Menanggapi dengan Bahasa Indonesia Yang Baik

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Menanggapi dengan Bahasa Indonesia Yang Baik

Indonesia Yang Baik

Indonesia Yang Baik

Indonesia Yang Baik  – Dengan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar diharapkan putra-putri Indonesia sanggup menjalin persatuan di antara anak bangsa Indonesia serta dapat berperan serta dalam memajukan kecerdasan bangsa Indonesia. Kalian sebagai siswa pun tidak luput dari harapan itu. Di awal pertemuan, kita akan mengangkat topik “Peristiwa”. Melalui topik ini,diharapkan: Pertama, kalian mampu menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik dengan mencatat pokok berita, mengungkapkannya kembali, mengajukan pertanyaan, dan menjawab pertanyaannya.

Indonesia Yang Baik  –  Kedua, kalian akan disuguhkan cerita, baik fiksi maupun nonfoksi sehingga kalian bisa mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsiknya Ketiga, kalian bisa memahami kohesi dan koherensi dalam paragraf dan membuat paragrafnya dengan benar. Keempat, kalian bisa menunjukkan karakteristik paragraf deskripsi, menyusun paragrafnya, serta menyuntingnya. Kelima, kalian bisa mengidentifikasi kata serapan asing dengan baik dan benar, serta membuat kalimat dengan menggunakan unsur serapan asing. Kenam, kalian bisa menentukan tema puisi, mengungkapkan makna yang terkandung dalam pusi, dan mengungkapkan pesan dalam puisi. Selamat belajar dan sukseslah selalu.

Indonesia Yang Baik

1.1 Teks Nonberita Simaklah pembacaan teks nonberita berikut ini! Langkah Mudah Atasi “Jetlag” Mual, sulit tidur, tidak enak badan, emosi yang tidak stabil merupakan tandatanda seorang mengalami jetlag. Tak jarang, hal ini menjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas. Meski dianggap normal, adakah cara untuk mengatasinya? Jetlag terjadi karena adanya perbedaan waktu dari tempat keberangkatan ke daerah tujuan, sehingga tubuh kita dipaksa untuk menyesuaikan diri, yang disebut juga dengan circadian rhythms. Para ahli mengatakan, risiko jetlag lebih kecil pada perjalanan dari timur ke barat dibandingkan dari barat ke timur. Bahasa dan Sastra Indonesia

Indonesia Yang Baik  – Teks Nonberita Simaklah pembacaan teks nonberita berikut ini! Langkah Mudah Atasi “Jetlag” Mual, sulit tidur, tidak enak badan, emosi yang tidak stabil merupakan tandatanda seorang mengalami jetlag. Tak jarang, hal ini menjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas. Meski dianggap normal, adakah cara untuk mengatasinya? Jetlag terjadi karena adanya perbedaan waktu dari tempat keberangkatan ke daerah tujuan, sehingga tubuh kita dipaksa untuk menyesuaikan diri, yang disebut juga dengan circadian rhythms. Para ahli mengatakan, risiko jetlag lebih kecil pada perjalanan dari timur ke barat dibandingkan dari barat ke timur.

Indonesia Yang Baik

Indonesia Yang Baik

Berikut ini cara untuk mengatasi jetlag:

