Grafik Permintaan Uang , teori kuantitas dan nilai uang

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Permintaan uang untuk tujuan transaksi dan berjaga-jaga sifatnya sangat berbeda dengan tujuan spekulasi. Permintaan uang untuk tujuan transaksi dan berjaga-jaga ditentukan oleh pendapatan masyarakat atau pendapatan nasional, sedangkan permintaan uang untuk tujuan spekulasi ditentukan oleh tingkat bunga. a. Permintaan Uang untuk Transaksi dan Berjaga-jaga Hubungan pendapatan terhadap permintaan uang dapat kamu lihat dalam Gambar 7.5. Dari kurva permintaan tersebut tampak bahwa makin tinggi pendapatan, makin besar permintaan uang untuk kedua tujuan tersebut. Sementara itu, pada saat pendapatan sebesar Ya , maka jumlah uang yang diperlukan untuk transaksi dan berjaga-jaga sebesar Ma .Tetapi bila pendapatan nasional Yb maka uang yang diperlukan sebesar Mb . b. Permintaan Uang untuk Spekulasi Guna memperjelas pemahamanmu terhadap permintaan uang untuk spekulasi, perhatikan Gambar 7.6. Kurva permintaan uang untuk spekulasi menunjukkan bahwa makin tinggi tingkat bunga (ia ), makin kecil permintaan uang (Mb), sebaliknya makin rendah tingkat bunga (ib), makin besar permintaan uang (Mb ). LP pada gambar tersebut menunjukkan kurva preferensi likuiditas. rupiah-melemah

Teori Kuantitas Uang Teori kuantitas uang merupakan teori yang mengemukakan adanya hubungan langsung antara perubahan jumlah uang yang beredar dengan perubahan harga barang. Dari hubungan tersebut dapat dikemukakan bahwa harga barang berbanding lurus dengan jumlah uang yang beredar. Teori kuantitas ini disebut juga sebagai teori kuantitas sederhana yang dikemukakan oleh Davanzati, yang dapat dirumuskan sebagai berikut. M = P × T Keterangan: M = money in circulation (jumlah uang yang beredar) P = price (tingkat harga barang) T = trade (jumlah barang yang diperdagangkan) Teori kuantitas tersebut belum seluruhnya tepat, karena belum memperhitungkan kecepatan peredaran uang, padahal kecepatan peredarannya akan berpengaruh besar terhadap harga barang. Teori kuantitas ini kemudian dilengkapi oleh Irving Fisher (persamaan pertukaran).

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Nilai Uang Nilai uang atau daya beli uang merupakan kemampuan uang untuk ditukarkan dengan barang atau jasa, maupun ditukarkan dengan uang yang lain. Nilai uang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan asalnya dan ukurannya. a. Dilihat dari Asalnya Berdasarkan asalnya, nilai uang terdiri atas nilai nominal dan nilai intrinsik. 1) Nilai nominal, yaitu nilai yang berdasarkan tulisan yang tertera pada uang. 2) Nilai intrinsik, yaitu nilai yang berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuat uang. b. Dilihat dari Ukurannya Berdasarkan ukurannya, nilai uang terdiri atas nilai internal dan nilai eksternal. 1) Nilai internal, nilai yang diukur oleh kemampuan uang untuk tersebut ditukarkan dengan sejumlah barang dan jasa. 2) Nilai eksternal, yaitu nilai yang diukur oleh kemampuan uang tersebut untuk ditukarkan dengan sejumlah mata uang luar negeri atau uang asing.

Grafik Permintaan Uang , teori kuantitas dan nilai uang | medsis | 4.5