Fakta Sosial Perilaku Penyimpangan

1. Pelanggaran hak asasi manusia
Pada hakikatnya perilaku penyimpangan apapun faktanya adalah merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia. Diantara hakhak manusia terdapat hak-hak dasar atau hak-hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Yang dimaksud dengan hak asasi adalah ialah hak hidup dengan selamat, kebebasan dan persamaan. Kita mengenal jenis-jenis hak asasi yaitu sebagai berikut;
a. Personal Rights, meliputi kebebasan menyatakan pendapat, memeluk agama, kebebasan bergerak dan lain sebagainya.
b. Property Rights, meliputi hak untuk memiliki sesuatu, membeli dan menjual, serta memanfaatkannya.
c. Right of legal equalty, yaitu hak untuk melakukan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.
d. Political Rights, yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak untuk dipilih dan memilih dalam pemilu.
e. Social dan culture rights yaitu hak untuk memilih pendidikan, mengembangkan kebudayaan dan sebagainya.
f. Procedural rights, yaitu hak untuk medapat perlakuan tata cara peradilan perlindungan, misal dalam penangkapan, penggeledahan dan lain sebagianya.

2. Liberalisme atau faham kebebasan

Liberalisme adalah faham atau ideologi yang menghendaki kebebasan individu untuk melakukan apa saja yang dikehendaki. Semula faham liberalisme lahir dikarenakan sikap atau tindakan yang sewenangwenang yang dilakukan oleh raja atau kaisar terhadap rakyatnya. Di era moderen liberalisme menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat dan memicu terjadinya perilaku penyimpangan bagi para penganut faham kebebasan, diantaranya yaitu;
a. Pergaulan Bebas, meliputi seks bebas (kumpul kebo, seks pra nikah, prostitusi dan nudis), penggunaan narkotika dan penyimpangan seks (Homoseks, biseks, lesbian dan perilaku yang berlawanan dengan jenis kelamin).
b. Demonstrasi yang anarkhis pengertian perilaku menyimpang (1)

Demontrasi adalah pernyataan protes yang dilakukan secara massal dan atau unjuk rasa, atau menentang suatu pihak atau seseorang. Demonstrasi merupakan wujud dari kebebasan yang dimiliki seseorang untuk menyatakan pendapat secara terbuka. Demonstrasi adakalanya mengundang kebrutalan sehingga ada pihak yang dirugikan.
c. Kebebasan Pers
Kebebasan pers adalah kebebasan untuk membeberkan sebuah fakta atau berita tanpa mempertimbangkan nilai baik dan buruk atau nilai etika. Kebebeban pers juga merupakan bentuk liberal-isme yang dianut oleh kalangan pers untuk mengungkap kebenaran dan menyuguhkannya kepada masyarakat luas. Kebebasan pers sering menjadi media bagi perilaku penyimpangan, contohnya tayangan infotaiment yang membicarakan gosip para selebriti, porgografidan pornoaksi, kekerasan dan banyak lagi tontonan yang tidap dapat dijadikan tuntutan bagi masyarakat.

Fakta Sosial Perilaku Penyimpangan | medsis | 4.5