Hakikat dan Pengertian Senam Lantai

Hakikat dan Pengertian Senam Lantai

Pengertian Senam Lantai

Pengertian Senam Lantai

Pengertian Senam Lantai

Hakikat dan Pengertian Senam Lantai

Hakikat Senam Lantai

Pengertian Senam Lantai – Senam dapat diartikan sebagi setiap bentuk pembelajaran fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu. Dari arti itu, kita dapat melihat bahwa olahraga senam mempunyai sistematika tersendiri, serta mempunyai tujuan yang hendak dicapai seperti daya tahan, kekuatan, kelenturan, koordinasi, atau bisa juga diperluas untuk membentuk prestasi, membentuk tubuh yang ideal dan memelihara kesehatan. Menurut FIG (Federation Internationale Gymnatiqua) senam dapat dikelompokkan menjadi: a Senam Artistik (artistic gymnastics), b Senam ritmik (sportive rhymic gymnastics), dan c Senam umum (general gymnastics). Sekarang coba kalian baca tentang pengertian dan manfaat senam lantai berikut ini.

1. Pengertian Senam Lantai

Pengertian Senam Lantai – Senam lantai adalah satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah lantai, maka gerakan-gerakan/bentuk pembelajarannya dilakukan di lantai. Jadi lantai/ matraslah yang merupakan alat yang dipergunakan. Senam lantai disebut juga dengan istilah pembelajaran bebas. Tujuan melakukan senam lantai selain untuk meningkatkan kemampuan melakukan bentuk-bentuk gerakan senam lantai sendiri juga sebagai pembelajaran pembentukan kemampuan untuk melakukan gerakan senam dengan alat. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari senam lantai adalah sebagai berikut.

a. Hendaknya selalu menggunakan matras atau tempat yang aman. b. Matras harus diletakkan di atas tanah atau lantai yang rata dan aman dari bahaya yang mencelakakan anak. c. Letakkan matras jauh dari dinding atau benda-benda lain yang akan menyebabkan benturan. d. Periksa matras dan keamanan disekitarnya yang mungkin dapat mengganggu peserta didik. e. Pembelajaran dilakukan dari gerakan yang mudah dahulu atau tahap demi tahap. f. Sebelum melakukan pembelajaran senam lantai hendaknya melakukan senam pemanasan yang cukup. g. Peserta didik dilarang melakukan pembelajaran sendiri di luar pengawasan guru, kecuali ada peserta didik yang dianggap dapat membantu dan menguasai gerakan senam lantai dengan benar. h. Agar matras tidak cepat rusak, hendaknya matras dijaga sebaik mungkin dan jaga kesebersihannya serta disimpan di tempat yang aman.

2. Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

a. Manfaat Fisik Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Melalui berbagai kegiatannya, peserta didik akan berkembang daya tahan otot, kekuatan, power, kelentukan, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangannya. b. Manfaat Mental dan Sosial Ketika mengikuti senam, peserta didik dituntut untuk berpikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. Untuk itu, peserta didik harus mampu menggunakan kemampuan berpikirnya secara kreatif melalui pemecahan masalah-masalah gerak. Dengan demikian, peserta didik akan berkembang kemampuan mentalnya. B. Aktivitas Pembelajaran Senam Lantai Pada bab ini kamu akan mempelajari aktivitas pembelajaran guling ke depan, guling ke belakang, dan guling lenting. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut.

Aktivitas Pembelajaran Guling Depan

Gerakan guling depan (forward roll) adalah gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat. Jadi dalam gerakan guling depan gerakan tubuh harus dibulatkan. Pembelajaran guling depan dapat terbagi atas dua bagian yaitu : guling depan dengan sikap awal jongkok dan guling depan dengan sikap awal berdiri. 

Aktivitas Pembelajaran Guling Belakang

Guling ke belakang (back roll) adalah menggelundung ke belakang, posisi badan tetap harus membulat yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada. Gerakan guling ke belakang dapat dilakukan dengan cara guling ke belakang dengan sikap jongkok.

Aktivitas Pembelajaran Gerakan Guling Lenting

a. Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting

Guling lenting (neckspring) adalah suatu gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan, dari sikap setengah guling ke belakang atau setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus.

 

Hakikat dan Pengertian Senam Lantai | medsis | 4.5