Materi Pengertian Menyusun Kalimat Contoh Teks Pidato

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Materi Pengertian Menyusun Kalimat Contoh Teks Pidato

Kalimat Contoh Teks Pidato

Kalimat Contoh Teks Pidato

Kalimat Contoh Teks Pidato – Menyusun Teks Pidato Banyak orang pandai berpidato dan setiap orang boleh berpidato. Kalian tentu sudah paham yang dimaksud pidato. Ya, pidato adalah penyampaian uraian secara lisan tentang suatu hal di depan umum. Dapatkah kalian berpidato? Salah satu persiapan yang perlu dilakukan sebelum berpidato adalah menyusun teks pidato. Agar kalian lebih paham, perhatikan contoh teks pidato berikut!

Kalimat Contoh Teks Pidato

Sampah Menjadi Kompos

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua. Bapak, Ibu, dan hadirin yang terhormat. Tiada henti-hentinya marilah kita memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hanya dengan limpahan nikmatNya, kita dapat bertemu di tempat ini. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Desa yang berkenan hadir dalam acara ini. Hadirin yang terhormat. Jika kita amati lingkungan sekitar, kita akan selalu menemukan tumpukan sampah di mana-mana. Sampah-sampah tersebut jika tidak ditangani dengan baik, akan menimbulkan berbagai malapetaka. Misalnya, banjir, wabah demam berdarah, diare, dan sebagainya.

Kalimat Contoh Teks Pidato

Ada banyak cara untuk menangani masalah sampah. Salah satu cara memanfaatkan sampah adalah dengan mengubah sampah menjadi kompos. Langkah-langkah membuat kompos dari sampah adalah sebagai berikut. 1. Kita siapkan galian di tanah seluas 1 m2 . 2. Kita pilahkan antara sampah yang mudah busuk dan yang tidak mudah busuk. 3. Sampah yang mudah busuk, seperti daun-daun dan sayuran, kita masukkan ke dalam galian tanah. 4. Sampah lapis pertama kita ratakan dan kita timbun dengan tanah. Begitu seterusnya sampai beberapa lapis. 5. Setelah dua bulan, timbunan sampah sudah berubah menjadi kompos dan dapat digunakan untuk pupuk tanaman. Bapak, Ibu, dan hadirin yang terhormat. Demikian keterangan yang dapat kami sampaikan tentang cara membuat kompos dari sampah. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kehadiran Bapak, Ibu semua. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Setelah memerhatikan dan mencermati contoh teks pidato tersebut, kalian dapat menemukan bagian-bagian teks pidato. Secara garis besar, bagian-bagian teks pidato adalah salam pembuka, pendahuluan, isi pidato, simpulan, dan penutup.

1. Buatlah kerangka teks pidato bertema pertanian! 2. Susunlah teks pidato secara lengkap berdasarkan kerangka yang telah kalian buat!

Kalimat Contoh Teks Pidato – Menghubungkan Isi Puisi dengan Realitas

Puisi merupakan manifestasi kehidupan, simbol-simbol kehidupan, atau mimesis kehidupan. Sebab itu, puisi bisa disebut juga sebagai ekspresi jiwa, yaitu yang mengekspresikan fenomena sosial melalui kata-kata yang figuraitif. Sebagai simbol sosial, tentu saja puisi merupakan penyebar nilai-nilai sosial yang diketahui oleh pengarangnya sebagai bahan baku imajinasinya. Seorang pengarang ketika mengolah imajinasinya untuk bahan puisi, tentu saja bermula dari keadaan sosial yang dilihatnya, dirasakannya, dan diketahuinya. Mustahil seorang pengarang membuat puisi mengabaikan fenomena sosisal.

Pengarang menemukan ide puisinya, memupuk imajinasinya, bermula karena melihat kenyataan sejarah, keadaan budaya, gejolak sosial, keadaan sosial, komunitas sosial, elemen sosial, dan simbol-simbol sosial yang ada. Nilai-nilai yang timbul dalam cerpen dilihat dari unsur sosialnya adalah (1) tokoh-tokoh yang diciptakannya sebagai pelaku sosial; (2) keadaan ekonomi yang menggerakkan elemen sosial (simbol sosial); (3) konflik yang dibangun antartokoh sehingga cerita terasa utuh dan mimesis kehidupan; (4) ideologi tokoh-tokohnya; (5) sejarah perkembangan manusia yang dilihat digambarkan dalam cerita. Puisi selain sebagai fenomena sosial, juga sebagai ekspresi budaya. Penyair tentu saja akan berpijak pada sebuah peradaban yang dibangun dari wujud kebudayaan sebagai bahan penciptaannya. Wujud kebudayaan menurut pendapat Koentjaraningrat (1994: 5) terdiri atas tiga bagian: a. wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan; b. wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dan masyarakat; c. wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

Kalimat Contoh Teks Pidato

Baca puisi di bawah ini! Tandai simbol alam, sosial, budaya, dan masyarakat.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Kerendahan Hati Karya Taufiq Ismail Kalau engkau tak mampu menjadi beringin yang tegak di puncak bukit Jailah belukar, tetapi belukar yang baik, yang tumbuh di tepi danau Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar, Jadilah saja rumput, tetapu rumput yang memperkuat tanggul pinggiran jalan Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya Jadilah saja jalan kecil, Tetapi jalan setapak yang Membawa orang ke mata air Tidaklah semua menjadi kapten tentu harus ada awak kapalnya …. Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya nilai dirimu Jadilah saja dirimu …. Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri

1. Carilah simbol-simbol alam, sosial, dan budaya dalam puisi di atas. 2. Adakah unsur alam, budaya, sosial, dan gambaran masyarakat pada puisi di atas? 3. Diskusikan olah kalian unsur-unsur yang disebutkan di atas!

