Merangkai Gerak Dasar Tari Tradisional

Merangkai Gerak Dasar Tari Tradisional

Merangkai Gerak Dasar Tari Tradisional

Merangkai Gerak Dasar Tari Tradisional

Teori yang diungkapkan oleh Hawkins (2003) untuk membuat komposisi gerak, terdiri:

1. Eksplorasi yaitu pengalaman melakukan penjajakan gerak, untuk menghasilkan ragam gerak. Pada kegiatan ini berupa imajinasi melakukan interpretasi terhadap apa yang telah dilihat, didengar, atau diraba. Siswa dapat bebas bergerak mengikuti kata hatinya, mengikuti imajinasi dan interpretasinya.

2. Improvisasi yaitu pengalaman secara spontanitas mencoba-coba atau mencari-cari kemungkinan ragam gerak yang telah diperoleh pada waktu eksplorasi. Dari setiap ragam gerak yang dihasilkan pada waktu eksplorasi, dikembangkan dari aspek tenaga, ruang dan waktu sehingga menghasilkan ragam gerak yang sangat banyak.

3. Evaluasi yaitu pengalaman untuk menilai dan menyeleksi ragam gerak yang telah dihasilkan pada tahap improvisasi. Dalam kegiatan ini siswa mulai menyeleksi dengan cara membuat ragam gerak yang tidak sesuai dan memilih ragam gerak yang sesuai dengan gagasannya. Hasil inilah yang akan digarap oleh siswa pada tahap komposisi tari.

4. Komposisi yaitu tujuan akhir mencari gerak untuk selanjutnya membentuk tari dari gerak yang siswa temukan.

D. Uji Kompetensi

1. Uji Kompetensi Penampilan Kamu telah memahami dan mengetahui eksplorasi ragam gerak dasar tari. Lakukan gerak secara berkelompok, secara rampak dengan ragam gerak bervariasi dari kepala, badan, tangan dan kaki. Berikan penilaian secara bergantian dengan menggunakan tabel berikut ini! (penilaian menari secara berkelompok)

2. Uji Kompetensi Sikap Uraikan pendapatmu secara singkat dan jelas pada butir pertanyaan berikut! a. Bagaimana caranya melestarikan ragam gerak tari tradisional di Indonesia? b. Setuju atau tidak setujukah kamu dengan berkembangnya ragam gerak tari yang berasal dari luar negeri di kota-kota besar Indonesia?

3. Uji Konsepsi Jawablah dengan singkat soal berikut ini! a. Bagaimana cara mengeksplorasi ragam gerak dasar tari tradisional? b. Tulislah empat gerakan ragam gerak dasar yang ada didaerahmu!

Aktivitas Mengomunikasikan 1. Kamu telah melakukan aktivitas pembelajaran gerak tari dengan mengeksplorasi gerak dasar tari tradisional dari pakar tari yang ada di lingkungan sekolahmu. 2. Tampilkan komposisi tari hasil eksplorasi gerak dasar di lingkungan sekolahmu. 3. Tuliskan komentarmu mengenai tampilan salah satu kelompok temanmu maksimum dalam 50 kata. 4. Berikan komentar yang membangun sehingga kamu dan temanmu mengetahui keunggulan dan kelemahan masing-masing

Aktivitas Mengasosiasi 1. Setelah kalian mengamati ragam gerak, teknik gerak, rangkaian gerak dari berbagai sumber, bacalah atau carilah konsep tentang teknik gerak, gerak dasar tari tradisional dari nara sumber yang ada di lingkungan sekitar kalian. 2. Rangkaikan dan gabungkan berdasarkan pilihanmu gerak kepala, tangan, badan, dan kaki dalam 8 hitungan.

Refleksi Mengeksplorasi ragam gerak dasar tari tradisional memberikan pengetahuan tentang keanekaragaman gerak tari dan kearifan lokal tentang kehidupan masyarakat penggunanya. Keragaman gerak dasar tari tradisional ini menunjukkan pada kita bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tak ternilai harganya. Kegiatan eksplorasi gerak ini dapat memupuk sikap menghargai, menghayati, dan sekaligus menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap kelestarian ragam tari budaya Indonesia.

Merangkai Gerak Dasar Tari Tradisional | medsis | 4.5