Mendengar Informasi Dengan Menulis Paragraf Persuasif

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Mendengar Informasi Dengan Menulis Paragraf Persuasif

Informasi

Informasi

Informasi – Mendengarkan Informasi

Informasi – Kegiatan mendengarkan telah Anda lakukan pada pela jaran-pelajaran sebelumnya. Kegiatan ini diharapkan mampu melatih alat pendengaran Anda sehingga Anda semakin terampil mendengarkan atau menyimak. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kegiatan mendengarkan atau menyimak yang harus Anda perhatikan, di antaranya sebagai berikut. 1. Faktor sikap; 2. faktor motivasi; 3. faktor pribadi (psikologis); 4. faktor situasi kehidupan; 5. faktor peranan dalam masyarakat. Kelima faktor tersebut harus dapat dikuasai dan diatasi jika Anda ingin mempunyai kemampuan mendengarkan atau menyimak yang baik. Sekarang, perhatikanlah contoh informasi yang akan dibacakan berikut. Dengarkanlah dengan saksama.

Informasi

Menghitung Nasib Pelabuhan Cirebon

Informasi – Pelabuhan Cirebon merupakan satusatunya pelabuhan laut yang dimiliki Provinsi Jawa Barat. Sebelum Banten memisahkan diri, Jabar memiliki tiga pela buh an besar yang memberikan kontribusi pendapatan bagi pe merin tah setempat. Dua pelabuhan lainnya adalah Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan. Kondisi Pelabuhan Cirebon saat ini, boleh dikatakan menghitung hari. Pasalnya, PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II selalu mengalami kerugian mengelola pelabuhan tersebut. Berdasarkan laporan tahunan PT. Pelindo II Cabang Cirebon, tingkat kerugian pelabuhan tersebut cukup besar.

Informasi – Bahkan pada 2003, neraca keuangan pela buhan menunjukkan angka defisit hingga Rp6 miliar. Kerugian yang lumayan besar itu, terjadi akibat adanya ketimpangan antara biaya opera sional dan pendapatan. Pada tahun-tahun sebelum nya, defisit pelabuhan rata-rata men capai Rp3 miliar per tahun. Akibat kerugian itu, PT Pelindo II terpaksa memberikan suntikan dana untuk membiayai kegiatan operasional Pelabuhan Cirebon. PT Pelindo II, terpaksa melakukan subsidi silang dengan mengambil keuntung an dari pe labuhan-pelabuhan lainnya. Rencana pembangunan jangka menengah (2000–2010), adalah pembangun an dermaga sepanjang 1.600 meter yang meliputi pembangun an dermaga peti kemas, dermaga general cargo, dan renovasi Dermaga Surya Sumantri, serta dermaga perniagaan.

Sementara untuk mendukung pengopera si an dermaga, rencananya akan di bangun lapangan penumpukan, dengan luas areal 59.800 meter persegi. Pengerukan dilaksanakan secara ber kesinambungan guna merawat jalur pelayaran di pelabuhan agar senantiasa dapat dilalui kapal. Dalam pembangunan jangka menengah ini, rencananya akan mengeruk 4,8 juta meter kubik tanah di sepanjang alur dan kolam pe labuhan. Penataan lahan di wilayah pe labuh an seluas 20 ribu meter persegi itu, akan digunakan sebagai perkantoran, galang an kapal dok Kodja Bahari, dan perkantoran lainnya, termasuk penataan Rumah Sakit Pelabuhan. Adapun, rencana jangka panjang hingga 2025, pembangunan Pelabuhan Cirebon akan dipro yeksikan pada per panjangan breakwater, renovasi dermaga pelayaran rakyat (Pelra), pembangunan jalan, reklamasi kolam pabean untuk mendukung areal Pelra, serta pembangun an bussiness center seluas 46,4 meter persegi. Sumber: Harian Republika, 16 September 2004

Menyampaikan Kritik

Apakah Anda pernah mengungkapkan kritik terhadap suatu permasalahan? Permasalahan apakah itu? Kritik biasa di identikan dengan ketidaksetujuan terhadap suatu per masalahan. Padahal, tidak semuanya demikian. Pada pembelajaran mendengarkan di pembelajaran 9A, Anda telah mampu memberi tanggapan terhadap suatu permasalahan. Tanggapan yang Anda berikan dapat berupa kritik yang membangun, yang mendorong seorang yang dikritik mampu mengubah diri menjadi lebih baik. Misalnya, Mengapa pelabuhan Cirebon dapat mengalami kerugian? Tentu ini akan berdampak negatif terhadap transportasi laut. Saya harap masalah ini segera diatasi karena jika dibiarkan akan menimbulkan berbagai masalah. Terima kasih. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2001), kritik diartikan sebagai kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Kita dapat memaknai bahwa kritik lebih dari sekadar memberikan pendapat.

Dalam kritik biasanya muncul nada yang bersifat mengecam sekaligus membangun. Kritik yang disampaikan secara keras dapat menimbulkan konflik antara kritikus dan orang orang yang dikritik. Oleh karena itu, sebaik nya kritik disampaikan dengan cara lain yang lebih dapat diterima. Misalnya, dalam bentuk sindiran atau humor. Dalam berbagai peristiwa yang terjadi, banyak hal yang dapat kita kritisi. Misalnya, mengritik kebijakan pemerintah, mengritik peristiwa atau kejadian yang melibatkan tokoh atau lembaga penting. Salah satu contoh peristiwa yang banyak menuai kritik masyarakat adalah kasus penyakit minamata yang terjadi di Teluk Buyat, Minahasa yang terjadi pada Juli 2004 yang lalu. Penyakit minamata tersebut disebabkan pencemaran limbah berbahaya oleh industri yang ada di sekitar perairan produktif. Gejala yang diderita masyarakat yang terkena mina mata, di antaranya mati rasa hingga mengalami kelumpuhan, gatal-gatal di seluruh tubuh, muncul benjolan di beberapa bagian tubuh, dan melahirkan bayi yang cacat. Peristiwa ini dapat menyulut perdebatan dan perseteruan sengit.

