Amerika Serikat merupakan negara industri paling maju. Beberapa jenis industri yang ada di Amerika Serikat diantaranya adalah industri mobil, pesawat terbang, pabrik baja, mesinmesin, benda elektronik, bahan makanan,produk kimia, pesawat telekomunikasi, dan industri teknologi tinggi (seperti roket, satelit, dan pesawat ruang angkasa).

Lahan pertanian negara ini meliputi 47% dari luas wilayah negara. Pertaniannya sangat maju karena memakai teknologi yang tinggi. Hasil pertanian Amerika Serikat antara lain gandum, jagung, kapas, tembakau, buah-buahan, dan sayuran. Amerika Serikat kaya dengan hutan konifer, yaitu hutan berdaun jarum seperti cemara dan pinus. Selain itu, di Amerika Serikat terdapat hutan decodous yang berkayu keras. Daerah-daerah kawasan hutan Amerika Serikat antara lain Orego, sekitar Teluk Meksiko, dan New England.

Jenis peternakan yang dibudidayakan adalah sapi perah yang terdapat di New England, Iowa, Missouri, dan Nebraska; serta sapi potong terutama daerah Dakota dan Nebraska. Jenis peternakan lainnya adalah kuda, babi, dan biri-biri. Peternakan kuda banyak diupayakan di padang rumput sekitar Texas. Potensi alam Amerika Serikat banyak menghasilkan barang tambang, seperti: a). minyak bumi, di Texas dan California; b). bijih besi, terdapat di sekitar danau-danau besar; c). batubara, merupakan endapan terbesar di dunia dan ter dapat di Pegunungan Appalachia. Pariwisata merupakan suatu kegiatan industri yang berkembang cukup pesat. Objek wisata yang cukup terkenal di antaranya Yellowstone National Park, Grand Canyon, The Great Lake, dan pusat industri perfilman di Hollywood. Adapun sektor wisata yang merupakan hasil kemajuan teknologinya adalah Pantai Florida sebagai pusat peluncuran satelit buatan NASA. Transportasi merupakan sarana penunjang produksi perindustrian dan perdagangan. Jalur lalu lintas di Amerika Serikat dilakukan melalui darat, laut, dan udara. Angkutan darat dilakukan melalui jalan raya, sungai, dan danau besar. Angkutan laut dilakukan melalui pelabuhan-pelabuhan, seperti New York dan Philadelphia di bagian timur, California, dan San Diego di bagian barat. Jalur perhubungan udara dilayani oleh perusahaan penerbangan yang cukup terkenal, di antaranya Trans World Airlines, Pan-Amerika, dan Continental Air Sevice

b. Inggris

Inggris termasuk negara maju di Eropa dengan pendapatan per kapitanya 20.170 US$ (tahun 1997 berada di bawah Amerika Serikat). Mata uang Inggris, adalah poundsterling. Nilai mata uangnya (kurs) lebih tinggi daripada dollar Amerika. Berdasarkan kriteria yang sederhana ini, Inggris dapat digolongkan menjadi negara maju dunia.

Pada tahun 2001 jumlah penduduk Inggris sekitar 60 juta jiwa dengan pertumbuhan penduduk rata-rata 0,1%. Kepadatan penduduk di Inggris sebesar 241 jiwa/km2. Hampir tiga per empat penduduk Inggris tinggal di kota. Secara geografis, Inggris terletak di sebelah barat Benua Eropa. Letaknya sangat strategis bagi perdagangan dan transportasi karena berada di antara Benua Amerika dan Eropa.

Inggris merupakan salah satu negara industri maju di dunia. Inggris adalah negara pertama di dunia yang melakukan revolusi industri. Hal ini dilakukan sejak pertengahan abad ke-18. Sektor perekonomian yang penting di Inggris di antaranya industri, pertanian, peternakan, perikanan, dan pertambangan. Barang-barang produksi Inggris meliputi tekstil, baja, kapal laut, mobil, kereta api, pesawat terbang, alat pertanian, dan barang elektronika.

Produk industri ini merupakan ekspor utama Inggris. Daerah perindustrian penting di Inggris antara lain sebagai berikut. a) Birmingham merupakan daerah industri berat, seperti mesin mobil, kereta api, pesawat terbang, mesin tekstil, dan mesin pertanian. b) London dan Oxford, daerah industri yang menghasilkan pesawat terbang dan mesin mobil. c) Glasgow, daerah industri tekstil, lokomotif, dan galangan kapal. d) New Castle, London, dan Belfast merupakan daerah industri galangan kapal. e) Leicester, daerah industri tekstil. f) Swansea, Middlesbrough, Sheffield, Glasgow, Northampton, dan Newport merupakan daerah industri baja yang cukup besar. Pertanian di Inggris dilakukan secara intensif dan mekanis. Tanaman pertaniannya, antara lain padi, gandum, buahbuahan, gula, dan sayur-sayuran. Inggris sebagai salah satu negara maju yang lahan pertaniannya terus menyempit karena berkembangnya perindustrian dengan cepat. Sehingga hasil pertanian negara ini tidak mencukupi kebutuhan dalam negri. Kebutuhan gandum didatangkan dari negara bekas jajahannya, yaitu Australia. Peternakan di Inggris juga sangat maju. Ternak yang dipelihara antara lain sapi, domba, babi, dan unggas. Inggris mempunyai armada perikanan yang besar sehingga sektor perikanannya cukup maju. Pelabuhan Inggris yang terkenal, antara lain Grimsby, Great Yarmouth, Kingston Upon Hull, dan Aberdeen. Inggris merupakan negara yang kaya akan barang tambang. Hal ini mendukung atas kemajuan industri Inggris. Hasil barang tambang Inggris, antara lain adalah sebagai berikut: a) Batubara yang terdapat di Skotlandia (di Hanarkshire, Pegunungan Pennine), Staford, Pegunungan Cambrian, dan Wales selatan. b) Tembaga, timah hitam, seng, mangan, dan bijih besi dihasilkan di Pegunungan Pannine dan Pegunungan Cambrian, sedangkan di Midlands dihasilkan bijih besi, tembaga, dan timah hitam. c) Minyak bumi di wilayah Skotlandia, sedangkan pusat penyulingan minyak terdapat di Aberden, Grangemoth, dan Dundee. Kegiatan pariwisata di Inggris berkembang cukup pesat. Hal ini karena kegiatan pariwisata merupakan aset ekonomi yang sangat penting bagi negara ini. Objek wisata Inggris antara lain Istana Birmingham dan bentuk-bentuk bangunan dengan gaya aristektur kuno.

Contoh Negara Maju dan Negara Berkembang | medsis | 4.5