Materi Indera Alat Pendengaran pada Manusia

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Materi Indera Alat Pendengaran pada Manusia

Indera Alat Pendengaran – Telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam, seperti pada Gambar 9.6. Bunyi yang terdengar oleh telinga kita memerlukan medium. Jadi, mungkinkah kita dapat mendengar di ruang hampa udara? Tentu saja tidak. Bunyi memerlukan medium untuk merambat. Apakah di telinga terdapat medium untuk merambatkan bunyi? Telinga luar dan telinga tengah terisi oleh udara dan rongga telinga dalam terisi oleh cairan limfa.

Indera Alat Pendengaran

Indera Alat Pendengaran

Indera Alat Pendengaran

Bagian bagian dan fungsi telinga

Indera Alat Pendengaran – Bagian luar a. Daun telinga b. Saluran telinga (menghasilkan minyak serumen) Mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga Menangkap debu yang masuk ke saluran telinga Mencegah hewan berukuran kecil masuk ke dalam telinga Bagian tengah a. Gendang telinga/membran timpani b. Tulang telinga (maleus/ martil, inkus/landasan, stapes/sanggurdi) c. Saluran eustachius Menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran yang diteruskan ke tulang telinga Meneruskan getaran dari gendang telinga ke rumah siput Menghubungkan ruang telinga tengah dengan rongga mulut (faring) berfungsi untuk menjaga tekanan udara antara telinga tengah dengan saluran di telinga luar agar seimbang. Tekanan udara yang terlalu tinggi atau rendah disalurkan ke telinga luar dan akan mengakibatkan gendang telinga tertekan kuat sehingga dapat sobek Bagian dalam

Indera Alat Pendengaran

a. Rumah siput (koklea) Koklea merupakan saluran berbentuk spiral yang menyerupai rumah siput. Di dalam koklea terdapat adanya organ korti yang merupakan fonoreseptor. Organ korti berisi ribuan sel rambut yang peka terhadap tekanan getaran. Getaran akan diubah menjadi impuls syaraf di dalam sel rambut tersebut dan kemudian diteruskan oleh syaraf ke otak. b. Saluran gelang (labirin) Terdiri atas saluran setengah lingkaran (semisirkularis) yang berfungsi untuk mengetahui posisi tubuh (alat keseimbangan)

Indera Alat Pendengaran

1. Getaran

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Semua benda akan bergetar apabila diberi gangguan. Benda yang bergetar ada yang dapat terlihat secara kasat mata karena simpangan yang diberikan besar, ada pula yang tidak dapat dilihat karena simpangannya kecil. Benda dapat dikatakan bergetar jika benda bergerak bolak-balik secara teratur melalui titik kesetimbangan.

Indera Alat Pendengaran

Sebuah bandul sederhana mula-mula diam pada kedudukan O (kedudukan setimbang). Bandul tersebut ditarik ke kedudukan A (diberi simpangan kecil). Pada saat benda dilepas dari kedudukan A, bandul akan bergerak bolak-balik secara teratur A-OB-O-A dan gerak bolak balik ini disebut satu getaran. Salah satu ciri dari getaran adalah adanya amplitudo (simpangan terbesar). Jarak OA atau OB merupakan amplitudo. Sekarang muncul pertanyaan, setiap kali bergetar berapa banyak waktu yang dibutuhkan? Apa saja yang mempengaruhi getaran tersebut?

Getaran pada Bandul

Apa yang harus kamu siapkan? Bandul, statif, stop watch, dan tali nilon berukuran 15 cm dan 30 cm. Apa yang harus kamu lakukan? 1. Ikatkan bandul pada statif sehingga menggantung. 2. Tarik bandul ke samping untuk memberi simpangan kecil (kurang dari 100 ) kemudian lepaskan. Bersamaan dengan melepaskan bandul, hidupkan stop watch! 3. Catatlah waktu yang diperlukan bandul untuk bergerak bolak-balik (bergetar) sebanyak 5, 10, 15, dan 20 getaran. 4. Ubahlah ukuran tali menjadi lebih panjang atau pendek, kemudian ikuti kembali langkah ketiga. 5. Tentukan waktu yang dibutuhkan untuk bergetar satu kali getaran. 6. Tentukan jumlah getaran yang terjadi dalam waktu satu detik. 7. Catatlah dan masukkan data hasil kegiatanmu

Ayo Analisis

1. Bedasarkan data pengamatan yang kamu peroleh, simpulan apakah yang diperoleh dari hasil percobaan tersebut? 2. Menurut kamu, apakah amplitudo bandul memengaruhi periode dan frekuensi bandul? Coba kamu selidiki kembali dengan menggunakan alat dan bahan yang disediakan. Ayo Pecahkan 1. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 1 getaran dengan panjang tali 15 cm adalah … dan dengan panjang tali 30 cm adalah …. Waktu yang diperlukan bandul untuk melakukan satu getaran disebut …. 2. Jumlah getaran yang terjadi dalam satu sekon pada panjang tali 15 cm adalah … dan pada panjang tali 30 cm adalah …. Jumlah getaran yang terjadi dalam waktu satu sekon disebut …. 3. Hubungan antara frekuensi dan periode secara matematis dapat kamu tulis

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu kali getaran disebut periode getar yang dilambangkan dengan T. Banyaknya getaran dalam satu sekon disebut frekuensi (f). Satuan periode adalah sekon dan satuan frekuensi adalah getaran per sekon atau disebut dengan Hertz (Hz).

Materi Indera Alat Pendengaran pada Manusia | medsis | 4.5