Keterampilan Gerak Tangkisan

Keterampilan Gerak Tangkisan

Keterampilan Gerak Tangkisan

Keterampilan Gerak Tangkisan

 

Tangkisan adalah pembelaan dengan mengadakan kontak langsung dengan serangan. Tangkisan dalam pencaksilat terdiri atas: tangkisan dalam, luar, atas, dan bawah. Marilah kita pelajari satu persatu mecam-macam tangkisan tersebut.

a. Tangkisan dalam

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak tangkisan dalam melalui tahapan gerakan sebagai berikut:

1) Sikap kuda-kuda tengah

2) Kedua tangan bersiap di depan.

3) Tarik salah satu tangan dari depan luar ke dalam sejajar bahu.

4) Posisi tubuh seimbang.

5) Perhatikanlah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tangkisan dalam beladiri pencaksilat yaitu: sikap kuda-kuda tengah kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.

b. Tangkisan Luar

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak tangkisan luar melalui tahapan gerakan sebagai berikut:

1) Sikap kuda-kuda tengah

2) Kedua tangan bersiap di depan.

3) Tarik salah satu tangan dari dalam depan ke luar sejajar bahu.

4) Posisi tubuh seimbang.

5) Perhatikanlah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tangkisan luar beladiri pencaksilat yaitu: sikap kuda-kuda tengah kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.

c. Tangkisan atas

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak tangkisan atas melalui tahapan gerakan sebagai berikut:

1) Sikap kuda-kuda depan

2) Kedua tangan bersiap di depan.

3) Tarik salah satu tangan dari dari bawah ke atas sehingga kepala terindungi dari serangan.

4) Posisi tubuh seimbang.

5)  Perhatikanlah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tangkisan atas beladiri pencaksilat yaitu: sikap kuda-kuda depan kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang. d. Tangkisan Bawah Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak tangkisan atas melalui tahapan gerakan sebagai berikut:

1) Sikap kuda-kuda tengah

2) Kedua tangan bersiap di depan.

3) Tarik salah satu tangan dari atas ke bawah.

4) Posisi tubuh seimbang.

5)  Perhatikanlah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tangkisan bawah beladiri pencaksilat yaitu: sikap kuda-kuda tengah kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.

e. Aktivitas Belajar Padanan Tangkisan

Coba kalian lakukan aktivitas belajar padanan untuk belajar keterampilan gerak tangkisan dalam beladiri pencaksilat: 1) Carilah teman pasangan yang seimbang. 2) Berdiri saling berhadapan dengan jarak satu lengan. 3) Salah satu siswa memukul tangan kanan, siswa yang lain melakukan tangkisan dalam. 4) Salah satu siswa memukul tangan kanan, siswa yang lain melakukan tangkisan luar. 5) Salah satu siswa memukul tangan kanan atas, siswa yang lain melakukan tangkisan atas. 6) Salah satu siswa menendang kaki kanan, siswa yang lain melakukan tangkisan bawah.

Ringkasan

Pencaksilat mempunyai empat aspek sebagai satu kesatuan yaitu: aspek akhlak, aspek beladiri, aspek seni dan aspek olahraga. Sebagai aspek beladiri, pencaksilat bertujuan menghindari diri dari segala bahaya baik secara jasmani dan rohani. Berbagai keterampilan yang diperlukan dalam pencaksilat adalah sikap kudakuda, serangn (pukulan dan tendangan), Pembelaan (elakan & tangkisan). Aktivitas belajar keterampilan gerak beladiri pencaksilat dapat dilakukan secara berpasangan (padanan).

Menganalisis Konsep Pengukuran Kebugaran Jasmani

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” merupakan ungkapan yang benar jika kita dalam keadaan sehat dan bugar. Untuk itu mari kita menjaga kebugaran jasmani kita. Manfaat yang bisa kita dapatkan bila kebugaran jasmani kita bagus adalah : (1) Mencegah terjadinya Obesitas, (2) Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung, (3) Mencegah terjadinya Penyakit Diabetes, (4) Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, (5) Menambah Kecerdasan Otak, (6) Menurunkan Resiko Terserang Kanker, (7) Membuat Awet Muda, (8) Meningkatkan Kualitas fisik  .

Lebih lanjutnya di Page yang baru !

Keterampilan Gerak Tangkisan | medsis | 4.5