Menulis Rumusan dan Saran Penelitian

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Menulis Rumusan dan Saran Penelitian

Menulis Rumusan dan Saran Penelitian

Menulis Rumusan dan Saran Penelitian

Dalam laporan penelitian dan laporan ilmiah, uraian pada bab penutup biasanya berisi simpulan dan saran. Simpulan di sini berarti menyimpulkan dan memperlihatkan mengenai implikasi, hubungan dan akibat, atau hasil dari uraian yang telah dibicarakan. Jangan mengemukakan simpulan suatu hal apabila pembuktiannya tidak terdapat dalam uraian. Dari simpulan inilah hipotesis dapat diketahui benar atau salahnya.

Jadi, simpulan yang dimaksud artinya tidak sama dengan ikhtisar sebab ikhtisar berarti meringkaskan apa yang telah dibicarakan. Dalam hal testing research, sebagai simpulan peneliti akan menolak atau menerima hipotesis yang telah dirumuskan. Dalam penolakan atau penerimaan hipotesis, biasanya diikutsertakan pula suatu uraian yang mengaitkan penolakan atau penerimaan tersebut pada teknik dan metode yang dipakai. Kesimpulan dalam suatu penelitian bukanlah suatu karangan. Kesimpulan bukan merupakan khayalan peneliti yang bertujuan menyenangkan hati pembaca. Kesimpulan disusun berdasarkan data penelitian dari lapangan. Kesimpulan penelitian sangat erat kaitannya dengan unsur-unsur lain dalam penelitian khususnya perumusan masalah. Di dalam penelitian, peneliti mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang akan dijawab melalui kegiatan penelitian. Sehubungan dengan pertanyaan ini, kadang-kadang peneliti merumuskan jawaban sementara yang disebut hipotesis. Setelah data terkumpul dan diolah, masalah penelitian ini diharapkan dapat terjawab. Kesimpulan ditarik berdasarkan data yang sudah diolah atau dianalisis.

Sebagaimana halnya dalam pengolahan data, penarikan kesimpulan juga dapat dibedakan menjadi dua cara, yaitu

Cara nonstatistik dan cara statistik

1. Penarikan kesimpulan nonstatistik dilakukan atas data kualitatif dan data kuantitatif.

Penarikan kesimpulan dengan cara nonstatistik atas data kualitatif, dilakukan dengan membandingkan suatu standar atau kriteria yang telah dibuat oleh peneliti.

2. Penarikan kesimpulan dengan cara nonstatistik atas dasar data kuantitatif, dilakukan dengan mencari proporsi, persentase, dan rasio.

Cara ini dapat juga disebut cara statistik sederhana. Sebaliknya, penarikan kesimpulan dengan cara statistik atas data kuantitatif, dilakukan dengan cara mengolah data dengan teknik statistik.

Bagian paling akhir dari materi laporan penelitian atau laporan ilmiah adalah saran penulis yang ditujukan kepada orang atau badan yang berhubungan dengan materi tulisan. Dalam memberikan saran, penulis harus menunjukkan kesesuaian dengan masalah penguraian simpulan.

Untuk melihat ketepatan dan kewajaran simpulan perlu dijawab pertanyaan berikut ini.

1. Apakah simpulan merupakan jawaban yang langsung terhadap masalah dan tujuan penelitian?

2. Apakah perumusan simpulan telah jelas dan teliti?

3. Apakah simpulan tadi langsung berhubungan dengan pembuktian benar tidaknya hipotesis?

4. Apakah simpulan tadi dapat diperkuat dengan adanya bukti-bukti dalam uraian?

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

5. Apakah simpulan diperoleh dari hasil pertimbangan yang tidak memihak terhadap data?

6. Apakah simpulan tadi terlalu luas melebihi batas generalisasi?

Beberapa pertimbangan dalam memberikan saran adalah sebagai berikut.

1. Jangan memberikan saran pada hal-hal yang sudah berjalan.

2. Jangan memberi saran hanya bersifat menggarisbawahi.

3. Saran yang bersifat membangun.

4. Saran yang rasional.

5. Saran yang objektif.

K ata Kunci

Kesimpulan harus ditulis secara ringkas dan umum sehingga tergambar intisari dari isi penelitian. Apabila kita tidak dapat menyimpulkan kesimpulan maka kita dapat memprediksikan saran yang perlu disampaikan berkenaan dengan kemampuan kita .

Melalui diskusi kelas penulis memaparkan hasil penelitian di hadapan peserta diskusi. Para peserta diskusi diharapkan dapat mengetahui, memahami, mengevaluasi, serta memberikan saran dan kritik kepada penulis.

Tugas 

Pada subbab B Anda sudah diberi tugas penelitian di lapangan, dengan menulis topik yang Anda sukai. 1. Coba tulislah kesimpulan dan saran-saran yang Anda kemukakan! 2. Cobalah jelaskan alasan Anda membuat saran-saran tersebut!

 

Menulis Rumusan dan Saran Penelitian | medsis | 4.5