1. Sesampainya di tempat tujuan, sebaiknya segera sesuaikan jam biologis Anda, seperti jam makan dan tidur dengan waktu setempat. Hal ini akan membantu tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan waktu. 2. Biarkan tubuh diterpa sinar matahari setelah sampai di tempat tujuan atau membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar. Sinar matahari tersebut akan memberi rangsangan pada selsel tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Dengan demikian tubuh akan lebih cepat beradaptasi dengan waktu setempat. 3. Bila kedatangan Anda di tempat tujuan sudah dipenuhi dengan berbagai jadwal, sebaiknya pilihlah jadwal keberangkatan yang jam kedatangannya cukup jauh dengan jadwal yang pertama. Jeda waktu ini merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh beradaptasi dengan lingkungan dan waktu setempat. 4. Usahakan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga untuk memberi sistem kekebalan yang lebih pada tubuh. Dengan begitu, Anda pun tidak terlalu mudah terserang rasa pusing, dan sebagainya. 5. Pastikan bahwa Anda sudah tidur yang cukup pada malam sebelum keberangkatan. 6. Perjalanan yang kadang memakan waktu lebih dari sehari, bisa dimanfaatkan dengan melatih jam biologis untuk menyesuaikan diri di tempat tujuan. Misalnya, tidur di jam yang sesuai dengan waktu tujuan. 7. Cobalah untuk menggerakkan tubuh dengan berjalan-jalan di sekitar kabin pesawat. Cara ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kaki bengkak karena kurang lancarnya peredaran darah ke kaki akibat duduk yang terlalu lama. 8. Pastikan bahwa Anda meminum air mineral yang cukup banyak untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Sumber: Kompas, 1 April 2006

Unsur-unsur Sastra dalam T eks

Ketika Anda di sekolah menengah pertama, Anda telah mempelajari unsur intrinsik dan ekstrinsik yang ada dalam sebuah karya sastra, baik cerpen maupun novel. Sekarang, Anda akan mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) yang ada dalam cerita (nonsastra). Perhatikan kutipan teks berikut ini! … . Di Yogyakarta, komunitas Etnoreflika juga cukup menjadi perbincangan. Garapan filmnya agak lain, berupa video partisipatory sehingga mirip film dokumenter. Mereka mengangkat tema semisal kehidupan anak-anak jalanan atau kelompok sosial tertentu. Sejak terbentuk tahun 2000, sekelompok mahasiswa Jurusan Antropologi UGM ini sudah memproduksi 22 film pendek. Komunitas film inside biasanya terbentuk dari keseragaman minat dan keinginan, bisa oleh sekumpulan anak nongkrong, teman sekolah, teman kuliah, atau teman diskusi. Di Malang, Jawa Timur, komunitas Kine Klub Universitas Muhammadiyah Malang yang terbentuk tahun 1999 sampai sekarang bahkan masih “ndompleng” universitas, menjadi sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). … . (Kompas, Minggu, 20 Agustus 2006)

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Paragraf

Seperti halnya kalimat, sebuah paragraf harus memenuhi syaratsyarat tertentu. Paragraf yang baik dan efektif harus memenuhi syarat kohesi (hubungan bentuk) dan koherensi (hubungan makna). Kohesi berkenaan dengan hubungan bentuk antara bagian-bagian dalam suatu paragraf. Koherensi adalah keterkaitan makna antara bagianbagian paragraf. Karena itu, suatu paragraf dikatakan memenuhi syarat kohesi dan koherensi bila kalimat-kalimat yang membina paragraf itu secara bersama-sama menyatakan suatu hal atau tema tertentu. Selain itu kalimat-kalimat itu juga harus mempunyai hubungan yang logis atau tidak rancu.

Menulis Deskripsi

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak menulis adalah menentukan topik. Topik sangat banyak dan bertebaran di mana-mana. Topik dapat dicari dari masalah-masalah seperti politik, ekonomi, kesenian, olahraga, kesehatan, pendidikan, teknologi, dan hiburan. Setelah Anda dapat menentukan topik, topik tersebut perlu dibatasi supaya masalah dan ruang lingkup yang dibahas tidak terlalu luas dan lebih jelas. Topik dapat dibatasi berdasarkan tempat, waktu, sebab-akibat, rincian, dan sebagainya.

