Keterampilan Gerak Permainan Softball

Keterampilan Gerak Permainan Softball

Gerak Permainan Softball

Gerak Permainan Softball

Permainan Softball termasuk permainan beregu yang dapat dikelompokkan ke dalam permainan bola pukul. Permainan softball dimainkan oleh 9 orang pemain dan bermain dalam 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing 7 kali. Pergantian ini apabila regu bertahan berhasil mematikan pemain dari regu penyerang sebanyak 3 orang. Cara memainkannya ialah seorang pemukul melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pitcher (pelempar bola). Bola dipukul dengan menggunakan alat pukul (bat). Pelempar bola bertugas dari tengah lapangan, dimana anggota regunya bertugas juga di tiga home base, empat di luar lapangan dan satu di home plate. Seorang pemukul, harus berhasil mengelilingi semua base sebelum bola mengenai base yang ditujunya. Pemukul dapat menolak lemparan bola yang dirasa tidak sesuai.

1. Keterampilan Gerak Memegang Bet/Pemukul

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak memegang bet/ pemukul dengan urutan gerakan sebagai berikut:

a. Kayu pemukul dipegang erat dengan dua tangan saling merapat.

b. Posisi pegangan senyaman mungkin untuk melakukan pukulan. ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk memegang tongkat/stick softball, yaitu:

1) Pegangan bawah: tongkat dipegang dekat bonggol.

2) Pegangan tengah: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 2,5 cm/ 5 cm dari bonggol.

3) Pegangan atas: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 7,5 cm/ 10 cm dari bonggol.

Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika memegang tongkat pemukul, yaitu: pegangan kurang kuat, tidak fokus dalam memegang, memegang tidak sesuai tujuan dalam memukul, dan posisi lengan kaku.

2. Keterampilan Gerak Memukul

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak memukul dengan urutan gerakan sebagai berikut:

a. Sikap awal peganglah pemukul sesuai dengan cara memegang pemukul.

b. Kaki dibuka senyaman mungkin, sikap badan sedikit membungkuk, mengahadap ke pelemparan bola.

c. Ketika bola datang, segera ayunkan kembali kedua lengan dan tangan sehingga bola dan pemukul bertubrukan. d. Arahkan pukulan ke bawah, menyusur tanah/mendatar, atau melambung jauh ke belakang.

e. Pada akhir pukulan diikuti badan sedikit memutar sebagai gerakan lanjutan.

f. Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika memukul bola softball, yaitu: pegangan kurang kuat, tidak fokus pada bola, ayunan kedua lengan kurang maksimal, posisi badan kaku, arah pukulan tidak jelas, dan tidak ada gerak lanjut.

3. Keterampilan Gerak Melempar Bola

Keterampilan melempar bertujuan untuk melemparkan bola ke teman satu tim dalam bermain. Ada beberapa macam lemparan, yaitu: melempar bola rendah, lurus, dan tinggi.

a. Melempar Bola Rendah Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak melempar bola rendah dengan urutan gerakan sebagai berikut:

1) Berdiri posisi melangkah dengan kaki kiri di depan, menghadap ke arah lemparan. 2) Tangan kanan memegang bola.

3) Ayunkan tangan kanan ke depan dari arah bawah, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kiri ke depan.

4) Arah lemparan bola ke depan menyusur tanah.

Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melempar bola rendah softball, yaitu: memegang bola kurang fokus, pandangan tidak fokus, badan kurang bungkuk, lemparan dan langkah kaki tidak bersamaan.

b. Melempar Bola Lurus

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak melempar bola lurus dengan urutan gerakan sebagai berikut:

1) Berdiri posisi melangkah dengan kaki kiri di depan, menghadap ke arah lemparan. 2) Tangan kanan memegang bola.

3) Ayunkan tangan kanan ke depan setinggi bahu, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kiri ke depan.

4) Lempar bola ke depan lurus kurang lebih meluncur setinggi dada/bahu penerima bola yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan lempar.

Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melempar bola dalam softball, yaitu: sikap badan kaku, ayunan lengan kurang kuat, badan kaku dan tidak seimbang, tidak ada lecutan saat akhir lemparan, dan tidak diikuti gerak lanjut.

c. Melempar Bola Tinggi

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak melempar bola tinggi dengan urutan gerakan sebagai berikut:

1) Berdiri posisi melangkah dengan kaki kiri di depan, menghadap ke arah lemparan. 2) Tangan kanan memegang bola.

3) Ayunkan tangan kanan ke depan dari arah bawah ke atas, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kiri ke depan.

4) Lemparan bola ke atas dengan mengayunkan tangan lempar dari belakang bawah menuju ke atas yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan yang melempar;

5) Sikap akhir dengan gerak lanjutan dari tangan lempar lurus ke depan, dibantu dengan gerak ikutan anggota tubuh lainnya.

Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melempar bola tinggi dalam softball, yaitu: sikap badan kaku, ayunan lengan kurang kuat, memegang bola tidak sesuai, kedua kaki kurang membuka, arah lemparan tidak ke atas depan, badan kaku dan tidak seimbang, dan tidak ada gerak lanjut.

d. Melambungkan Bola (pitching)

Melambungkan bola biasanya dilakukan seorang pelambung (pitcher). Bola yang dilemparkan dengan baik ialah bola yang berada di atas home base di antara lutut dengan bahu si pemukul. jika bola dilemparkan dengan baik maupun tidak, umpire mengatakan strike. Apabila bola dilemparkan salah, yaitu tidak berada di atas home base antara lutut dan bahu si pemukul, dinamakan ball.

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak melambungkan bola melalui gerakan sebagai berikut: 1) Berdiri posisi melangkah dengan kaki kiri di depan, menghadap ke arah pemukul. 2) Tangan kanan memegang bola. 3) Ayunkan tangan kanan dari belakang ke depan, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kiri ke depan. 4) Akhiri gerakan kaki kanan ke depan, berat badan dibawa ke depan.

Perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melambungkan bola dalam softball adalah sikap badan kaku, cara melempar bola yang kurang pas / tidak masuk daerah pukulan, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak ada gerak lanjut.

Keterampilan Gerak Permainan Softball | medsis | 4.5