Berbagai kritik disampaikan kepada pemerintah dan perusahaan penam bang emas (PT. Newmont) yang ada di sana. Salah satu kritik yang disampaikan adalah sebagai berikut. Saya sangat prihatin dengan masalah ini. Saya berharap semoga masalah ini cepat terselesaikan. Selanjutnya, bagi pihak-pihak yang dirugikan dimohon segera dibantu agar masalah ini tidak merugikan pihak lainnya lagi. Untuk itu, pemerintah harus dengan sigap menyelesaikannya. Saya yakin pemerintah dapat dengan cepat menyelesaikan masalah ini.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Menulis Paragraf Persuasif

Anda sekarang pasti telah mahir menulis beberapa bentuk karangan yang sudah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Pada pembelajaran berikut ini Anda akan belajar menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif Karangan persuasif hampir sama dengan karangan argumentasi. Karangan argumentasi merupakan karangan yang memberikan alasan kuat dan menyakinkan agar pembaca mengikuti kebenaran gagasan penulis. sementara itu, karangan dengan pengembangan paragraf persuasif penekannya lebih pada ajakan agar pembaca mengikuti kebenaran gagasan penulis. Ciri khusus karangan dengan pengembangan pargraf persuasif biasanya terdapat kalimat perintah ajakan. Pada pembelajaran kali ini juga akan dibahas aspek kebahasaan kalimat perintah ajakan. Perhatikan contoh paragraf persuasif berikut. Tujuan Belajar Anda diharapkan dapat: r mengemukakan gagasan yang dimiliki dalam paragraf persuasif; r menentukan dulu pokok-pokok tulisan yang akan Anda tulis.

C Menulis Paragraf Persuasif

Baik piyu dan musikus yang hadir pada pertemuan dialog tersebut secara tidak langsung sepakat dengan ajakan Idris Sardi untuk mengakhiri pro-kontra yang terjadi mengenai pita cukai rekaman. “Untuk apa di depan berpelukan, tetapi di belakang saling menjelek-jelekkan. Kita harus bersatu dan pembajakan di dunia musik harus dibasmi secara kolektif. Karena yang memetik keuntungan dari pro-kontra yang terjadi mengenai pita cukai rekaman.”

Paragraf tesebut merupakan paragraf persuasif. Kalimat perintah ajakan pada paragraf tersebut adalah Kita harus bersatu dan pembajakan di dunia musik harus dibasmi secara kolektif . Kalimat perintah merupakan kalimat yang intonasinya intonasi imperatif dan dari segi arti mengandung perintah, permintaan, atau larangan. Pada kalimat perintah ajakan biasanya menggunakan kata ayo, mari, sebaiknya, dan harus

Mengidentifikasi Sastra Melayu Klasik

Pembahasan mengenai karya sastra Melayu Klasik telah Anda lakukan pada pembelajaran sebelumnya (pembelajaran 7B). Jika Anda perhatikan kembali teks sastra tersebut, Anda dapat mengetahui bahwa teks tersebut sudah merupakan hasil penulis an ulang yang disesuaikan dengan ejaan bahasa Indonesia yang berlaku saat ini. Teks-teks aslinya biasanya ber bahasa Arab Melayu yang saat ini sudah sulit diperoleh. Anda dapat mengunjungi museum atau pusat-pusat dokumentasi naskah kuno untuk melihat bentuk aslinya.

Abunawas

Tersebutlah perkataan Abunawas dengan bapaknya diam di negeri Baghdad. Adapun Abunawas itu sangat cerdik dan terlebih bijak daripada orang banyak. Bapaknya seorang Kadi. Sekali peristiwa, bapaknya itu sakit dan hampir mati. Ia meminta Abunawas mencium telinga nya. Telinga sebelah kanannya sangat harum baunya, sedangkan telinga kiri sangat busuk. Bapaknya menerangkan bahwa semasa mem bicarakan perkara dua orang, dia pernah men dengar aduan seorang dan tiada mendengar aduan yang lain. Itulah sebabnya sebelah telinga nya menjadi busuk. Ditam bahnya juga kalau anaknya tidak mau menjadi kadi, dia harus mencari helah melepaskan diri. Hatta, bapak Abunawas pun telah berpulanglah dan Sultan Harun ArRasyid mencari Abunawas untuk menggantikan bapaknya. Maka Abunawas pun membuat gila dan tiada tentu kelakuannya. Pada suatu hari, Abunawas berkata kepada seorang yang dekatnya, “Hai, gembala kuda, pergilah engkau memberi makanan rumput kuda itu.” Maka si Polan itu pergi menghadap sultan dan meminta dijadikan kadi. Permintaan dikabulkan dan si Polan itu tetap menjadi kadi dalam negeri. Akan Abunawas itu, pekerjaan nya tiap hari ialah mengajar kitab pada orang negeri itu. Sumber: Buku Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik, 1991

 

 

Mendengar Informasi Dengan Menulis Paragraf Persuasif | medsis | 4.5