Merancang Koreografi Aktvitas Gerak Ritmik

Merancang Koreografi Aktvitas Gerak Ritmik

Merancang Gerak Ritmik Langkah Kaki

a. Gerak Dasar Langkah

Teknik gerak langkah dalam senam irama sangat penting. Sebab, gerak langkah mendominasi seluruh gerakan dalam senam irama.

Merancang Koreografi Aktvitas Gerak Ritmik

Merancang Koreografi Aktvitas Gerak Ritmik

Berikut macam langkah yang biasa dilakukan dalam senam irama.

1) Langkah biasa Langkah biasa disebut dengan looppas.

Cara melakukannya sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang. b). Hitungan 1: langkahkan kaki kanan dari tumit, telapak kaki, kemudian ujung jari kaki. c). Hitungan 2: langkahkan kaki kiri sebagaimana kaki kanan.

2) Langkah Rapat Langkah rapat disebut juga bijtrekpas.

Cara melakukannya sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang. b). Hitungan 1: langkahkan kaki kanan ke depan. c). Hitungan 2: kaki kiri dilangkahkan ke depan, kemudian diletakkan sejajar dengan kaki kanan. d). Langkahkan kaki secara bergantian.

3) Langkah Depan Langkah depan disebut juga galoppas.

Cara melakukannya sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang. b). Hitungan 1: langkahkan kaki kanan ke depan. c). Hitungan 2: Kaki kiri menyusul dan bersama-sama melangkah dengan kaki kanan. d). Lakukan secara bergantian.

4) Langkah Samping Langkah samping atau disebut dengan zijpas.

Cara melakukannya sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang. b). Hitungan 1: langkahkan kaki kanan ke samping kanan. c). Hitungan 2: langkahkan kaki kiri ke samping kanan dan rapatkan dengan kaki kanan. d). Lakukan gerakan ke kiri.

b. Gerak Dasar Loncat:

1) Loncat ke Depan Loncat ke depan biasanya disertai ayunan kaki yang lain.

Cara melakukan gerak Loncat ke depan adalah sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang. b). Hitungan 1: Lakukan Loncatan kaki kanan, sementara itu kaki kiri diayun. c). Hitungan 2: Lakukan Loncatan kaki kiri, sementara itu kaki kanan diayun. d). Lakukan gerakan secara bergantian.

2) Loncat ke samping a). Sikap permulaan berdiri tegak dan kedua tangan di pinggang. b). Kaki kanan ditekuk di belakang dan kaki kiri digunakan sebagai tumpuan kemudian bergantian melakukan gerakan Loncatan dilakukan ke samping kanan dan samping kiri. Dilakukan berulang-ulang.

3) Loncat Kijang a). Sikap permulaan berdiri tegak dan kedua tangan di pinggang. b). Kaki kanan di tekuk di depan sampai paha lurus sejajar den kaki kiri lurus di belakang, kemudian bergantian, dan melakukan gerakan menirukan loncatan kijang. Dilakukan berulang-ulang.

4) Meloncat sambil membuka dan menutup kaki Gerakan ini harus dilakukan dengan bersemangat supaya tidak terasa sulit.

Cara melakukannya, adalah sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang. b). Hitungan 1: kaki dibuka lebar ke samping. c). Hitungan 2: Kaki ditutup secara bersamaan. d). Lakukan gerakan secara kontinu

Merancang Gerak Ritmik Ayunan Lengan

a. Gerak Ayun satu Lengan

1) Mengayunkan lengan setinggi bahu

Cara melakukan gerak mengayun satu lengan sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kedua lengan berada rapat di samping badan, kemudian jalan di tempat. b). Ayunkan lengan kanan dari samping badan sampai setinggi bahu dan membentuk sudut 90 derajat, kemudian turunkan kembali. c). Lakukan gerakan tersebut di tempat. d). Lakukan gerakan tersebut dengan lengan yang lain.

2) Mengayun Lengan Lurus ke Atas

Cara melakukannya sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kemudian jalan di tempat dengan kedua tangan rapat di samping badan. b). Ayunkan lengan dari samping badan sampai lurus ke atas, kemudian kembali lagi. c). Lakukan dengan tangan yang lain dan tetap di tempat. d). Lakukan gerakan tersebut dengan lengan yang lain.

3) Merentangkan tangan

Cara melakukannya sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kemudian jalan di tempat dengan kedua tangan rapat di samping badan. b). Kedua tangan dikepalkan di depan dada, sikut diangkat sejajar dengan bahu. c). Lakukan gerakan tersebut dengan lengan kaki.

4) Mendorong Tangan ke Atas

Cara melakukan gerakan ini sebagai berikut: a). Sikap awal berdiri tegak, kemudian jalan di tempat dengan kedua tangan rapat di samping badan. b). Kedua tangan mengepal di pinggang, telapak tangan menghadap ke atas, dan sikut dibengkokkan. c). Dorong tangan kanan ke atas, putar pergelangan tangan sehingga telapak tangan menghadap ke depan, kemudian kembali lagi ke sikap semula. d). Lakukan gerakan dengan tangan yang lain.

b. Gerakan Mengayun Dua Lengan

Ada beberapa macam gerakan mengayun dua lengan. 1) Mengayun Dua Lengan ke Depan dan ke Belakang Cara melakukan sebagai berikut. a). Posisi awal, berdiri tegak kaki kiri sedikit di depan dengan kedua lengan merapat di samping badan. b). Hitungan kesatu, kedua lengan diayun ke depan diikuti lutut mengeper.

c). Hitungan kedua, kedua lengan diayun ke belakang, sambil kedua lutut mengeper. d). Hitungan ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, ke-7 dan ke-8 gerakannya sama pada hitungan ke-1 dan ke-2. e). Posisi akhir, berdiri tegak kedua kaki rapat dan kedua lengan

2) Mengayun Dua Lengan ke Samping Cara melakukan sebagai berikut: a). Posisi awal, berdiri tegak kedua lengan berada lurus ke bawah di samping tubuh. b). Hitungan kesatu, kaki kanan digeser ke kanan dengan lutut mengeper diikuti kedua lengan diayunkan ke samping kanan. c). Hitungan kedua, kedua lengan diayun ke samping kiri berat badan digeser ke kanan dengan lutut mengeper. d). Hitungan ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, ke-7 dan ke-8 gerakannya sama dengan gerakan hitungan ke-1, dan ke-2. e). Gerakan ini dilakukan selama 2 × 8 hitungan. f). Posisi akhir, berdiri tegak kedua lengan lurus di samping badan.

3) Mengayun Dua Lengan dari Samping ke Atas Cara melakukannya sebagai berikut. a). Posisi awal, berdiri tegak kaki rapat kedua lengan lurus ke bawah di samping badan. b). Hitungan kesatu, kaki kanan digeser ke kanan diikuti kedua lengan direntangkan. c). Hitungan kedua, kedua lengan diayun atau diangkat hingga kedua lengan tepuk tangan di atas kepala. d). Hitungan ketiga, kedua lengan kembali direntangkan ke samping. e). Hitungan keempat, kaki kanan dirapatkan kembali ke kaki kiri dan kedua lengan merapat di samping badan. f). Hitungan ke-5, ke-6, ke-7, dan ke-8 gerakannya sama, tetapi kaki kiri digeser ke kiri. g). Posisi akhir, berdiri tegak kedua kaki rapat dan kedua lengan merapat di samping tubuh. h). Gerakan ini dilakukan selama 2 × 8 hitungan.

 

Merancang Koreografi Aktvitas Gerak Ritmik | medsis | 4.5