Unsur Serapan Asing

Dalam perkembangannya, bahasa Indonesia menyerap unsur dari berbagai bahasa lain, baik dari bahasa daerah (lokal) maupun dari bahasa asing, seperti Sanskerta, Arab, Portugis, dan Belanda. Berdasarkan taraf integrasinya, unsur serapan dalam bahasa Indonesia dapat dibagi atas 3 golongan besar, yaitu: 1. Unsur pinjaman yang belum sepenuhnya terserap ke dalam bahasa Indonesia. Unsur pinjaman ini dapat dipakai dalam konteks bahasa Indonesia, tetapi pengucapannya masih mengikuti cara asing. Contoh: reshuffle, shuttle cock, real estate, dan sebagainya. 2. Unsur pinjaman yang pengucapan dan penulisannya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia. Diusahakan agar ejaannya hanya diubah seperlunya sehingga dapat dibandingkan dengan bentuk asalnya. 3. Unsur yang sudah lama terserap dalam bahasa Indonesia tidak perlu lagi diubah ejaannya. Contoh: otonomi, dongkrak, paham, aki, dan sebagainya

Mendengarkan Puisi

Lapis Makna Puisi

Untuk memahami secara utuh sebuah puisi, di samping harus memahami lapis bentuk/struktur, kita perlu pahami lapis makna puisi serta unsur ekstrinsik yang turut mendukung; seperti biografi pengarang, latar sosial, budaya, politik saat puisi dibuat, dan sebagainya. Yang termasuk lapis makna dalam puisi adalah: a. tema/sense adalah gagasan pokok yang diciptakan/dilukiskan oleh penyair melalui puisinya. b. perasaan/feeling adalah sikap penyair terhadap tema yang dikemukakan dalam puisinya. c. nada dan suasana/tone adalah sikap penyair terhadap pembaca/ penikmat puisi. d. amanat adalah pesan yang hendak disampaikan oleh penyair. Amanat seringkali tersirat di balik kata-kata yang disusun dan juga berada di balik tema yang diungkapkan. Seringkali amanat ini tidak disadari penyair.

Rangkuman 

1. Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat atau laporan atau informasi baru yang disajikan dalam pembacaan dan penulisan yang jelas, aktual, dan menarik. 2. Unsur berita meliputi 5 W (Who–siapa yang terlibat dalam peristiwa itu , What–apa yang terjadi, When–kapan peristiwa itu terjadi, Where–di mana peristiwa itu terjadi, dan Why– mengapa hal itu terjadi), dan 1 H (How– bagaimana peristiwa itu terjadi). 3. Unsur intrinsik sastra meliputi tokoh, latar, alur, dan amanat, sedangkan unsur ekstrinsik meliputi sosiologi, psikologi, ataupun budaya pengarang, dan lain-lain. 4. Jeda adalah perhentian sementara dalam pembacaan teks. Lafal adalah ketepatan pengucapan. Intonasi adalah naik turunnya nada entah dalam kalimat tanya, kalimat berita, ataupun kalimat perintah. 5. Paragraf adalah gabungan kalimat yang mengandung satu gagasan pokok dan didukung oleh gagasan-gagasan penjelas. Paragraf yang baik dan efektif harus memenuhi syarat kohesi dan koherensi. 6. Tulisan deskripsi adalah tulisan yang bertujuan memberi gambaran suatu objek kepada pembaca secara rinci dan jelas tanpa disertai pendapat penulis terhadap objek tersebut. 7. Ada tiga unsur serapan dalam bahasa Indonesia, yaitu (a) unsur pinjaman yang belum sepenuhnya terserap ke dalam bahasa Indoensia, (b) unsur pinjaman yang pengucapan dan penulisannya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia, dan (c) unsur yang sudah lama terserap dalam bahasa Indonesia tidak perlu lagi diubah ejaannya. 8. Kerangka karangan adalah garis besar dari halhal yang hendak ditulis sehingga mudah untuk menuangkan ide secara sistematis, terarah, dan kemungkinan mendapatkan kelengkapan materi.

Menanggapi dengan Bahasa Indonesia Yang Baik | medsis | 4.5