Pengertian dan Asal-Usul Aktivitas Gerak Berirama

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Pengertian dan Asal-Usul Aktivitas Gerak Berirama

Gerak Berirama – Sekarang Coba baca tentang pengertian dan asal-usul aktivitas gerak berirama berikut ini. Senam irama atau disebut juga aktivitas gerak berirama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama. Aktivitas gerak berirama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain sebagainya. Secara prinsip antara senam biasa dengan senam irama tidak ada perbedaan, hanya saja pada senam irama ditambahkan irama (ritme).

Pengertian dan Asal-Usul Aktivitas Gerak Berirama

Pengertian dan Asal-Usul Aktivitas Gerak Berirama

Gerak Berirama – Tekanan yang harus diberikan pada senam irama ialah: irama, kelentukan tubuh dan kontinuitas gerakan. Senam mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1912, ketika senam pertama kali masuk ke Indonesia pada jaman penjajahan Belanda. Masuknya senam ini bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah-sekolah. Senam yang diperkenalkan pertama kali adalah senam sistem Jerman. Pada tahun 1916, sistem itu digantikan sistem Swedia (yang menekankan pada gerak). Sistem ini dibawa dan diperkenalkan oleh seorang perwira kesehatan dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H.F. Minkema.

Gerak Berirama – Masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 merupakan akhir dari kegiatan senam yang berbau barat di Indonesia. Jepang melarang semua bentuk senam di sekolah dan di lingkungan masyarakat diganti oleh “Taiso”. Taiso adalah sejenis senam pagi (berbentuk kalestenik) yang harus dilaksanakan di sekolah-sekolah sebelum pelajaran dimulai. Senam irama termasuk kedalam jenis olahraga senam umum karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) Mudah diikuti, (2) Tidak membutuhkan biaya yang mahal, (3) Diiringi musik atau nyanyian, (4) Melibatkan banyak peserta, dan (5) Bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

da bab ini kamu akan mempelajari aktivitas pembelajaran gerak langkah kaki, gerakan ayunan lengan, dan gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut.

Aktivitas Pembelajaran Gerak Langkah Kaki Berirama

Pada bab ini kamu akan mempelajari aktivitas pembelajaran langkah biasa, langkah rapat, langkah keseimbangan, langkah depan, dan langkah silang. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut.

1. Aktivitas Pembelajaran Langkah Biasa Sekarang praktikkan gerakan langkah kaki langkah biasa dengan cara berikut ini. 1) Coba perhatikan dan amati contoh yang diperagakan oleh guru cara melakukan gerakan langkah kaki langkah biasa. 2) Lakukan seperti yang dipraktikkan oleh guru. 3) Rasakan saat kamu melakukan gerakan tersebut. 4) Bandingkanlah dengan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh yang diberikan oleh gurumu. 5) Gerakan yang mana mudah untuk kamu lakukan?

Aktivitas Pembelajaran Langkah Rapat

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Sekarang praktikkan gerakan langkah kaki langkah rapat dengan cara berikut ini. 1) Coba perhatikan dan amati contoh yang diperagakan oleh guru cara melakukan gerakan langkah kaki langkah rapat. 2) Lakukan seperti yang dipraktikkan oleh guru. 3) Rasakan saat kamu melakukan gerakan tersebut. 4) Bandingkanlah dengan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh yang diberikan oleh gurumu. 5) Gerakan yang mana mudah untuk kamu lakukan?

Aktivitas Pembelajaran Langkah Keseimbangan

Sekarang praktikkan gerakan langkah kaki langkah keseimbangan dengan cara berikut ini. 1) Coba perhatikan dan amati contoh yang diperagakan oleh guru cara melakukan gerakan langkah kaki langkah keseimbangan. 2) Lakukan seperti yang dipraktikkan oleh guru. 3) Rasakan saat kamu melakukan gerakan tersebut. 4) Bandingkanlah dengan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh yang diberikan oleh gurumu. 5) Gerakan yang mana mudah untuk kamu lakukan?

Aktivitas Pembelajaran Langkah Depan

Sekarang praktikkan gerakan langkah kaki langkah depan dengan cara berikut ini. 1) Coba perhatikan dan amati contoh yang diperagakan oleh guru cara melakukan gerakan langkah kaki langkah depan. 2) Lakukan seperti yang dipraktikkan oleh guru. 3) Rasakan saat kamu melakukan gerakan tersebut. 4) Bandingkanlah dengan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh yang diberikan oleh gurumu. 5) Gerakan yang mana mudah untuk kamu lakukan?

Aktivitas Pembelajaran Langkah Silang

Sekarang praktikkan gerakan langkah kaki langkah silang dengan cara berikut ini. 1) Coba perhatikan dan amati contoh yang diperagakan oleh guru cara melakukan gerakan langkah kaki langkah silang. 2) Lakukan seperti yang dipraktikkan oleh guru. 3) Rasakan saat kamu melakukan gerakan tersebut. 4) Bandingkanlah dengan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh yang diberikan oleh gurumu. 5) Gerakan yang mana mudah untuk kamu lakukan?

 

Pengertian dan Asal-Usul Aktivitas Gerak Berirama | medsis | 4.5