Menentukan Lokasi Pertanian Yang Baik

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Menentukan Lokasi Pertanian Yang Baik

Lokasi Pertanian – Di daerah pedesaan, manajemen tataguna lahan lebih banyak mengarah ke sektor pertanian.

Bagaimana penentuan lokasi tanaman? Jenis pupuk apa yang cocok untuk dipakai? Dan bagaimana proses pengolahan lahannya? Maka untuk menentukan lokasi pertanian tersebut dapat dilakukan dengan cara koleksi peta dan pemetaan beberapa unsur yang penting untuk pertanian dan data sekunder lainnya baik berupa peta atau data yang dapat dipetakan.

Misalnya peta yang diperlukan adalah peta curah hujan, kondisi tanah, ketinggian, dan keadaan alam. Walaupun data sekunder tentang kriteria tersebut di atas sudah di dapat, pengecekan lapangan dan pengambilan sampel dan uji laboratorium tetap harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengup-date data, sehingga didapat data dan peta yang aktual serta akan didapat pola-polanya seperti dari data curah hujan dari tahun ke tahun.

Dari peta-peta tematik yang dibuat kita dapat mengoverlaykannya (tumpang susun) dan memberikan skor sehingga didapat peta arahan pemanfaatan lahan yang diinginkan. Dari peta tersebut kita dapat menentukan daerah mana yang cocok untuk dibuat sebagai lahan pertanian. Kita juga dapat menentukan jenis tanaman dan pupuk yang dipakai serta penanganannya.

Menentukan Lokasi Pertanian Yang Baik

Menentukan Lokasi Pertanian Yang Baik

RANGKUMAN

• Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi dan atau barang jadi menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai ekonomis yang lebih tinggi.

• Penggolongan tipe atau jenis industri dapat didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu. Salah satunya klasifikasi industri menurut Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI (SK Menteri Perindustrian no. 19/m/i/1986. Klasifikasi tersebut berdasarkan pada bahan mentah, bahan baku, tenaga kerja, asosiasi di antara kesatuan-kesatuannya, orientasi lokasinya, tahapan produksi, hasil produksinya, pengelolanya, asal modal, dan bahan dasar industri.

• Faktor-faktor penyebab aglomerasi industri antara lain adalah karena adanya kesamaan lokasi usaha yang didasarkan pada salah satu faktor produksi, terkonsentrasinya beberapa faktor produksi pada suatu lokasi, adanya kerja sama dalam menghasilkan suatu produk, kebutuhan sarana prasarana dan bidang pelayanan lainnya yang lengkap, adanya wilayah pusat pertumbuhan industri yang sesuai dengan tata ruang dan fungsi wilayah.

• Hubungan antara transportasi dengan aglomerasi industri adalah untuk memperhitungkan biaya transportasi minimum agar dapat menekan biaya produksi yang harus dikeluarkan.

• Sistem transportasi yang baik dan mudah di suatu wilayah merupakan salah satu terjadinya aglomerasi industri pada wilayah tersebut.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

• Penentuan lokasi industri dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti bahan baku, pasar, tenaga kerja, sumber energi, transportasi serta faktor-faktor pendukung lainnya.

G LO S A R I U M

Aglomerasi industri : Gejala terkonsentrasinya industri pada suatu wilayah tertentu

Bahan baku industri : Bahan mentah yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana produksi

Industri : aktivitas manusia dalam bidang ekonomi yang menghasilkan sesuatu barang atau jasa

Bahan mentah : Semua bahan yang didapat dari sumber daya alam Industri fasilitatif : Industri yang menjual jasa untuk keperluan orang lain

Industri hilir : Industri yang mengolah bahan setengah jadi menjadi barang jadi sehingga barang yang dihasilkan dapat langsung dipakai konsumen,

Industri hulu : Industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi.

Industri kecil : Industri yang bergerak dengan jumlah pekerja sedikit, modal kecil, dan teknologi sederhana Industri manufaktur : Industri yang mengolah bahan baku yang hasilnya untuk keperluan seharihari atau digunakan industri lain

Kawasan berikat : Suatu kawasan dengan batas tertentu di wilayah pabean yang di dalamnya diberlakukan ketentuan khusus di bidang pabean

Kawasan industri : Kawasan atau tempat pemusatan kegiatan industri yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana, seperti lahan dan lokasi yang strategis

Menentukan Lokasi Pertanian Yang Baik | medsis | 4.5