Tentang Kawasan Industri dan Kawasan Berikat

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Tentang Kawasan Industri dan Kawasan Berikat

Kawasan Industri

Kawasan Industri

Kawasan Industri – Dalam aglomerasi industri dikenal istilah kawasan industri dan kawasan berikat.

a Kawasan Industri atau Industrial Estate Kawasan industri atau industrial estate adalah kawasan atau tempat pemusatan kegiatan industri pengolahan yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana, seperti lahan dan lokasi yang strategis.

Tujuan pembangunan kawasan industri selain mempercepat pertumbuhan industri, dimaksudkan pula untuk memberikan kemudahan bagi kegiatan industri dan mendorong kegiatan untuk berlokasi di kawasan industri. Untuk itu, dalam kawasan industri tersedia fasilitas lain seperti tenaga listrik, telepon, jalan dan tempat pembuangan limbah yang telah disediakan oleh perusahaan pengelola kawasan industri.

Kawasan Berikat (Banded Zine)

Kawasan berikat ialah suatu kawasan dengan batas tertentu di wilayah pabean yang di dalamnya diberlakukan ketentuan Desa Sindangsari Kec.Tanjung Bintang Km.20 khusus di bidang pabean. Ketentuan tersebut antara lain mengatur lalu lintas pabean dari luar daerah atau dari dalam pabean Indonesia lainnya tanpa terlebih dahulu dikenakan bea cukai atau pungutan negara lainnya, sampai barang tersebut dikeluarkan untuk tujuan impor dan ekspor. Kawasan berikat memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan, penimbunan, dan pengolahan barang yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Sehubungan dengan kawasan berikat, juga terdapat istilah industri berikat (Industrial Linkage), yaitu beberapa industri yang memiliki keterkaitan ke dalam suatu industri utama. Kaitan satu industri dengan industri lainnya dapat terjalin dari elemen-elemen (lahan, modal, mesin, tenaga kerja, informasi, pasar, transportasi, dan unsur lainnya) yang terkait dengan pengoperasionalan industri. Sedikitnya ada empat jenis keterkaitan yang menyebabkan terjadinya industri berikat, yaitu:

a. keterkaitan proses,

b. keterkaitan subkontrak,

c. keterkaitan jasa, dan

d. keterkaitan produk.

Contoh adanya industri berikat adalah industri garmen sebagai industri utamanya. Industri garmen akan dkelilingi oleh industri lainnya yang berfungsi sebagai penunjang, seperti industri tekstil, industri kancing, industri reslating, dan asesoris lainnya.

Dengan adanya keterkaitan industri yang berada pada suatu tempat tidak hanya dapat menekan biaya transportasi, tetapi juga mendukung pertumbuhan dan keberlangsungan industriindustri tersebut.

Info Geo

WPPI (Wilayah Pusat Pertumbuahan Industri) ialah suatu bentang alam yang terdiri atas beberapa daerah yang memilki potensi untuk tumbuh dan berkembangnya kegiatan industri dan memiliki keterkaitan ekonomi yang bersifat dinamis karena di dukung oleh sistem perhubungan yang mantap.

Indonesia terbagi ke dalam delapan WPPI dengan potensi sebagai berikut.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

1. WPPI Sumatra bagian utara dengan potensi sumber daya alam.

2. WPPI Sumatra bagian utara dengan potensi batubara, minyak bumi, timah dan mineral industri.

3. WPPI Jawa dan Bali dengan potensi sarana prasarana yang baik, tenaga kerja yang terampil, sumber energi dan sistem pertanian yang maju.

4. WPPI Kalimantan bagian timur dengan potensi gas dan batubara.

5. WPPI Sulawesi dengan potensi pertanian, perikanan, nikel, aspal, kapur, dan kayu.

6. WPPI Batam dan Kalimantan Barat dengan potensi hasil hutan dan gas alam.

7. WPPI Indonesia Timur bagian selatan dengan sumber potensi sumber daya alam, budaya, dan tenaga terampil untuk industri kecil.

8. WPPI Indonesia Timur bagian utara dengan potensi hasil laut, hutan, dan mineral.

Kegiatan 

Jiplaklah pulau-pulau yang ada di negara Republik Indonesia, kemudian gambarkan batasan-batasan kedelapan wilayah pusat pertumbuhan industri tersebut .

Mari Latih Diri 

1. Pernahkah kalian melihat suatu desa yang kegiatan ekonomi penduduknya hampir semuanya sama? Termasuk aglomerasikah kondisi demikian?

2. Sebutkan daerah mana saja di wilayahmu yang mempunyai ciri no. 1 di atas? Atas dasar apa terjadinya hal demikian tersebut?

 

Tentang Kawasan Industri dan Kawasan Berikat | medsis | 4.5