Rangkuman

Kalian memahami isi cerita rakyat yang disampaikan secara langsung atau rekaman. Tujuannya agar kalian menemukan secara langsung hal-hal yang menarik, baik latar atau nilai ajarannya. Kalian belajar mengomentari informasi yang didapat dengan bentuk kritikan. Sebagai peninggalan masa lalu, karya sastra Melayu harus dilestarikan, terutama melestarikan nilai-nilainya. Nilai sastra melayu bisa dikaitkan dengan kehidupan masa kini. Dalam organisasi, kalian dituntut belajar berpidato, sehingga kalian harus belajar menulis naskah pidato. Begitu juga kalau kalian mengikuti lomba berpidato maka kalian harus membuat konsep dan kerangka naskah pidato agar terfokus. Puisi sebagai karya sastra memiliki nilai sosial, budaya, dan simbol alam. Nilainilai ekstrinsik itu harus digali melalui kegiatan apresiasi terhadap karya puisi.

Kalimat Contoh Teks Pidato

Refleksi

Sebagai manusia berbudaya kita harus menghargai peninggalan masa lalu, di antaranya karya sastra lama, yaitu cerita rakyat dan sastra Melayu. Cerita rakyat dan sastra Melayu mengandung nilai-nilai peradaban, nilai-nilai moral, dan petuah-petuah. Setelah membaca prosa lama, kalian harus lebih memahami isi puisi, terutama menemukan nilai sosial, budaya, dan keadaan alam yang digambarkan dalam puisi melalui bahasa yang figuratif.

Soal-Soal Pengembangan Kompetensi

1. Jelaskan hal-hal menarik tentang latar kutipan cerita rakyat berikut! Kerbau Danu ………………………………………………………………………………………

Ketika murid-murid Ki Sadipo berdatangan, Ki Sadipo berkata kepada mereka bahwa putranya telah berubah menjadi kerbau. Ia juga memperingatkan mereka agar berhati-hati. ”Mulai sekarang, kalian harus berhati-hati. Jika di antara kalian ada yang memiliki kerbau jantan, sembelih saja dengan segera sebelum dimangsa oleh Kerbau Danu yang telah menjadi siluman. Janganlah heran, jika kerbau betinamu dapat bunting tanpa adanya kerbau jantan. Itulah perbuatan Kerbau Danu.”

………………………………………………………………………………………

2. Bacakan dengan saksama teks berikut, kemudian tuliskan tanggapanmu atas informasi yang ada di dalamnya! Memelihara Ikan Koi Memelihara ikan koi, bagi penggemar ikan ini, merupakan kesenangan sekaligus mengharap keberuntungan. Akan tetapi, ini bukan sembarang hobi sebab memelihara ikan koi diyakini bisa memperoleh hoki, mendapatkan kekayaan berlimpah, dan panjang umur. Bagi mereka, ikan koi merupakan simbol keberuntungan. ”Hampir semua lukisan bertema ikan koi menunjukkan jumlah ikannya sembilan ekor. Angka sembilan juga dianggap sebagai angka hoki,” kata Johanes Hariyanto, Direktur PT BSD, kepada Kompas, pekan lalu. Hariyanto adalah satu dari sekian banyak penggemar ikan koi. Mereka menjadikan ikan koi sebagai gaya hidup. Namun, mereka meyakini pula ikan koi menghasilkan uang karena punya nilai ekonomis tinggi.

Selain itu, ikan koi juga menjadi simbol panjang umur. ”Ikan koi sendiri umumnya berumur panjang. Di Jepang bahkan ada yang berusia lebih dari 200 tahun. Keindahan ikan koi terlihat jika kita melihatnya dari atas. Karena itu, ikan koi lebih cocok dipelihara di kolam, bukan di akuarium,” ungkapnya. Hariyanto membangun kolam ikan khusus berukuran 210 meter kubik yang berisi 126 ekor. ”Jumlah ini kalau angka-angkanya ditambah menjadi angka sembilan,” kata Hariyanto menjelaskan. Sebagian besar ikan koi miliknya sudah besar-besar. Ikan koi yang panjangnya lebih dari 30 sentimeter dengan berat 6 kilogram jika dijual harganya lebih dari Rp20 juta per ekor. Ikan koi sepanjang 8 sentimeter harganya sekitar Rp3 jutaan. Namun, menurut Hariyanto, dia belum pernah menjual ikan koi peliharaannya itu. ”Kalau pemijahan ikan koi ini berhasil, saya akan memberikan sebagian kepada masyarakat sekitar,” katanya. Menyaksikan ikan-ikan koi di kolamnya berkumpul saat makanan dilempar, merupakan kebahagiaan yang tiada tara bagi pemiliknya. Keyakinan bahwa ikan koi dapat menghilangkan stres merupakan salah satu faktor, mengapa banyak orang yang memelihara ikan ini. Sumber: Kompas, 7 Juli 2007

3. Bacalah salah satu karya sastra Melayu klasik di perpustakaan sekolahmu. Sebutkan ciri-ciri dan analisislah unsur intrinsiknya. 4. Buatlah teks pidato bertema pertanian! 5. Temukan masing-masing tiga kalimat aktif dan pasif

Materi Pengertian Menyusun Kalimat Contoh Teks Pidato | medsis | 4.5