Keberhasilan dan Kegagalan Usaha

Keberhasilan dan Kegagalan Usaha

Keberhasilan dan Kegagalan Usaha

Keberhasilan dan Kegagalan Usaha

Analisis Kemungkinan Keberhasilan dan Kegagalan Usaha

Faktor-faktor pendukung keberhasilan usaha adalah sebagai berikut.

1) Faktor Manusia Faktor manusia merupakan faktor yang utama dalam pencapaian keberhasilan usaha karena manusia yang mempunyai ide dan rencana usaha, manusia juga yang akan mewujudkannya. Di sini diperlukan manusia yang beretos kerja tinggi, rajin, optimis, dan pantang menyerah.

2) Faktor Keuangan Faktor keuangan merupakan faktor penunjang keberhasilan usaha. Faktor tersebut digunakan untuk modal usaha serta pemenuhan segala pengeluaran untuk kepentingan operasi produksi seperti pembelian bahan baku, bahan pembantu, gaji pegawai, promosi, dan biaya distribusi. Dalam hal ini, diperlukan disiplin yang ketat dalam penggunaan dana sehingga segala kegiatan keuangan harus dicatat dan dibukukan secara rapi, teliti, dan terus – menerus.

3) Faktor Organisasi Dengan adanya faktor organisasi, sumber daya akan masuk pada suatu pola sehingga orang-orang akan dapat bekerja dengan efektif dan efisien sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan adanya organisasi, berarti seorang wirausaha dapat:

a) mempertegas hubungan dengan para karyawan, b) menciptakan hubungan antarkaryawan, c) mengetahui tugas yang akan dijalankan, d) mengetahui kepada siapa karyawan harus bertanggung jawab.

4) Faktor Perencanaan Perencanaan usaha dapat digunakan sebagai alat pengawas dan pengendalian usaha.

Oleh karena itu, perencanaan harus dibuat oleh wirausaha sejak usahanya didirikan, yaitu dimulai dari:

a) merencanakan produk apa yang akan dibuat, b) memperhitungkan jumlah dana yang diperlukan, c) merencanakan jumlah produk yang akan dibuat, d) merencanakan tempat pemasaran produk. 5) Faktor Mengatur Usaha Dalam kaitannya dengan kegiatan mengatur usaha, yang perlu dilakukan oleh seorang wirausaha adalah sebagai berikut :

a) menyusun uraian tugas pokok untuk menjalankan usahanya, b) menyusun struktur organisasi usaha, c) memperkirakan tenaga kerja yang dibutuhkan, d) menetapkan balas jasa dan insentif, e) membuat jadwal usaha, f) mengatur mesin-mesin produksi, g) mengatur tata laksana usaha, h) menata barang-barang, i) menata administrasi usaha, j) mengawasi usaha dan pengendaliannya.

6) Faktor Pemasaran Faktor pemasaran produk perusahaan dapat ditinjau berikut ini: a) daya serap pasar dan prospeknya, b) kondisi pemasaran dan prospeknya, c) program pemasarannya.

7) Faktor Administrasi Untuk menunjang kelancaran kegiatannya, sebaiknya seorang wirausaha mempunyai catatan yang rapi mengenai kegiatan dan kejadian yang terjadi setiap harinya. Catatan tersebut dibuat secara kronologis dan kemudian didokumentasikan.

Langkah-Langkah Melakukan Wirausaha

Secara umum langkah-langkah melakukan wirausaha adalah sebagai berikut. a. Tahap memulai Tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan ‘’franchising’’. Tahap ini juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan. b. Tahap melaksanakan usaha Dalam tahap ini, seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, mencakup aspekaspek: pembiayaan, sumber daya manusia, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil risiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi. c. Tahap mempertahankan usaha Tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi. d. Tahap mengembangkan usaha Tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan, perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.

Tugas Kelompok-LK 9 1.

Buatlah rencana usaha produk kerajinan, tentukan langkahlangkah melakukan wirausaha tersebut. 2. Tentukan strategi pemasaran produk kerajinan tersebut. 3. Diskusikan dengan kelompokmu dan presentasikan. 4. Buatlah laporan dan kesimpulan.

Keberhasilan dan Kegagalan Usaha | medsis | 4.5