Pengertian Tentang Macam dan Manfaat Peta

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Pengertian Tentang Macam dan Manfaat Peta

Manfaat Peta

Manfaat Peta

Manfaat Peta – Macam macam Peta 

Manfaat Peta – Peta yang dibuat banyak sekali macamnya, hal ini tergantung kebutuhan pembuatan peta tersebut. Misalnya ada peta negaranegara ASEAN, peta persebaran bahan tambang, peta kepadatan penduduk, dan lain-lain. Walaupun ragam macam peta tersebut banyak, tetapi dapat dikelompokkan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.

Manfaat Peta

a. Berdasarkan Isinya Berdasarkan isinya, peta dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu peta umum dan peta khusus.

• Peta umum, yaitu peta yang menggambarkan kenampakan umum gejala geografi yang ada di permukaan bumi. Gejala geografi tersebut dapat berupa gejala alami (seperti sungai, gunung, lembah dan vegetasi) maupun gejala budaya/buatan manusia (seperti jalan, pemukiman, dan sawah). Contoh peta umum adalah peta topografi dan peta chorografi.

Manfaat Peta

• Peta khusus atau peta tematik, yaitu peta yang menggambarkan satu atau dua tema khusus kenampakankenampakan tertentu di permukaan bumi. Contohnya peta geologi, peta jenis tanah, peta kepadatan penduduk, dan lainlain.

Manfaat Peta

b. Berdasarkan Skalanya Berdasarkan skalanya, peta dapat dibedakan sebagai berikut. • Peta kadaster, yaitu peta dengan skala 1 : 100 – < 1: 5.000. • Peta skala besar, yaitu peta dengan skala 1 : 5.000 – < 1 : 250.000. • Peta skala sedang, yaitu peta dengan skala 1 : 250.000 – < 1 : 500.000. • Peta skala kecil, yaitu peta dengan skala yang lebih kecil dari 1 : 500.000 – < 1: 1.000.000. • Peta skala geografi, yaitu peta dengan skala lebih besar dari 1: 1.000.000

c. Berdasarkan Jenisnya Berdasarkan jenisnya, peta dapat dapat dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai berikut. • Peta foto, yaitu peta yang dihasilkan dari mozaik foto udara atau ortofoto yang dilengkapi dengan garis kontur dan legenda. • Peta garis, yaitu peta yang dibuat dalam bentuk titik, garis, dan luasan.

Manfaat Peta

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Manfaat Peta – Banyak sekali manfaat dari peta terutama peta tematik akan dapat memberikan informasi tertentu pada suatu daerah yang dipetakan. Misalnya tentang kepadatan penduduk di tiap provinsi, peta persebaran fauna di Indonesia, dan lain-lain. Secara umum, peta dapat dimanfaatkan untuk hal-hal sebagai berikut.

a. Penunjuk Arah Dengan peta, kalian dapat mengetahui arah suatu tempat dari tempat lain. Misal arah Kota Jakarta dari Medan dapat ditentukan dengan menunjuk bagian atas pada peta Indonesia sebagai arah utara. Jika ditarik garis lurus dari kota Medan ke Jakarta, kemanakah arahnya?

b. Menentukan Letak dan Jarak Suatu Wilayah Dengan peta, kalian dapat menentukan letak suatu wilayah berdasarkan garis koordinat astronomis dan mengetahui jarak suatu kota ke kota lainnya dengan mengukur pada peta kemudian dikalikan dengan penyebut skalanya.

c. Menentukan Luas Suatu Wilayah Berdasarkan skalanya, kita dapat menentukan luasan wilayah tertentu, dan dengan garis kontur kita dapat mengetahui bentuk muka bumi yang dipetakan.

d. Alat Informasi Berbagai macam informasi bisa kamu dapatkan berdasarkan simbol-simbol dan keterangan pada peta.

e. Alat Bantu dalam Membuat Perencanaan dan Keputusan Dalam merencanakan pembuatan rute jalan akan terbantu sekali jika menganalisa peta topografi.

Karena dengan peta topografi akan mengetahui bentuk muka bumi suatu wilayah yang akan dilewati jalan sehingga dapat menentukan rute yang lebih dekat dan medannya yang relatif datar.

f. Alat Pembelajaran Peta merupakan alat belajar mengenai wilayah-wilayah yang ada di permukaan bumi.

Perhatikan peta di bawah ini! 1. Tunjukkan dan sebutkan unsur-unsur komposisi peta tersebut!

2. Jenis simbol yang ada serta data apa yang ikut ditampilkan? 3. Ditinjau dari isinya, termasuk peta apa?

Macam dan Manfaat tentang Peta

Macam dan Manfaat tentang Peta

Inil hanyalah ulasan yang bersumber dari bse atau buku standar elektrik yang di desain untuk kalian sahabat mediasiswa.com

Pengertian Tentang Macam dan Manfaat Peta | medsis | 4.5