Menganalisis Rangkaian Gerakan Senam Lantai

Menganalisis Rangkaian Gerakan Senam Lantai

Gerakan Senam Lantai

1. Aktivitas belajar untuk Menganalisis Rangkaian Gerak Guling Depan Guling depan merupakan kelompok dari senam lantai yang bergerak ke muka (dinamis).

Gerakan Senam Lantai – Gerakan guling depan adalah gerakan menggulingkan atau menggelindingkan badan kedepan dengan bentuk membulat seperti roda. Oleh karena itu gerakan guling depan akan di analisis dalam pelajaran ini. Marilah kita menganalisis rangkaian gerak guling depan melalui analisis dalam aktivitas belajar berpasangan atau berkelompok yang akan memfokuskan kalian untuk belajar menganalisis gerakan guling depan. Gerakan guling depan dapat dilakukan melalui tahapan gerakan sebagai berikut:

Gerakan Senam Lantai

Gerakan Senam Lantai

a. Berdiri menghadap matras memanjang. b. Letakkan kedua telapak tangan pada matras. c. Kedua kaki lurus dan tumit diangkat. d. Kepala diletakkan di antara kedua tangan dengan mendaratkan tengguk di matras e. Angkat kedua kaki dengan sedikit tolakan dan kedua siku dilipat terjadilah gerakan mengguling. f. Pada saat mengguling, kedua kaki dilipat & kedua tangan menekuk tungkai bawah.

Gerakan Senam Lantai – Cobalah kalian lakukan dan analisis aktivitas berkelompok berikut ini.

a. Buatlah kelompok dengan jumlah 7 orang. b. Siapkanlah matras untuk melakukan gerakan guling depan sesuai dengan jumlah siswa atau ketersedianan di sekolah c. Lakukanlah gerakan guling depan secara bergantian dengan kelompoknya. d. Kalian yang tidak melakukan berusaha mengamati gerakan guling depan temanmu dari samping matras. e. Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut: Sikap apa yang harus dilakukan saat akan melakukan guling depan? Bagaimanakah posisi kedua tangan saat melakukan gerakan guling depan? Bagaimana posisi kedua kaki saat akan melakukan guling depan? Bagaimana kepala saat melakukan gerakan guling depan? Bagian tubuh mana yang mengenai matras saat mengguling? f. Lakukanlah aktivitas ini selama waktu yang ditentukan gurumu. g. Lakukan kegiatan tersebut sambil menerapkan nilai disiplin, tanggungjawab, kejujuran, dan toleransi.

Menganalisis Rangkaian Gerak Guling Belakang

Gerakan Senam Lantai – Guling ke belakang merupakan kelompok dari senam lantai yang bergerak ke belakang (dinamis). Gerakan guling belakang adalah gerakan menggulingkan atau menggelindingkan badan ke belakang dengan bentuk membulat seperti roda.

Tahapan gerakan guling belakang adalah sebagai berikut: a. Posisi jongkok, kedua kaki rapat, dan tumit diangkat. b. Kepala menunduk dan dagu rapat ke dada. c. Kedua tangan berada disamping telinga dan telapak tangan menghadap ke atas. d. Jatuhkan pantat ke belakang, badan tetap bulat. e. Pada saat punggung menyentuh matras, kedua lutut cepat ditarik ke belakang kepala. f. Pada saat kedua ujung kaki menyentuh matras di belakang kepala, kedua telapak tangan menekan matras hingga tangan lurus dan kepala terangkat. g. Ambil sikap jongkok, dengan lurus ke depan sejajar bahu, lalu berdiri.

Gerakan Senam Lantai – Aktivitas berkelompok akan memfokuskan kalian untuk belajar menganalisis gerakan guling belakang. Cobalah kalian lakukan aktivitas belajar berikut ini:

a. Buatlah kelompok dengan jumlah 7 orang. b. Siapkanlah matras untuk melakukan gerakan guling belakang sesuai dengan jumlah siswa atau ketersediaan di sekolah c. Lakukanlah gerakan guling belakang secara bergantian dengan kelompokmu. d. Diskusikanlah pertanyaan berikut: Sikap apa yang dilakukan saat akan melakukan guling belakang? Bagaimanakah posisi kedua tangan saat melakukan gerakan guling belakang? Bagaimana posisi kedua kaki saat akan melakukan guling belakang? Bagaimana posisi kepala saat melakukan gerakan guling depan? Bagian tubuh mana yang mengenai matras saat mengguling? e. Amatilah gerakan guling belakang temanmu yang sedang melakukan di samping matras. f. Lakukanlah aktivitas ini selama waktu yang ditentukan gurumu. g. Lakukan kegiatan tersebut sambil menerapkan nilai disiplin, tanggungjawab, kejujuran, dan toleransi.

 

Menganalisis Rangkaian Gerakan Senam Lantai | medsis | 4.5