Menganalisis Kategori Keterampilan Gerak Senam Ketangkasan

Keterampilan Gerak Loncat Jongkok

Loncat jongkok adalah jenis loncatan yang dilakukan menggunakan peti lompat dengan posisi badan jongkok pada saat melewati peti lompat.

Gerak Loncat Jongkok

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak loncat jongkok melalui tahapan gerakan sebagai berikut: a. Awalan lari cepat b. Tolakan kedua kaki rapat c. Pegang peti lompat dengan kedua lengan lurus atau sedikit bengkok d. Tahan kedua tangan di atas peti lompat dengan kecenderungan gerak bahu melaju ke depan. e. Posisi badan lurus atau sedikit melengkung. f. Ketika kedua tangan menolak, kedua lutut segera ditarik ke dada sehingga menjongkok. g. Badan dan lengan terangkat ke atas depan karena dorongan kedua lengan.

h. Bahu dan pinggul segera membuka kembali untuk mendarat. i. Pendaratan dilakukan dengan urutan ujung kaki, lalu seluruh kaki, lutut ditekuk dan pinggul dibungkukkan, berdiri tegak. j. Pandangan ke depan untuk menjaga keseimbangan.

Perhatikanlah kesalahan-kesalahan dalam keterampilan gerak loncat kangkang tumpuan ujung peti lompat, yaitu: awalan lari kurang cepat, tolakan kedua kaki tidak bersamaan, peti lompat tidak tercapai dengan baik, tahanan tangan di peti lompat kurang kuat, kedua tungkai tidak ditarik mendekati dada saat tangan menolak, pendaratan kedua kaki kurang bersamaan dan tidak berurutan, dan pandangan tidak ke depan.

Gerak Loncat Jongkok

Gerak Loncat Jongkok

Aktivitas Belajar Loncat Jongkok

a. Aktivitas Belajar Meloncati Peti Lompat Bertahap Coba kalian lakukan aktivitas belajar di bawah ini untuk belajar gerak loncat jongkok: 1) Buat kelompok 5-6 orang. 2) Siapkan tiga buah peti lompat yang tingginya bertahap. 3) Lakukan meloncati secara jongkok peti lompat yang pendek. 4) Lakukan meloncati secara jongkok peti lompat yang sedang. 5) Lakukan meloncati secara jongkok peti lompat yang tinggi. 6) Saat melewati peti lompat, kedua tangan dapat menumpu di pangkal atau di ujung peti lompat. 7) Saat mendarat usahakan dengan kedua kaki yang mengeper.

8) Lakukan aktivitas tersebut terus-menerus secara bergantian sampai batas waktu yang ditentukan guru

Ringkasan

Loncat jongkok adalah jenis loncatan yang dilakukan menggunakan peti lompat dengan posisi badan jongkok pada saat melewati peti lompat. Rangkain loncat jongkok sama dengan loncat kangkang hanya saja yang membedakan adalah sikap kaki saat melewati peti lompat harus keadaan jongkok atau menarik kedua tungkai sedekat mungkin dengan dada. Belajar loncat jongkok dapat dilakukan dengan meloncati peti lompat yang memiliki ketinggian secara bertahap dari mulai yang pendek, sedang, sampai tinggi. Kalian dapat melakukan aktivitas belajar tersebut di rumah dengan menggunakan peti yang kuat dan ketinggianya sama.

 

Menganalisis Kategori Keterampilan Gerak Senam Ketangkasan | medsis | 4.5